Inilah Definisi Mind Virus Menurut Adi W. Gunawan

Mind Virus menurut Adi W. Gunawan

Mind Virus
Mind Virus

Virus biologi dapat merusak kesehatan seseorang. Virus computer dapat merusak dan mengacaukan data yang ada di computer. Begitu virus masuk ke dalam tubuh induk semangnya, maka yang dilakukannya adalah merusak system kerja pada tubuh induk si induk. Kalau virus biologi menyerang kita, maka kita akan segera tahu dari sinyal yang diberikan oleh tubuh kita dalam bentuk rasa sakit.

Kita akan cepat – cepat pergi ke dokter dan minum obat untuk membunuh virus ini. Jika virus computer menyerang computer, maka efeknya juga sama. Data di computer kita akan hilang atau rusak. Kita harus membersihkan dan memasang kembali semua program dan data yang telah terhapus.

Untuk mencegah serangan virus ini, kita bisa melakukan vaksinasi untuk membangkitkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus tertentu. Demikian juga dengan virus computer. Kita bisa memasang program antivirus yang bisa sewaktu – waktu memonitor serangan virus ini.

Tetapi, apakah kita pernah secara sadar melindungi diri kita dari virus pikiran yang justru jauh lebih berbahaya daripada virus pikiran yang justru jauh lebih berbahaya daripada virus biologi dan virus computer? Serangan virus pikiran ini sangat halus dan sangat mematikan. Orang yang terkena serangan virus ini bahkan tidak akan menyadari bahwa ia telah “sakit”. Efek virus ini langsung mengenai konsep diri seseorang.

Apakah yang dimaksud dengan virus pikiran? Virus pikiran sebenarnya adalah cara berpikir yang tidak benar karena didasarkan pada asumsi yang salah. Cara berpikir ini bisa karena murni cara berpikir kita yang memang tidak benar dan bisa juga karena mendapat pengaruh dari oranng lain atau lingkungan.

Untuk mudahnya kita ambil contoh seorang anak kecil. Misalnya anak ini salah melakukan sesuatu, lalu orangtuanya langsung mengatakan “kamu memang anak bodoh. Kamu selalu tidak pernah bisa mengerjakan hal ini dengan benar. Saya tidak habis piker kok ada anak sebodoh kamu!” Anak yang masih kecil akan menerima secara utuh apa saja yang dikatakan oleh orangtuanya atau figure yang dia pandang mempunyai otoritas. Inilah yang akhirnya akan menjadi virus pikiran yang mempengaruhi konsep diri (system operasi).

Hal ini berlaku juga untuk orang dewasa. Sering saat kita mempunyai rencana dan kita menceritakannya kepada seorang kawan, kawan itu akan berkata, “sudahlah, buat apa susah – susah. Kamu tidak mungkin bisa melakukannya. Pendidikanmu apa? Apa kemampuan yang kamu miliki? Sudahlah, daripada nanti gagal, lebih baik kamu menerima saja kenyataan bahwa kamu nggak akan bisa melakukan rencanamu itu.”

Jika kita menerima “saran” dan “masukan” ini dengan tidak berpikir lebih jauh, maka sadar atau tidak sadar kita telah terinfeksi dengan virus pikiran. Karena banyak orang tidak menyadari bahwa mereka sudah terinfeksi, mereka tidak merasa perlu mencari obatnya. Kalaupun akhirnya sadar, mereka umumnya tidak tahu harus berbuat apa dan ke mana untuk meminta bantuan.

Efek kerja virus ini akan terlihat dari keberhasilan hidup seseorang. Semakin kuat pengaruh virusnya, akan semakin jauh orang itu dari keberhasilan yang ia inginkan.

Sumber : Buku “Born to be A Genius” by Adi W. Gunawan

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *