Untitled

SWISH PATTERN DAN PENJELASANNYA

SWISH PATTERN DAN PENJELASANNYA. SWISH PATTERN. Teknik ini berguna untuk menghilangkan pola perilaku lama dan menggantinya dengan pola perilaku baru yang diinginkan, manfaatnya akan memunculkan rasa penuh optimis untuk meraih suatu kondisi baru yang ideal tersebut.

Untitled

Metode ini dapat anda gunakan untuk :

  • Menghilangkan kebiasaan atau perilaku buruk yang selama ini sulit dirubah
  • Menghilangkan kondisi yang kurang memberdayakan yang selama ini anda sulit keluar darinya
  • Menghilangkah perasaan-perasaan negatif yang selama ini menghantui anda

Semua kondisi tersebut bisa anda netralisir dan anda gantikan dengan pola baru yang anda inginkan.

 

CARA Kerja dari metode ini mirip saat anda mereplace file di komputer dengan file baru.

sehingga file lama otomatis hilang tergantikan file baru tersbut

Caranya sebagai berikut :

  1. Masuk ke dalam pengalaman yang ingin diubah (nasib, perilaku, kondisi, situasi, dll). Buat pengalaman tersebut menjadi lebih jelas dari sebelumnya (cue imaje). Lakukan re-map submodalities untuk meningkatkan intensitasnya (bayangkan dan rasakan anda mengalami peristiwa tersebut, kemudian buat pengalaman tersebut menjadi lebih besar, cahayanya lebih terang, warnanya lebih cerah, suaranya lebih terdengar jelas. Hingga anda merasakan itu kembali begitu jelas) – associate.
  2. Ciptakan suatu gambaran baru dari sebuah pengalaman yang anda inginkan (desired imaje) – dissociate. Bila anda kesulitan di bagian ini maka anda bisa merancangnya dulu sebelum terapi ini dilakukan. Anggap diri anda seorang sutradara bagi diri anda sendiri. Jadi anda bebas mau kondisi ideal seperti apa. Kemudia tentukan bagaimana kondisi ideal yang anda inginkan tersebut. pada bagian ini cukup anda bayangkan saja suatu kondisi baru yg anda inginkan itu
  3. Kemudian buatlah imajinasi di depan anda ada sebuah bingkai kosong dan isi bingkai tersebut dengan cue imaje (keadaan yang mau diubah) secara penuh.
  4. Letakkan gambaran kecil dari disired imaje (keadaan yang baru tadi) di salah satu sudut bingkai tersebut
  5. Setelah kedua gambar tersebut terletak pada satu bingkai, lakukan pergeseran secara cepat dimana cue imaje menjadi mengecil dan desired state menjadi lebih besar hingga memenuhi seluruh bingkai tersebut
  6. Bila perlu tambahkan ucapan : “wuuuzzzzzzz…….”
  7. Nikmati sejenak desired imaje, -Assosiate- Bayangkan dan rasakan gambaranya semakin jelas, warnanya semakin jelas, semakin bercahanya.
  8. Setelah itu kosongkan bingkai
  9. Ulangi proses swish dan lakukan break state (istirahat) di antara pengulangannya
  10. Lakukan test terhadap perilaku lama
  11. Jika masih muncul ulangi proses swish.

 

KETERANGAN :

Sebelum anda melakukan metode ini, anda harus sudah berkomitmen untuk benar-benar berubah untuk meniadakan kondisi lama dan mengalami kondisi baru yang diharapkan. Jadi, tidak asal melakukan saja, melainkan ada komitmen untuk berubah. Kemuadian, fungsi dari metode ini adalah untuk mempermudah prosesnya. Bila hal ini tidak anda lakukan maka metode ini tidak ada gunanya.

Tugas :

Cari suatu kondisi yang ingin sekali diubah dengan suatu kondisi baru yang anda inginkan. Gunakan teknik ini !

Dalam waktu 1 minggu ini harus ada laporan bagaimana hasil dari latihan anda.

Bila ada kendala segera konsultasikan disini, supya teman2 yg lain bisa belajar jg dg baik

 

Maaf sedikit tanya Mas,  kalau melihat dari uraian tadi  :

Bukankah itu berarti sama saja dengan menghilangkan mental blok ? sedangkan diatas sempat saya baca, mas bilang bahwa mental Block tidak bisa dihapus, hanya bisa diperbaharui ? (di edit)

di gambar screen shot dikatakan “ibarat me replace file”, (replace = mengganti dengan file baru), berarti mental block bisa dihapus kan ?, saya menanyakan hal ini karena saya ingin benar2 membahas mental block yang ada pada diri saya ingin menghapusnya Mas.

Jawab : Oke… klo di komputer sebuah file memang benar2 terhapus. tetapi bila memori di otak manusia, hal itu tidak akan bisa terhapus melainkan terkondisikan dg yang baru saja. Nah, memang bila diibartkan file komputer seakan itu tereplace. Sedangkan bila memori pikiran manusia justru terbentuk pola2 baru sesuai yg diinginkan. Itu artinya memori lama mengalami modifiikasi dg memori baru

Terimakasih Mas     berarti “keadaan baru” itu harus selalu dipertahankan atau keadaan lama (mental block) itu bisa muncu kembali ?

Tepat sekali. Keadaan baru itu memang harus dipertahankan dg metode swish pattern ini. Secara prinsip metode ini adalah mengubah STATE anda dari kondisi lama ke kondisi baru. kmd STATEnya sering2 dialami kembali sehingga benar2 terbentuk kondisi baru. Dan kondisi lama sdh (seakan) lenyap. Di sini sy menggunakan kata “seakan” sudah lenyap. ini artinya kondisi lama masih ada di bawah sadar kita, tetapi sdh tidak penting lagi, jadi secara alami kita menyimpanya di sampah di sampah pikiran.

Selama ini rasanya sulit sekali melepaskan  metal block, ternyata caranya  me replace dengan metoda yang baru saja mas sampaikan,

oke terimakasih

Di dalam NLP prinsipnya adalah memprogram pikiran kita. Namun, setiap saat kita juga harus memeriksa kembali hasil programan ini.. apakah cenderung semakin kuat atau melemah. JIka programnya tadi melemah maka harus dilakukan upaya penguatan lagi dg metode2 NLP yg ada

Melakukan SWISH PATTERN apakah harus bermeditasi / ada cara lainya?

mas swiss patern ini….optimal penggunannya….sedangkan mental blok kita ada beberapa…apakah harus total pembersihan mental block ?

penggunaanya beberapa saja dulu tidak bisa langsung menghilangkan semua mental penghambat meditasi jg bisa digabung dg metode ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *