Manfaat Prenatal Yoga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Prenatal Yoga Untuk Ibu Hamil
Manfaat Prenatal Yoga Untuk Ibu Hamil

Prenatal yoga merupakan olah yoga yang dikhususkan bagi para ibu hamil. Yang mana tentunya gerakan yang disuguhkan dalam prenatal yoga ini jauh lebih sederhana dan lebih mudah untuk di praktekan yang disesuaikan dengan kondisi ibu hamil dibandingkan dengan gerakan yoga pada umumnya. Adapun dalam setiap sesi prenatal yoga secara garis besar dibagi kedalam beberapa bagian, yakni pemanasan (gentle stretching), pernafasan (breathing), postur (gerakan yoga) dan pendinginan (cooling down and relaxation).

Prenatal yoga ini dimaksudkan untuk membantu para ibu hamil dalam mempersiapkan tubuh agar lebih siap menjelang proses kelahiran, meningkatkan fleksibilitas serta meningkatkan keseimbangan. Dengan ibu mengikuti kelas prenatal yoga pada masa kehamilan akan memberikan manfaat pada tubuh ibu dengan membuat tubuh ibu menjadi lebih relaks serta mengurangi rasa pegal yang dirasakan selama masa kehamilan.

Pada umumnya pergerakan pada yoga berisikan tentang berbagai pose yang dilakukan yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, meningkatkan kesadaran diri serta membuat pikiran menjadi lebih tenang. Disamping itu, adapula yang memiliki tujuan berbeda ketika mengikuti kelas yoga, dimana sebagian diantaranya bertujuan untuk menurunkan berat badan dan lain sebagainya.

Namun disini, tentunya masing-masing pose yoga yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan tujuan masing-masing individunya. Demikian pula untuk untuk ibu hamil jenis yoga yang sesuai dilakukan adalah prenatal yoga.

Nah, selain beberapa keuntungan diatas, berikut ini ada beberapa manfaat lain dari mengikuti kelas prenatal yoga selama kehamilan:

  • Mengurangi sakit pinggang (lower back pain), sakit kepala selama kehamilan dan juga mual
  • Membakar kalori dalam tubuh dan membantu menjaga bentuk badan ibu agar tidak terlalu melambung tinggi
  • Membantu melancarkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan kualitas tidur sehingga bagi para ibu yang mengalami kepanikan saat malam hari bisa dikurangi

Pentingnya Latihan Pernafasan

Pernafasan telah menjadi bagian penting dalam latihan yoga. Mengambil nafas dalam-dalam dengan ritme teratur akan bermanfaat untuk tubuh yang membuat tubuh merasa lebih rileks serta melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Selain itu, manfaat lain yang akan didapat dari melatih pernafasan adalah tubuh yang mendapatkan suplai oksigen yang cukup, bayi pun dapat merasakan getaran ketenangan yang dirasakan oleh ibu.

Adapun salah satu tekhnik pernafasan yang terdapat dalam yoga adalah Ujjayi, yakni dimana anda mengambil nafas lewat hidung secara perlahan, hingga paru-paru terisi dengan penuh dengan udara kemudian dihembuskan perlahan hingga perut mengempis. Lakukan proses ini secara berulang. Dengan bernafas yang relaks, akan membantu ibu agar tetap relaks terutama pada saat proses persalinan. Namun sebelum melakukan olahraga yoga ataupun olahraga lain yang ibu lakukan selama periode kehamilan, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Tips Sebelum Melakukan Prenatal Yoga

  • Pilihlah pakaian yoga yang nyaman untuk ibu kenakan
  • Konsumsilah air putih terutama sebelum, selama dan sesudah melakukan prenatal yoga. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekurangan cairan yang bisa berbahaya.
  • Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum anda memutuskan melakukan olahraga ini, terutama jika pada awal trimester kehamilan anda mengalami masalah tertentu
  • Hentikan berlatih jika ibu merasakan sakit, pusing atau kram
  • Ikuti kelas prenatal yoga dengan instuktur yang telah berpengalaman
  • Hindari gerakan atau pose yang banyak meregangkan otot terutama dibagian perut.

Mengikuti kelas prenatal yoga bukan saja bermanfaat untuk ibu dan bayi, namun juga hal ini bisa dijadikan moment bersosialisasi dan saling berbagi cerita dengan sesama ibu hamil. Selain prenatal yoga, tentunya ibu hamil juga harus dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat agar ibu dan bayi senantiasa terjaga kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *