10 Teknik Pembukaan Sebuah Presentasi yang Berwarna

Teknik – teknik Pembukaan Sebuah Presentasi yang Powerful

 Presentasi yang Powerful
Presentasi yang Powerful

Sulit menarik perhatian audiens saat presentasi atau sulit menjadi Public Speaker?. Berbicara di depan umum memang sangat sulit apalagi menarik perhatian orang banyak.

Berikut 10 cara atau teknik membuka presentasi dan menjadi Public Speaking yang bisa menarik perhatian audiens :

1. Pujian

Pembukaan presentasi dengan memberikan pujuan kepada audiens, memberikan kesenangan pada audiens. Hal tersebut merupakan bagian yang disukai audiens.

2. Fakta

Mengejutkan Lebih bagus Anda memberikan fakta-fakta yang jarang diketahui orang banyak, sebagai bahan untuk membuka presentasi dan memberikan efek mengejutkan bagi audiens agar bisa memperoleh perhatian mereka.

3. Kutipan

Anda dapat mengambil kutipan tokoh yang audiens kenal sebagai acuan dalam mengembangkan materi seminar.

4. Humor

Humor harus berkaitan dengan topik yang Anda bahas dan tidak mengandung unsur SARA. Hal ini membuat audiens tidak mudah bosan.

5. Pertanyaan dari Orang Ternama

Anda bisa memberikan pertanyaan yang menggiring rasa ingin tahu audiens dan diajukan oleh seorang tokoh terkenal. Kalau tokoh itu ternyata audiens tidak mengetahuinya, Anda bisa memberi sedikit pengantar tentangnya.

6. Visual Impact

Memberikan dampak visual yang menarik perhatian audiens untuk menjadi jembatan masuk ke pembahasan topik. Contoh : menggunakan media benda atau alat peraga yang menarik.

7. Powerful Question

Anda dapat memberikan permasalahan yang sedang ramai dibicarakan masyarakat dan presentasi Anda merupakan solusi dari permasalahan. Contoh : masalah-masalah yang sedang terjadi saat ini.

8. Audience Participation

Anda meminta perhatian langsung dari audiens dengan hal-hal yang menarik atau dengan Anda berkenalan.

9. Story

Ceritakanlah kisah yang menarik berkaitan dengan topik yang akan Anda bahas dengan bahasa-bahasa yang menarik.

10. Four Statement

Berikanlah 4 pernyataan yang sama atau berbeda kepada audiens dengan diberikan pembahasan dari empat pernyataan tersebut. Anda bisa mengikuti seminar Public Speaking atau training Public Speaking dan Anda akan dapat mempelajari secara langsung dengan cepat.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *