Macam – macam Gerakan Yoga Agar Awet Muda

cropped-FB_IMG_1439823224955.jpgYoga merupakan salah satu olahraga ringan terbaik untuk relaksasi dan menentramkan pikiran. Khasiatnya dalam relaksasi ini memang sudah diketahui banyak orang sejak lama. Karena dulunya yoga dikenal hanya dengan duduk dan melakukan relaksasi.

Pikiran yang tenang dan rileks akan membuat stres dan tekanan pikiran hilang. Ujung-ujungnya, Anda akan terlihat awet muda karena pada kenyataanya, stres dan tekanan pikiranlah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya penuaan.

Banyak orang menilai bahwa yoga tidak begitu bermanfaat untuk kecantikan karena tidak begitu banyak gerakan seperti layaknya senam atau aerobik. Tapi pada kenyataanya, selain khasiat relaksasi untuk awet muda, yoga juga memiliki gerakan-gerakan tertentu yang mana gerakan inilah yang bisa membuat awet muda.

Hal ini disebabkan karena gerakan ini membuat sirkulasi atau aliran darah menjadi sempurna. Sehingga, oksigen dan nutrisi ke kulitpun bisa tersampaikan dengan baik. Inilah yang membuat kulit menjadi segar dan cerah. Selain itu, gerakan-gerakan yang juga melibatkan otot-otot tubuh ini juga membuat kulit menjadi kencang. Dengan kulit kencang, maka secara otomatis keriput dan garis penuaanpun bisa dihindari.

Lalu, apa saja gerakan dalam yoga yang bisa membuat awet muda tersebut?

Shoulder Stand

handler stand
Shoulder Stand

Dalam yoga, gerakan ini termasuk mudah jika Anda mau belajar keras untuk berlatih. Berbaringlah dilantai dan angkat kaki secara perlahan-lahan ke atas hingga membentu garis lurus. Jadikan kedua tangan sebagai menopang dengan cara meletakkan kedua tangan di bagian punggung bawah dengan jari melebar agar lebih efektif dalam menopang. Turunkan kaki secara perlahan-lahan setelah mencapai 2-3 menit.

Downward facing dog

downword facing dog
Downward Facing Dog

Dibandingkan Shoulder stand,gerakan Downward facing dog termasuk gerakan yang lebih mudah dibandingkan shoulder stand karena Anda hanya melakukan gerakan setengah telungkup. Meski begitu, jika tidak serius dan berlatih, gerakan inipun akan terasa susah.

Ya, buat posisi tubuh setengah telungkup dan meletakkan letakkan telapak kaki dan tangan di atas lantai. Usahakan bagian tumit mencapai lantai dan bisa menempel di lantai dengan sempurna. Bagian inilah yang dirasa agak sulit dari teknik gerakan Downward facing dog ini. Posisi ini akan membuat bokong sedikit menyungging tau menghadap ke atas. Bawa kepala Anda ke bagian bawah hingga Anda bisa melihat dengan jelas kedua lutut.

Forward bend

forward bend
forward bend

Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri, kemudian turunkan atau bungkukkan badan sampai tangan menyentuh jari kaki. Rapatkan wajah ke kaki hingga hampir mencium lutut atau bagian betis. Tahan posisi ini hingga setidaknya 30-45 detik. Setelah itu tegakkan kembali tubuh secara perlahan-lahan.

Selain beberapa gerakan tersebut, salah satu gerakan yoga lain yaitu plow juga bisa Anda lakukan. Gerakan ini menjadi salah satu gerakan yang susah dilakukan, tetapi jika Anda mau belajar, gerakan ini bisa dikuasai dalam beberapa waktu saja.

Langkah-langkah untuk membuat gerakan ini yaitu dengan posisi berbaring di lantai :

  1. Perlahan-lahan angkat kaki ke atas hingga hampir menyentuh wajah
  2. Letakkan tangan di sisi badan begitu saja.
  3. Turunkan perlahan-lahan setelah lebih kurang 45 detik.

Beberapa gerakan tersebut ternyata tidak hanya membuat aliran darah, oksigen dan nutrisi menjadi lancar, tetapi juga efektif membakar lemak sehingga membuat tubuh langsing ideal. Bagi pemula, gerakan di atas memang sulit dilakukan. Tapi dengan latihan beberapa kali saja bersama tentor atau ahlinya, maka Anda tentu sudah bisa menguasainya dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *