Pengertian, Penyebab dan Tips Cara Mengatasi Phobia

phobia
phobia

Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Namun pada kenyataannya tidak semua orang mampu mengendalikan rasa takut mereka. Dari keadaan seperti itu muncullah istilah yang disebut dengan Phobia.

Phobia terjadi karena adanya faktor biologis di dalam tubuh, seperti meningkatnya aliran darah dan metabolisme di otak. Bisa juga karena ada sesuatu yang nggak normal di struktur otak. Tapi kebanyakan psikolog setuju, phobia lebih sering disebabkan oleh kejadian traumatis.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Fobia, apa pula penyebabnya dan adakah cara untuk mengatasinya?. Berikut pengertian, penyebab dan cara mengatasinya…

Pengertian Phobia

Phobia adalah rasa ketakutan yang kuat atau berlebihan terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian, yang ditandai dengan keinginan untuk menjauhi sesuatu yang ditakuti tersebut.

Beda fobia dengan rasa takut biasa adalah rasa takut yang dirasakan oleh seorang penderita fobia adalah hal yang sebenarnya tidak menyeramkan untuk sebagain besar orang. Sehingga bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti.

Ada perbedaan “bahasa” antara pengamat fobia dengan seorang pengidap fobia. Pengamat fobia menggunakan bahasa logika sementara seorang pengidap fobia biasanya menggunakan bahasa rasa. Bagi pengamat dirasa lucu jika seseorang berbadan besar, takut dengan hewan kecil seperti kecoak atau tikus. Sementara di bayangan mental seorang pengidap fobia subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikkan ataupun menakutkan.

Penyebab Phobia

Penyebab phobia disebabkan karena pernah mengalami ketakutan yang hebat atau pengalaman pribadi yang disertai perasaan malu atau bersalah yang semuanya akan hal tersebut kemudian ditekan kedalam alam bawah sadar. Peristiwa traumatis di masa kecil dianggap sebagai salah satu kemungkinan penyebab terjadinya phobia. Perlu kita ketahui juga bahwa hal ini sering disebabkan oleh faktor keturunan, lingkungan dan budaya.

Tips Cara Mengatasi Fobia

Nah, itulah sedikit mengenai pengertian dan hal yang mengakibatkan seseorang mengidap fobia. Untuk bisa mengatasi fobiaatau ketakutan berlebihan ini diperlukan cara untuk mengatasinya dengan cara yang benar dan tepat.

Berikut cara yang dapat digunakan untuk mengatasi fobia ini yaitu bisa dengan cara :

  1. Rasa optimis 100% bahwa ketakutan fobia ini bisa diatasi.

> Jika kamu memiliki fobia terhadap sesuatu dan memiliki keinginan untuk sembuh, kamu harus optimis bahwa kamu bisa sembuh, karena fobia termasuk kelainan yang bisa disembuhkan.

  1. Bantuan dan dukungan 100% dari diri sendiri dan keluarga dibutuhkan dalam rangka terapi dan penyembuhan fobia ini bisa berhasil dan juga agar berangsur-angsur kondisi ini menghilang.

> Jangan malu, merasa minder atau berusaha untuk menyembunyikan fobia kamu dari orang-orang disekitar kamu, justru bantuan dan dukungan dari teman dan keluarga adalah sesuatu yang kamu butuhkan untuk dapat mengatasi dan melewati proses penyembuhan fobia kamu.

> Ini juga penting untuk kamu tahu, seandainya kamu tidak mengidap fobia namun ada teman atau anggota keluarga kamu yang memiliki fobia terhadap sesuatu, please be noted… harap dicatat baik-baik… jangan menjadikan fobia teman, atau anggota keluarga kamu itu sebagai bulan-bulanan kamu, Ok!

  1. Menjalani terapi/sugesti alam bawah sadar (hipnosis) untuk mencapai hasil optimal dan permanen.

> Dengan metode hipnosis, seseorang yang mengidap fobia akan dibimbing untuk menemukan penyebab fobianya, kemudian dilakukan pembelajaran ulang atas peristiwa penyebab fobia tersebut. Dengan pemahaman yang baru mengenai peristiwa traumatis tersebut, maka fobia akan sembuh seketika dan tidak kambuh dalam waktu yang sangat lama atau bahkan selamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *