Untitled

MENGETAHUI LEBIH JELAS TENTANG SELF ESTEEM

MENGETAHUI LEBIH JELAS TENTANG SELF ESTEEM. Self esteem adalah suatu bagian dari pembelajaran ilmu psikologi, terutama psikologi sosial yang cukup banyak diperbincangkan dan juga diteliti. Sebenarnya, apa itu arti dari self esteem, dan bagaimana seseorang bisa mengembangkan self esteem nya? Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai self esteem.

Untitled

Apa Itu Self Esteem

 

Pengertian dan definisi dari self esteem adalah banyak. Ahli psikologi banyak memberikan pemahaman mengenai arti dari self esteem. Misalnya,  menurut Coopersmith (1967) yang mengatakan bahwa self esteem adalah evaluasi yang dibuat oleh individu dan berhubungan dengan penghargaan terhadap dirinya sendiri. Individu cenderung mengekspresikan sikap setuju atau tidak setuju, serta meyakini apakah dirinya mampu atau tidak dalam melakukan sesuatu.

 

Tokoh psikologi lainnya, yaitu Roman (2005) mengatakan bahwa self esteem adalah suatu kepercayaan diri seseorang, dimana seseorang tahu dan paham mengenai apa yang terbaik bagi dirinya sendiri, dan bagaimana cara dia melakukannya.

 

Maslow, seorang tokoh psikologi humanistik mengatakan bahwa self esteem adalah suatu kebutuhan manusia yang harus dipuaskan dan dipenuhi. Pemenuhan akan kebutuhan self esteem ini menurut Maslow terbagi menjadi dua, yaitu kebutuhan akan penghargaan diri, dan kebutuhan akan penghargaan dari orang lain.

 

Lain lagi dengan definisi psikologi lainnya yang diungkapkan oleh Atwater. Atwater mengemukakan bahwa self esteem adalah cara seseorang merasakan dirinya sendiri, dimana seseorang akan menilai dirinya sendiri dan mempengaruhi perilaku dalam kehidupannya sehari-hari. Ketika seseorang memiliki self esteem yang tinggi, maka dia akan lebih menghargai hidupnya, dan melihat dirinya sebagai sesuatu yang bernilai.

 

Itulah sedikit gambaran mengenai arti dari self esteem menurut beberapa ahli dan peneliti dari ilmu psikologi.

 

Apa Saja Yang Mempengaruhi Self  Esteem Seseorang?

 

Self esteem adalah suatu trait atau bagian dari kepribadian seseorang. Self esteem sendiri dapat terbentuk karena berbagai macam pengaruh, baik internal ataupun eksternal. Nah, hal-hal yang dapat mempengaruhi self esteem adalah sebagai berikut:

 

Family support atau dukungan keluarga

 

Semakin seseorang didukung oleh keluarganya dalam melakukan sesuatu, maka hal ini akan sangat meningkatkan penghargaan diri seseorang, dan mempengaruhi penilaian terhadap dirinya sendiri menjadi semakin baik.

 

Kompetisi

 

Adanya kompetisi masuk ke dalam bagian tantangan. Dengan semakin kuatnya tantangan, maka seseorang akan berusaha untuk melakukan yang terbaik. Hal ini akan memicu seseorang untuk berusaha dan lebih menghargai dan menilai dirinya sendiri secara positif dalam menghadapi tantangan.

 

Penampilan

 

Penampilan secara fisik akan sangat mudah dalam meningkatkan dan mempengaruhi self esteem seseorang. Ketika seseorang memiliki penampilan fisik yang buruk, maka hal tersebut juga akan berperan dalam membuat self esteem seseorang menjadi negatif atau buruk.

 

Kompetensi

 

Kompetensi juga memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap self esteem. Ketika seseorang mampu untuk menguasai berbagai macam kompetensi dan keahlian, maka secara otomatis hal ini akan meningkatkan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri. Pastinya hal ini akan meningkatkan self esteem yang dimiliki oleh dirinya.

 

Penghargaan dari orang lain

 

Penghargaan dan penerimaan dari orang lain dalam peningkatan self esteem adalah yang cukup penting. Ketika seseorang dihargai dan diterima oleh orang lain, maka penilaian terhadap dirinya sendiri pun akan meningkat. Begitu pula sebaliknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *