Senam Yoga Untuk Mengembalikan Tulang Skoliosis

Senam Yoga Untuk Mengembalikan Tulang Skoliosis
Senam Yoga Untuk Mengembalikan Tulang Skoliosis

Penyakit tulang belakang skoliosis memang membuat penderitanya mengalami rasa nyeri yang luar biasa di bagian punggungnya.  Salah satu dampak dari penyakit tersebut adalah bentuk tulang yang bengkok dan ‘tidak sedap’ dipandang mata. Tidak heran mereka yang mengalami gejala ini cenderung menurun rasa percaya dirinya. Apalagi jika penderitanya masih berusia remaja. Terapi yang diikuti biasanya adalah osteopati. Tidak banyak yang tahu, termasuk penderita skoliosis, bahwa senam yoga bisa menjadi metode paling efektif untuk sembuh dari penyakit ini.

Yoga adalah seni pernafasan dan olah tubuh yang menyelaraskan antara pikiran dan gerakan. Senam yoga yang biasanya diikuti oleh mereka yang menjadi anggota suatu sanggar yoga, secara langsung dan tidak langsung justru membantu proses penyembuhan tulang. Banyak dari mereka yang sudah ikut yoga sejak bertahun-tahun tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan tersebut ternyata memberi efek positif pada struktur tulang.  Karena itu, menjadikan yoga sebagai terapi adalah pilihan yang tepat disamping metode pengobatan lainnya di luar operasi.

Ada beberapa bagian tubuh yang harus diperhatikan ketika melakukan senam yoga untuk penyembuhan scoliosis. Pertama adalah telapak kaki. Ketika melakukan pose berdiri atau berjalan, perhatikan keseimbangan bobot di antara kedua telapak kaki dan hindari ketidakseimbangan sekecil apapun. Lalu perhatikan pula kaki. Lakukan gerakan yang bisa memperkuat kaki Anda karena kaki yang kuat bisa menopang berat badan.

Otot perut adalah bagian tubuh lain yang harus diperkuat. Karena apabila bagian ini lemah, maka tidak bisa menopang otot punggung ketika harus menahan beban yang berat. Ini jelas berbahaya bagi penderita skoliosis. Lakukan senam yoga yang bisa memperkuat otot ini agar punggung Anda bisa memiliki kekuatan tambahan.

Senam yoga memiliki banyak pose yang bisa Anda manfaatkan untuk proses penyembuhan. Jangan pernah melakukan olahraga ini sendiri tanpa bimbingan dari instruktur yang berpengalaman, khususnya buat Anda yang baru mengikuti yoga. Apalagi jika hanya sekedar belajar dai video atau internet. Kesalahan gerakan bisa berakibat fatal pada tubuh dan tulang Anda. Oleh karena itu, ikutilah workshop yoga di kota Anda dan cobalah untuk mempraktekkannya bersama para profesional yoga yang Anda percaya.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *