Pose Yoga untuk Anti Aging

Pose yoga anti aging
Pose Anti Aging

Proses penuaan meupakan proses yang dialami setiap makhluk hidup. Hal ini dapat berlangsung secara fisiologis maupun patologis. Umur manusia telah ditentukan, namun banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Pertumbuhan manusia normal dapat digambarkan seperti gunung. Tahap pertama meningkat, mencapai puncak (saat manusia berumur 20-an), tiba tahap kedua menurun. Dengan sendirinya , jika proses penuaan dapat dihentikan saat manusia berada di puncak, kemudaannya akan bertambah.

Proses penuaan yang terjadi pada manusia dapat dipahami melalui teori radikal bebas yang ditemukan oleh dr. Denham Harman dari University of Nebraska. Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan elektron bebasnya. Akibatnya, molekul radikal tersebut menjadi tidak stabil  dan harus mencari elektron lain dari molekul stabil untuk membentuk radikal bebas baru.

Sayangnya, untuk lekas membentuk elektron baru, radikal bebas tersebut sering kali mengambil elektron tidak sehat dari efek metabolisme tubuh dan faktor eksternal, seperti sinar ultraviolet, asap rokok, makanan, dan polutan. Pada umumnya, manusia mendapat serangan 10.000 radikal bebas akibat oksidasi oksigen  tiap hari.

Apabila jumlah serangan tidak dapat lagi dinetralisasi oleh tubuh, maka hal ini akan memengaruhi proses penuaan sel pada tubuh yang dapat merusak inti sel manusia. Jika berlarut-larut, terjadilah penurunan kemampuan sel, penurunan sistem imunitas, dan penuaan dini.

Namun, penuaan dini sering kali terjadi apabila seseorang kurang berolahraga, diet dengan cara yang salah, kurang istirahat, stres, minum minuman alkohol, dan merokok

Semakin tua Anda , semakin besar tanggung jawab yang Anda miliki. Semakin besar tanggung jawab yang Anda miliki, semakin Anda merasa stres pada pikiran dan tubuh Anda . Semakin banyak stres yang Anda miliki, Anda semakin kelihatan lebih tua.

Bagaimana Anda mengakhiri siklus ini ?

Jawabannya sederhana : mulai melakukan yoga ( DO YOGA )

Yoga adalah bukan hanya berlatih fisik, tetapi juga penting untuk fungsi mental dan perkembangan spiritual . Praktek kebugaran anti- penuaan ini akan membuat Anda merasa lebih muda.

Orang sering mengurangi frekuensi berolahraga atau berhenti total setelah mereka mencapai usia tertentu . Ketika Anda mulai menua , angkat berat atau cardio mungkin bukan menjadi pilihan yang baik buat anda, menambahkan yoga untuk kebugaran rutin  dapat membantu membangun kekuatan dan bahkan dapat meningkatkan harapan hidup Anda .

Menurut seorang ahli dermatologi . , gerakan-gerakan yoga yang menyebabkan sirkulasi darah mambaik dan membuat aliran nutrisi dan oksigen ke tiap bagian tubuh lancar, maka akan membuat jaringan kulit pun ternutrisi dengan baik. Dengan begitu, efek awet muda pun bisa di dapat. Dalam hal ini, ada beberapa gerakan yoga yang memiliki fungsi memperbaiki sirkulasi aliran darah dan oksigen ini, yaitu ‘anti aging yoga pose’ yang merupakan semua gerakan yoga dimana posisi kepala lebih rendah dari pinggang.

6 pose YOGA ANTI AGING :

  1. Uttasana pose / Forward Fold pose
  2. Dhanurasana / Bow pose
  3. Ustrasana Pose / Camel pose
  4. Halasana Pose / Plow Pose
  5. Mermaid pose
  6. Downward dog

 

Selamat Berlatih

Salam sehat

Namaste…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *