Manfaat Gerakan Yoga Untuk Anak Agar Lebih Konsentrasi

manfaat gerakan yoga untuk anak
manfaat gerakan yoga untuk anak

Dengan berlatih posisi yoga, anak bisa belajar mengembangkan rasa percaya diri dan konsentrasi. Masih banyak lagi yang bisa dipelajari anak dari yoga.

Inilah beberapa manfaat yoga bagi perkembangan metal dan fisik anak :

  1. Meningkatkan Fleksibilitas tubuh
meningkatkan fleksibilitas
meningkatkan fleksibilitas

Yoga memberikan kekuatan fisik karena anak-anak belajar menggunakan semua otot mereka dengan cara baru. Apakah posisi yoga dilakukan berdiri, duduk, atau berbaring, masing-masing posisi memerlukan kinerja otot yang lebih dan membantu anak menjadi peka terhadap kerja otot pada tubuhnya.

2. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh

meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh
meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh

Keseimbangan merupakan kunci dari yoga. Posisi seimbang mampu memberikan ketenangan mental dan fisik. Jika seorang anak mengalami kesulitan berdiri dengan satu kaki, ia akan belajar mengenai keseimbangan mental dan fisik. Beberapa pelatih yoga dan terapis menggunakan yoga dan teknik khusus lainnya untuk membantu anak-anak mengembangkan koordinasi motorik kasar dan halus.

3.  Melatih Fokus dan Konsentrasi

meningkatkan konsentasi dan fokus
meningkatkan konsentasi dan fokus

Latihan yoga mendorong anak-anak untuk membersihkan pikiran mereka dan fokus. Salah satu hasil dari fokus adalah mampu melakukan posisi tertentu atau tetap seimbang. Menurut beberapa penelitian Yoga akan membantu anak-anak fokus dan berkonsentrasi di sekolah agar mendapatkan nilai yang lebih baik.

4.  Mengembangkan rasa percaya diri

mengembangkan rasa percaya diri
mengembangkan rasa percaya diri

Yoga akan membantu anak-anak menanamkan rasa percaya diri pada anak. “Yoga mampu memberikan pondasi untuk masa depan anak. Adalah tanggung jawab orangtua untuk mengembangkan akal dan memberi mereka kesadaran diri yang kuat sehingga mereka tahu di mana mereka berada dan dapat berkontribusi pada masyarakat,” kata Christina Enneking, pendiri Heart Happy Yoga di Los Angeles. “Yoga mengajarkan anak untuk bersabar dan bekerja keras meraih mimpi mereka. Seorang pelatih yoga hanya memberikan bimbingan. Anaklah yang harus bekerja keras supaya berhasil. Karena itu, ketika seorang anak sudah mahir melakukan satu posisi yoga kepercayaan diri mereka akan meningkat.

5. Menguatkan hubungan antara pikiran dan tubuh

menguatkan antara pikiran dan tubuh
menguatkan hubungan antara pikiran dan tubuh

Yoga membantu anak-anak mencapai pikiran dan tubuh yang sehat melalui gerakan fisik dan kejernihan pikiran. “Sebagai orangtua kita ingin anak bertindak dan berperilaku sesuai dengan pikiran dan kepekaan mereka. Anda tentu mau anak menjadi berani dan bahagia,” kata Enneking. “Karena dunia bergerak sangat cepat, cepat atau lambat anak akan merasakan segala macam tekanan (pribadi atau sosial). Untuk bersaing dengan semua orang di sekitar mereka anak harus memiliki mental dan fisik yang tangguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *