Untitled

POSISI TANGAN SAAT BERPRESENTASI

POSISI TANGAN SAAT BERPRESENTASI. Jika kita amat-amati, pada umumnya saat gugup orang cenderung tidak dapat mengontrol gerakan tangannya. Seringkali orang lain yang memberitahu kita bahwa posisi atau letak tangan kita kurang baik. Misalnya masuk kantong, memain-mainkan pulpen, sering kali memainkan jari dan lain-lainnya.

Untitled

Gerakan-gerakan seperti ini, memang dipengaruhi oleh apa yang ada dalam pikiran seseorang, apakah itu ketakutan, kekhawatiran, kebingungan dan bermacam-macam lainnya. Walaupun hambatan dalam pikiran seseorang terselesaikan dengan baik, namun penguasaan bahasa tubuh tetap harus dimiliki. Tanpa memiliki informasi yang benar mengenai ilmu bahasa tubuh dalam komunikasi, maka presentasi menjadi kurang maksimal.

 

Berikut adalah bahasa tubuh yang harus kita perhatikan, khususnya mengenai tangan posisi tangan pada saat presentasi :

 

  • Bila tangan terangkat atau bergerak pada area diatas pinggang, maka mengindikasikan bahwa presenter lebih komunikatif.
  • Boleh saja sejenak menyandarkan tangan di ikat pinggang, kantong. Ini perlu dilakukan agar tangan anda tidak pegal.
  • Gerakan tangan dengan lebih jelas dan terarah untuk memperkuat maksud. Hindari gerakan yang sekedar sebagai pelengkap dan terkesan malas.
  • Hindari gerakan tangan yang seperti bergerak-gerak kesana kemari tanpa maksud yang jelas. Termasuk juga gerakan telapak tangan yang saling mengusap-usap hingga memainkan jari-jari anda.
  • Salah satu posisi yang dapat menimbulkan kesan berwibawa adalah mempertemukan kedua telapak tangan dalam posisi tertutup. Telapak tangan kiri terbuka keatas, dan telapak tangan kanan menutup ke bawah dengan arah yang bersilangan.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *