Pose-pose Yoga untuk Meningkatkan stamina Tubuh

Banyak orang awam menganggap yoga  hanya sebagai salah satu cara meditasi buat menenangkan pikiran saja. Padahal, ada banyak sekali manfaat yang  kita dapatkan dari  yoga. Manfaat yoga dapat dirasakan semua usia, tak hanya dominan buat ibu-ibu dan remaja saja, tetapi mulai dari anak-anak sampai lansia dapat melakukan dan mendapatkan kegunaan dari yoga.

Sejarah Yoga

Yoga mulai ada sejak abad 3000 SM dan berasal dari kebudayaan India kuno. Yoga atau dalam bahasa Sansekerta  Yuj berarti menghubungkan atau mempersatukan, yaitu penyatuan antara manusia dengan Tuhannya.

Intinya, dengan yoga seseorang bisa mengenal dirinya lebih baik, sekaligus lebih mendekatkan diri pada Tuhannya.

Disamping Jogging atau treatmeal, Yoga dapat menjadi salah satu pilihan alternatif olahraga harian dan dapat juga menjadi gaya hidup yang menyehatkan. Kini orang-orang semakin tertarik pada  Yoga daripada latihan kebugaran lain, seperti aerobik, BL, pilates dan lain sebagainya.

Kelebihan Yoga

Yoga menggunakan gerakan halus dan bertahap, sehingga tak akan merasa capek dan kehilangan banyak energi, namun justru akan lebih energik dan segar sebab imbas dari latihan ialah mengumpulkan energi.

Gerakan-gerakan Yoga lebih menekankan pada ketenangan dan keseimbangan, dan sangat berpengaruh positif buat kesehatan fisik dan mental. Teknik Yoga merupakan pengembangan terhadap diri sendiri, sehingga bisa menggali dan memaksimalkan potensi diri nan yang belum dikenali.

 

MANFAAT YOGA :

  • Memperbaiki postur tubuh dengan menyeimbangkan tulang punggung dan otot-otot punggung.
  • Meningkatkan kepadatan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis.
  • Memperlancar sirkulasi darah dan metabolisme tubuh.
  • Mempertahankan keremajaan dan memancarkan inner beauty .
  • Mengembangkan kepercayaan diri, kreatifitas dan potensi diri.

 

Manfaat Yoga buat anak-anak, antara lain:

  • Membangun meningkatkan motivasi pada diri anak buat hayati sehat.
  • Melatih anak buat mengetahui potensi yang ada dalam dirinya.
  • Mengembangkan kreatifitas anak.
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan mental dan fisik.
  • Meningkatkan kepercayaan diri dan konsentrasi anak dalam belajar.

Untuk mendapatkan kegunaan di atas, maka diperlukan pedoman yang tepat agar bisa memperoleh hasil maksimal dari latihan Yoga. Jangan terlalu memaksakan suatu gerakan Yoga. Biarkan semua sinkron dengan kebutuhan dan kemampuan, yangdilakukan secara bertahap sebab akan mempengaruhi kegunaan nan dihasilkan.

 

Hasil tersebut bisa dicapai dengan cara yang berbeda buat setiap orang. Apabila kita teliti lebih lanjut lagi, ada berbagai macam cara buat berlatih yoga dengan berbagai macam genre dan styles. Gerakan yoga sangat banyak variasinya, mulai dari yang sederhana hingga sangat rumit.

Terdapat berbagai jenis jenis yoga nan dapat menjadi pilihan buat berlatih, antara lain:

  • Jnana Yoga
  • Karma Yoga
  • Bhakti Yoga
  • Yantra Yoga
  • Tantra Yoga
  • Mantra Yoga
  • Kundailini Yoga
  • Hatha Yoga
  • Raja Yoga.

 

Aliran yang banyak dipakai sekarang ini ialah Hatha Yoga, yaitu yoga yang mempelajari berbagai postur-postur yang berguna buat memperbaiki sistem tubuh. Teknik ini merupakan perkembangan dari asanas atau pengaturan sikap-sikap tubuh.

Tujuan hatha ialah menjaga ekuilibrium alami tubuh dengan melakukan kelima prinsip yoga, yaitu berlatih dengan teratur, bernapas dalam, mengatur pola makan yang seimbang, beristirahat yang cukup, berpikir positif dan meditasi (menenangkan jiwa).

 

MACAM-MACAM GERAKAN YOGA :

Setiap gerakan dalam senam Yoga memiliki fungsinya masing-masing. Dari semua gerakan tentu saja memiliki kegunaan yang baik buat kesehatan. Misalnya saja buat membuat rileks, menghilangkan pegal-pegal, memperindah bentuk tubuh, dan lain sebagainya.

 

Inilah nama-nama gerakan yoga nan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

 

1. Pigeon Pose .

Pose ini berfungsi buat meredakan nyeri punggung. Gerakan ini membuat Anda menggerakan pinggul Anda sehingga nyeri punggung dapat reda.

Pigeon pose
Pigeon pose

Cara melakukan gerakan ini ialah Anda harus duduk di atas matras kemudian simpan kaki sebelah kanan sambil ditekuk ke arah dalam (seperti duduk bersila, tapi hanya kaki kanan saja). Sementara itu kaki kiri berada di belakang dan perlahan tarik ke atas, kemudian badan Anda dibengkokkan kebelakang sambil tangan memegang kaki kiri nan terangkat. Lakukan gerakan secara bergantian, antara kaki kanan dan kiri.

2. Gerakan Legs-up-the-wall .

Gerakan ini bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain bermanfaat buat kesehatan jantung, gerakan Legs-up-the-wall juga bisa meredakan stres Anda. Gerakan ini bisa membuat peredaran darah semakin teratur.

leg up the wall pose
leg up the wall pose

Gerakan yoga ini sangat gampang. Anda tinggal berbaring diatas matras, dekatkan matras dengan tembok. Saat berbaring, angkat kedua kaki Anda lurus menempel ke tembok. Lalu, biarkan tangan berada di atas kepala, seperti membentuk huruf “O” di atas kepala.

3. Gerakan Seated spinal twist .

Gerakan ini cocok buat Anda nan sedang berusaha menurunkan berat badan. Melakukan berbagai gerakan yoga memang bisa membuat tubuh seseorang menjadi lebih langsing dan indah. Terutama gerakan nan satu ini.

seated spinal twist pose
seated spinal twist pose

 

4. Gerakan Goddess Pose.

Gerakan ini membantu mengurangi penyakit tidak bisa tidur Anda. Pada dasarnya, seseorang dapat mengalami tidak bisa tidur sebab beban pikiran. Oleh sebab itu, tubuh akan sulit buat rileks. Nah , gerakan ini dapat membuat tubuh Anda rileks, menghilangkan stres, dan membuat tidur Anda nyenyak.

Cara melakukan gerakan ini ialah siapkan sesuatu nan tebal, seperti bantal misalnya. Rebahkan tubuh Anda dan letakkan bantal di kepala hingga ke punggung. Lipat kedua kaki Anda ke dala, seperti duduk bersila, telapak kaki kanan dan kiri Anda saling bersentuhan. Kemudian letakkan sesuatu nan tebal juga di kedua kaki Anda, tepat di paha sebelah kiri dan kanan.

Goddes Pose
Goddes Pose

Untuk “pengganjal” di bagian punggung usahakan lebih tebal dari yg di kepala dan kaki. Sehingga bagian punggung Anda akan terangkat dan dada membusung ke depan. Letakkan tangan se-rileks mungkin, letakan di samping badan Anda sambil sedikit direntangkan.

5. Gerakan

Headstand against the wall.
Headstand against the wall.

Berfungsi buat meredakan kecemasan. Melakukan gerakan yoga dengan kepala berada di bawah bisa membuat pernapasan Anda lebih baik. Pernapasan nan baik itulah membuat perasaan depresi dan cemas Anda sedikit demi sedikit menghilang sebab konsentrasi Anda hanya terfokus ke gerakan yoga nan Anda lakukan.

Cara melakukan gerakan ini ialah badan diluruskan, dengan posisi kepala Anda dibawah sedangkan kaki dan badan diangkat lurus ke atas. Simpan kedua tangan di depan kepala Anda dan beri jeda hingga sejajar dengan bahu.

6. Gerakan Marjarasana .

Merupakan gerakan buat mengecilkan perut buncit. Gerakan ini disebut juga dengan cat pose atau pose kucing. Gerakan ini mudah dan simple sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja, buat pemula dan wanita hamil juga bisa. Pose ini dapat membentuk otot perut dan membuat tulang belakang menjadi lentur.

Marjasana pose
Marjasana pose

Cara melakukan gerakan ini cukup mudah, pertama Anda letakkan lutut nan dibuat tegak lurus dengan pinggul. Kemudian pergelangan tangan juga tegak lurus, sejajar dengan bahu. Biarkan tulang belakang Anda lurus dan sejajar dengan leher. Setelah itu, tarik napas Anda sambil melengkungkan ibu jari ke arah lantai. Turunkan perut Anda dan angkat leher sambil kepala memandang ke atas. Mulailah gerakan ini dari ujung tulang ekor, dan nan terakhir ialah leher.

 

Lalu, hembuskan napas. Istiraharkan bagian atas kaki di atas matras dan lengkungkan tulang belakang, sedangkan kepala diturunkan dan mengarahkan pandangan menuju pusar. Begitu seterusnya, lakukan sampai 5 kali. Niscaya, perut Anda akan ramping dan indah.

 

Itulah mengenai kegunaan macam macam senam yoga. Untuk membuat tubuh Anda lebih sehat, lakukan yoga dengan teratur. Namun, jangan lupa buat melakukan pemanasan lebih dulu sebelum melakukannya agar Anda tak keseleo. Selamat mempraktikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *