Manfaat Jitu Headstand Yoga Pose

Manfaat Headstand Yoga Pose

Manfaat Headstand Yoga Pose
Manfaat Headstand Yoga Pose

Sirsasana alias headstand yoga pose adalah pose yang sangat menantang dan hanya dilakukan oleh pelaku yoga tingkat lanjut, namun manfaatnya sangat banyak. Jika dilakukan secara teratur, sirsasana bisa menguatkan leher, bahu dan perut, memperlambat tanda penuaan, menstimulasi kelenjar getah bening, membantu pencernaan, menghilangkan stres, mengurangi simtom asma, insomnia, sinusitis dan menopause serta membuat kulit nampak lebih muda.

 Ada dua cara melakukan headstand yoga pose, yaitu supported headstand dan tripod headstand.

Supported Headstand

  1. Bertumpu pada siku dan lutut, letakkan lengan di depan dengan siku terbuka selebar bahu. Kaitkan jemari dengan kedua kelingking terlipat ke dalam untuk membentuk dasar yang rata.
  2. Taruh pucuk kepala di lantai di antara siku dengan bagian belakang kepala menyentuh tangan. Tarik dagu ke arah dada sedikit untuk melepaskan tekanan pada leher. Tekuk jari kaki ke dalam dan angkat pinggul sampai tubuh anda membentuk ‘V’ terbalik.
  3. Langkahkan kaki mendekati tubuh sampai sejauh betis anda memungkinkan, jika perlu sampai pinggul di atas bahu. Tarik otot perut dan angkat kaki ke udara. Tekuk kaki hingga tumit mengacung dan tarik tulang punggung dengan cara mengarahkan tulang ekor ke udara. Jaga lengan dan bahu tetap kuat agar leher tidak tertekan.
  4. Jaga agar kening, rahang, mata dan leher tetap santai. Tahan pose ini selama 1-10 menit, lalu turunkan kaki dan lakukan child’s pose.

Tripod Headstand

  1. Berlutut dengan cara yang sama dengan supported headstand, tetapi tangan dan siku ditaruh di bawah bahu dan bahu didorong keluar untuk membuat sudut 90 derajat antara lengan atas dan bawah. Taruh kepala di lantai di depan tangan. Kepala dan kedua tangan harus membentuk segitiga.
  2. Lakukan langkah 2 pada supported headstand. Anda bisa tetap begini, atau letakkan lutut di atas lekukan trisep.
  3. Jika anda yakin, angkat kedua kaki ke atas. Selanjutnya sama seperti langkah-langkah berikutnya di supported headstand.

Headstand yoga pose tidak disarankan untuk anda yang memiliki cedera kronis pada leher dan bahu, penyakit jantung, pernah mengalami stroke dan punya tekanan darah tinggi.

 

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *