Penyebab Emosi Marah Berlebihan Dan Cara Mengatasi Emosinya

Penyebab Emosi Marah Berlebihan Dan Cara Mengatasi Emosinya 

Emosi Berlebihan
Mengatasi emosi marah berlebihan

 

Penyebab emosi yang kerap tidak stabil 

Pernah kah anda melihat orang yang teriak-teriak marah atau wajahnya tegang dengan matanya yang merah hanya gara-gara masalah sepele.
Beberapa orang memang tidak mampu mengendalikan emosinya dengan baik dan mudah sekali marah.

Apa sumber dari kemarahan yang irasional ini?

Kemarahan adalah salah satu jenis emosi yang alamiah, tapi jika emosi ini tidak dapat dikontrol dengan baik tentu bisa merugikan orang lain.
Para ahli kini mulai bertanya mengapa banyak sekali orang yang mudah marah, bahkan untuk suatu alasan yang tidak jelas.

Terdapat banyak penyebab umum orang menjadi mudah marah, beberapa sebab bisa segera diatasi tapi ada juga yang membutuhkan bantuan lain.

Ada beberapa hal yang menjadi pemicu seseorang mudah sekali marah, yaitu:

1. Stres
Stres adalah penyebab paling umum seseorang menjadi galak atau mudah marah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kehidupan sehari-hari, lingkungan kerja atau banyaknya penyebab stres di lingkungan sekitar. Untuk mengatasinya, seseorang harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab stresnya. Setelah itu coba melihatnya dari sudut pandang netral dan tidak membiarkan emosi mempengaruhi penilaiannya.

2. Kurang tidur

Seseorang yang memiliki jam tidur malam sedikit kemungkinan besar tumbuh menjadi orang yang mudah marah. Orang yang kurang tidur, akan selalu merasa capek dan lelah sehingga emosinya mudah tersulut. Untuk mengetahui berapa jumlah jam tidur yang diperlukan, cobalah bereksperimen di saat hari libur.

3. Kondisi medis

Beberapa kondisi kesehatan yang terganggu seperti pilek, flu, sakit kepala atau ketidaknyaman fisik lainnya juga bisa membuat seseorang gampang marah.

4. Masalah emosional

Segala masalah yang terkait dengan emosional bisa memicu seseorang untuk mudah marah. Untuk mengatasi kondisi ini bisa dengan mudah belajar meditasi atau program mengontrol emosi.

5. Interaksi obat

Jika seseorang mengonsumsi berbagai obat sekaligus, ada kemungkinan interaksi antara satu obat dengan yang lain dapat membuat seseorang mudah tersinggung. Selain itu ada juga beberapa obat yang dapat membuat seseorang mudah marah jika berinteraksi dengan kafein. Karenanya kenali apa efek samping dan kontra indikasi dari tiap obat.

6. Gen di dalam tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan seseorang bisa sangat mudah marah sementara yang lainnya tidak tergantung pada gen yang ada di dalam tubuhnya. Salah satu gen yang dianggap menjadi penyebab orang mudah marah adalah DARPP-32, gen ini membuat seseorang mudah terprovokasi sehingga menjadi marah.
Seseorang yang memiliki sifat mudah marah memang bisa mengganggu orang-orang disekelilingnya. Karena itu kenali apa penyebabnya dan usahakan agar bisa mengendalikan emosi dan kemarahannya.

Maka penting untuk anda mengetahui cara mengatasi marah agar emosi Anda lebih stabil. Berikut tips untuk mengatasi marah dalam 30 detik :

1. Beralihlah dari situasi yang membuat Anda marah. Jika Anda beradaa di rumah, segera pindah ke ruangan lain di dalam rumah atau pergi keluar sendirian. Jika Anda tidak sedang di rumah, jika memungkinkan, pindahlah ke tempat berbeda dari tempat saat Anda mulai marah. Tapi, jika keadaan tak memungkinkan untuk Anda pergi kemana-mana, upayakan sebisa mungkin untuk meredam amarah.

2. Tarik nafas dalam selama 5-10 detik. Fokuslah untuk menghitung jumlah detik ketimbang fokus pada pikiran yang membuat Anda marah. Tarik nafas perlahan melalui hidung dan hembuskan nafas melalui mulut.

3. Pikirkan tentang situasi saat Anda marah dan pahami apakah situasi itu merupakan sesuatu yang memicu kemarahan Anda. Penting untuk mengingat situasi atau sebab lainnya yang bisa membuat Anda marah. Sebab setiap orang memiliki penyebab kemarahan yang berbeda. Kadang dengan menyadari bahwa Anda tengah terpengaruh tekanan dari luar yang membuat Anda marah akan membantu Anda untuk lebih tenang.

4. Pikirkan solusi singkat untuk mengatasi masalah. Misalnya, jika Anda marah karena anak Anda menghabiskan terlalu banyak uang, maka Anda bisa pergi ke halaman rumah untuk mengalihkan emosi. Selain itu, Anda juga bisa pikirkan dari sekarang solusi jangka panjang untuk mengatasi kemarahan yang sesuai dengan kebiasaan atau karakter dan kepribadian Anda.

^^ Demikian artikel yang kami buat semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *