Lakukan Prinsip Dasar Ini Sebelum Anda Memulai Public Speaking

Lakukan Prinsip Dasar Ini Sebelum Anda Memulai Public Speaking
Lakukan Prinsip Dasar Ini Sebelum Anda Memulai Public Speaking

Dalam public speaking, tujuan dari apa yang anda ingin bicarakan tidak perlu disembunyikan dan disimpan. Tentu, hal ini kemudian menuntut anda agar mengetahui secara jelas sebelum berbicara di depan audiens, apa tujuan public speaking anda pada saat itu. Apa yang ingin anda bicarakan dan untuk tujuan apa.

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai menyusun segala macam hal yang anda perlukan dalam aktivitas public speaking yang ingin anda lakukan, maka mulailah dalam pikiran anda memikirkan akan akhir seperti apa yang anda inginkan dari aktivitas public speaking anda nantinya.

Cobalah menjawab pertanyaan seperti, “Apa tujuan dari materi anda?”, “Apa yang anda ingin audiens dapatkan dari materi anda?”, “Apa yang anda harapkan audiens akan lakukan usai mendengar materi anda?”. Pertanyaan seperti ini dan sejenisnya akan sangat membantu anda untuk memperjelas, apa yang ingin anda lakukan mulai saat ini, nanti, dan seterusnya.

Mulailah dengan menentukan tujuan dari materi dan apa yang ingin anda sampaikan ketika anda mempersiapkannya.  Tujuan itu bisa berupa memperkenalkan produk bisnis yang ingin anda buat, menginspirasi audiens anda, membuatnya menyetujui dan melakukan apa yang anda katakan, dan lainnya. Perlu diingat, bahwa aktivitas presentasi atau public speaking yang anda lakukan adalah untuk memberi, bukan sekedar memperoleh atau mendapatkan.

Karena itulah, tujuan dari presentasi anda harus sesuai dengan keuntungan yang akan didapatkan oleh audiens dari public speaking anda. Di sisi lain, setting dari tujuan anda pun harus jelas, baik untuk anda sendiri maupun audiens anda. Karena itu menjadi penting untuk menyampaikan tujuan dari apa – apa yang ingin anda sampaikan kepada audiens sebelum menyampaikannya kepada mereka. Kesamaan frekuensi antara anda dan audiens sangat penting untuk menjamin dan membantu agar transfer informasi dan materi menjadi baik dan sempurna.

Salah satu kesalahan terbesar dalam public speaking adalah ketika anda memulai aktivitas ini dengan satu tujuan yang keliru, tidak jelas, dan juga tidak cukup berharga. Hal ini pada akhirnya akan memberikan rasa takut mempengaruhi anda sehingga anda melihat bahkan aktivitas public speaking ini menjadi sangat menakutkan dan tidak menyenangkan.

Banyak pembicara yang mendefinisikan tujuannya dalam melakukan aktivitas public speaking atau ketika menyampaikan materinya ini adalah untuk mendapatkan pengakuan dan penerimaan dari audiens, yang berujung pada harapan untuk menjadi terkenal.

Padahal tujuan seperti ini adalah sebuah tujuan yang keliru, salah, dan tentu tak berharga. Tujuan seperti ini justru akan membuat seorang pembicara menjadi tertekan dan terbebani dengan sebuah pemahaman bahwa ia harus menjadi seorang yang sempurna di hadapan audiensnya agar bisa mencapai tujuan akan keterkenalan tadi, padahal pada faktanya tiada kesempurnaan ketika berada di depan audiens. Hasil dari rasa tertekan dan terbebani tersebut menjadi satu rasa stress, dan justru memunculkan rasa stress dan ketakutan itu sendiri terhadap public speaking sekaligus kegagalan.

Karena itulah, ketika anda sudah mampu mendefinisikan dan menentukan apa tujuan anda, maka anda bisa dengan mudah menyusun dan menentukan berbagai macam persiapan untuk aktivitas public speaking anda. Sekali lagi, bahwa aktivitas public speaking adalah sebuah aktivitas untuk memberikan sesuatu, bukan mendapatkan sesuatu.

Ketika anda berjalan dan melakukan sesuatu berdasarkan pada hal ini, termasuk dalam aktivitas public speaking ini maka secara otomatis bahasa tubuh, materi yang anda siapkan, suara, dan lainnya akan menyesuaikan agar mampu memberikan yang terbaik kepada audiens anda. Dengan seperti itu, anda akan dengan mudah menarik perhatian dari para audiens serta membuatnya nyaman untuk berdiskusi dengan anda.

Intinya adalah bahwa sebelum anda bahkan mempersiapkan isi materi anda, maka anda harus memperjelas apa tujuan anda dalam menyampaikan materi kepada audiens anda. Kemudian tentukan tujuan serta keuntungan yang akan di dapat, bukan hanya untuk anda, tapi yang terpenting adalah untuk audiens anda.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *