Untitled

MANFAAT-MANFAAT TERAPI WARNA UNTUK ATASI STRES

Terapi warna sebenarnya telah ditemukan sejak zaman Mesir kuno. Namun, terapi ini mulai diperkenalkan sebagai terapi penyembuhan sekitar abad ke-11 oleh Avicenna. Ia menciptakan semacam grafik yang merinci chakra (pusat energi tubuh) dalam berbagai warna berbeda, yang mana grafik buatan Avicenna ini masih digunakan hingga saat ini. terapi-warna. Teknik yang digunakan dalam terapi warna adalah memanfaatkan warna atau cahaya untuk memberikan stimulasi fisiologis dan psikologis pada manusia. Setiap warna diyakini membawa efek berbeda pada kondisi fisik dan psikis seseorang. Oleh karena itu, diperlukan kombinasi warna berbeda untuk mengatasi masalah yang berbeda-beda.warna

♦Tanpa sadar, warna dapat memengaruhi tubuh. Artinya, kombinasi warna tertentu dapat menyebabkan stres dan depresi. Ada juga kombinasi warna yang menyebabkan pikiran tenang serta rileks. Penyebabnya adalah warna dapat memancarkan getaran elektromagnetik yang mampu memperbaiki mood dan suasana hati, sehingga bisa memberi efek penyembuhan. Inilah yang disebut terapi warna.

Biru
Warna biru melambangkan ketenangan dan menstimulasi cakra tenggorokan. Warna ini biasa digunakan untuk meredakan rasa sakit, menyembuhkan luka, mengurangi perdarahan, mengatasi asma, gangguan pernapasan, dan gangguan kulit. Efek ketenangan yang dibawanya membuat warna ini dipilih untuk mengatasi masalah stres, histeria, dan agresi. Stimulasi di bagian tenggorokan membuatnya cocok untuk membantu program penurunan berat badan Anda karena warna biru cenderung menekan napsu makan.

Kuning
Warna kuning melambangkan kebahagiaan dan menstimulasi solar plexus. Organ-organ yang distimulasi oleh warna ini adalah otak, perut, usus, limpa dan hati. Warna kuning dapat membantu menangani diabetes, gangguan pencernaan, konstipasi, sipilis, impotensi, infeksi mata, infeksi tenggorokan, gangguan hati dan ginjal.

Merah
Warna ini menggambarkan api, kemarahan, dan hasrat. Warna merah menstimulasi akar cakra di bagian pangkal tulang belakang. Efeknya yang kuat membuat warna ini kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti anemia, tekanan darah rendah, kelumpuhan, rematik, dan tuberculosis stadium lanjut. Warna merah juga dikenal memiliki peran lain untuk meredakan kekakuan, menstimulasi ovulasi dan menstruasi, serta melonggarkan hambatan dan menstimulasi pertumbuhan.

Hijau
Warna hijau melambangkan harmoni dan alam, serta menstimulasi cakra jantung. Hampir sama dengan warna biru, hijau juga merupakan alat penenang dengan kadar yang lebih ringan. Warna ini dapat membantu menangani kondisi seperti flu, demam, maag, dan berbagai kondisi peradangan. Warna ini juga dapat menguatkan fungsi penglihatan, menstabilkan emosi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membangun otot, tulang, dan jaringan.

Ungu
Warna ungu menstimulasi cakra alis mata. Ungu dianggap sebagai lambang keseimbangan karena terbentuk dari warna biru dan merah. Warna ini difungsikan untuk membantu memurnikan aliran darah, memulihkan kondisi mental, menstimulasi kasih sayang yang mendalam, serta memulihkan penyakit mata dan telinga.

Selain warna-warna diatas, ada juga warna –warna lain yang digunakan dalam terapi warna, diantaranya :

Warna Hitam untuk terapi penurunan berat badan
Warna Oranye untuk menstimulasi energi, syaraf, dan suplai darah
Warna Putih untuk pemulihan spiritual

Nah, apa saja manfaat terapi warna bagi kesehatan? Berikut contohnya:

♥Meningkatkan nafsu makan

Dekorasi ruangan dengan warna cerah dan ceria baik untuk meningkatkan nafsu makan, seperti merah, oranye, dan kuning. Pasalnya warna ini telah terbukti merangsang sistem saraf yang berhubungan dengan nafsu makan.

♥Mengatur sirkulasi dan metabolisme tubuh

Warna orange berhubungan dengan limfa yang berfungsi sebagai pengatur sirkulasi dan metabolisme tubuh. Warna orange juga berhubungan dengan kegembiraan dan keceriaan.
Mengatasi insomnia
Warna biru bersifat menenangkan sehingga dapat mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Terapi warna biru juga dapat mengatasi berbagai penyakit, seperti gastritis, artritis, nyeri pinggang bawah, sakit tenggorokan, asma dan migren.

♥Baik untuk jantung

Warna hijau dapat digunakan untuk menyeimbangkan dan menstabilkan energi tubuh, terutama jantung. Alasannya karena warna hijau dapat memengaruhi struktur sel manusia.

♥Meringankan rematik

Warna kuning bermanfaat untuk membantu pencernaan serta proses kerja hati dan usus. Pasalnya, warna kuning memiliki dekongestan dan sifat antibakteri yang bertindak sebagai pembersih tubuh. Oleh sebab itu, warna kuning telah dikenal untuk membantu meringankan rematik dan juga radang sendi.

 

terimakasih sis♥

semoga bermanfaat ya♥

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *