MANFAAT BODY LANGUAGE UNTUK PRESENTASI

MANFAAT BODY LANGUAGE UNTUK PRESENTASI. Kita sebagai penggagas harus bisa membagikan ide kita kepada orang lain. Salah satu cara membagikan ide adalah dengan mempresentasikannya. Tentu saja melakukan presentasi dengan super keren bukanlah pekerjaan yang mudah. Disamping kita harus mempunyai materi yang komprehensif dan slide PPT yang keren, cara kita berpresentasi juga sangat penting untuk menyampaikan isi gagasan kita. Salah satu cara agar presentasi kita menarik adalah dengan menggunakan body language (gerak tubuh) yang tepat. Tapi pasti kita bingung nih body language yang kita pakai harus seperti apa. Setiap body language memiliki arti dan tujuan tertentu, sehingga memilih gerak tubuh yang pas tersebut memang sangat penting. Okey, daripada penasaran yuk kita cek 10 body language untuk membuat presentasimu super keren.

  1. Membuka Dada dan Lengan dan Punggung Tetap Tegak

Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri kita. Dengan melakukan gerakan ini akan semakin banyak oksigen yang masuk dalam tubuh kita. Hal tersebut membuat pernafasan kita lebih baik dan membuat kita lebih relaks saat presentasi.

 

  1. Jangan Lupa Senyum

Senyum ini memang yang harus pertama kita lakukan dalam presentasi. Selain akan menenangkan hari kita, tersenyum juga akan membuat penonton kita merasa nyaman. Senyum kita akan mebuat presentasi kita lebih enak didengarkan karena suasana akan menjadi lebih sejuk saat kita tersenyum.

 

  1. Gerakan Lengan dan Tangan serta Kontak Mata

Bingung ketika penonton kita mulai tidak memperhatikan kita?? Cara menggerakkan tangan dan lengan secara natural akan membuat perhatian mereka beralih ke kita. Selain itu kita harus melihat para penonton kita tepat di matanya karena biasanya orang yang ditatap matanya secara langsung maka perhatiannya akan teralih kekita secara alami.

 

  1. Lakukan Gerakan Kecil yang Tegas

Gerakan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kedaulatanmu. Jangan lupa tetap tenang dalam melakukan hal ini. Apabila berhasil maka orang akan dapat percaya kepadamu dan melihatmu sebagai orang yang percaya diri. Selain itu anda bisa melakukan gerakan original kita sehingga orang dapat lebih mengenal kita.

 

  1. Langkah Kecil

Akan terasa sangat membosankan ketika kita berpresentasi posisi kita tetap sama. Oleh karena itu mengambil langkah kecil sangatlah penting ketika kita berpresentasi. Dengan melakukan langkah-langkah kecil tersebut, presentasi kita akan menjadi lebih hidup. Selain itu penonton akan lebih senang karena mereka bisa mengalihkan pandangan mereka ke tempat yang berbeda sehingga tidak merasa bosan.

 

  1. Gunakan Gerakan yang Bervariasi

Dalam poin sebelumnya disebutkan kalau memakai gerakan tangan dan lengan akan membuat presentasi kita menarik. Tetapi, itu saja tidak cukup lakukan lebih banyak gesture maka perhatian penonton akan tetap tertuju kepadamu. Lakukan kombinasi gesture dari tangan, lengan dan kepala. Lakukan juga gesture (gerakan) yang lebih luas sesuai style anda sehingga penonton akan merasa lebih nyaman.

 

  1. Tunjuk Sesuatu dari Layar Presentasimu

Untuk menekankan satu bagian penting?? Selain dengan menggunakan intonasi nada yang berbeda, kita juga bisa menggunakan trik dengan menunjuk bagian penting tersebut pada layar prensentasimu. Dengan melakukan gerakan tersebut secara otomatis penonton akan melihat kemana jarimu menunjuk sehingga perhatian lebih terpusat kepada bagian yang ingin kamu tekankan.

 

  1. Gunakan Gerakan Terbuka dan Berjalan ke Arah Penonton

Gerkan ini sangat berguna untuk meningkatkan partisipasi dari penonton. Presentasi kita akan lebih monotone dan “garing” tanpa adanya partisipasi penonton. Dengan gerakan ini kita berusaha mendekati penonton sehingga keberadaan penonton akan terasa sangat penting. Memang butuh sedikit usaha lebih untuk melibatkan penonton dalam presentasi kita.

 

  1. Ambil Jeda dan Bernafas Perlahan

Gerakan ini sangat berguna untuk menenangkan diri. Terutama saat kita dihadapkan dengan pertanyaan sulit. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kamu waktu untuk berfikir. Setelah melakukan gerakan ini, jawablah pertanyaan yang sulit tersebut dengan menatap mata penanya. Dengan gerakan ini pertanyaan yang sangat susah akan terlihat mudah bagi anda.

 

  1. Gunakan Gesture (Gerakan) Positif

Untuk membuat penonton tertarik kepada presentasi kita, menggunakan gerakan postif sangatlah penting. Gerakan positif ini bisa berupa anggukan, menirukan suatu gerakan, senyuman, dll. Dengan melakukan gerakan positif ini penonton akan merasa lebih nyaman karena semua yang kita berikan bersifat positif.

 

Sekian ulasan mengenai 10 body language yang mebuat presentasi kita lebih menarik. Tentu saja untuk mempraktekannya butuh latian yang banyak. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, memperluas wawasan dan menambah pengetahuan baru bagi kita semua.

 

SEMOGA BERMANFAAT

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *