Inilah Jenis Dukungan Pendidikan Anak Sesuai Gaya Orang Tua

Inilah Jenis Dukungan Pendidikan Anak Sesuai Gaya Orang Tua
Inilah Jenis Dukungan Pendidikan Anak Sesuai Gaya Orang Tua

Setiap anak yang lahir ke dunia adalah pribadi yang unik, sehingga mereka berbeda satu sama lainnya. Berbeda anak, tentu berbeda pula gaya pengasuhan yang dapat diterapkan. Kalau ditanya, apa gaya pengasuhan yang paling pas Anda terapkan di rumah? Jika belum mengetahuinya, berikut ini macam-macam tipe pengasuhan Orangtua :

  1. Ambitious Commander

Orangtua tipe ini merupakan Orangtua yang proaktif, Anda mengupayakan semaksimal mungkin kemampuan anak untuk mendapatkan hasil terbaik bahkan cenderung memaksa. Orangtua tipe ini mendominasi keputusan anak terhadap pendidikan mereka, misalnya dalam memilih sekolah atau tempat kursus.

  1. Silent Achiever

Anda adalah Orangtua yang proaktif dan ambisius namun tetap memberikan kesempatan bagi anaknya untuk berpendapat. Dibandingkan dengan tipe Ambitious Commander, tipe ini lebih mendorong anak secara diam-diam dan tidak terkesan memaksakan kehendak, Anda mengawasi anak dari jauh tanpa melibatkan diri terlalu dalam.

  1. Short Term Worrier

Orangtua tipe ini bertindak reaktif yakni baru bertindak jika melihat ada sesuatu yang salah dengan anaknya, misalnya ketika anak mendapatkan nilai jelek dalam mata pelajaran bahasa Inggris, Orangtua tipe ini baru mencarikan tempat les untuk anaknya. Tipe ini lebih banyak khawatir terhadap tantangan masa depan untuk anaknya.

  1. Happy Go Lucky

Tipe terakhir merupakan tipe Orangtua yang santai. Anda melengkapi kebutuhan anak sesuai dengan kemampuan dan minat anak Anda, mereka juga tidak khawatir terhadap tantangan yang dihadapi anak di masa depan serta percaya terhadap kemampuan dan talenta anak.

Tetapi, apapun tipe Anda sebagai Orangtua, berikan dukungan pendidikan bagi anak Anda dengan memasukkan anak ke sekolah mau pun tempat kursus berkualitas.

Tentunya hal ini menjadi salah satu perhatian bagi terutama bagi Orangtua tipe Ambitious Commander dan Silent Achiever yang berambisi anaknya sukses di masa depan. Orangtua tipe short-term-worrier juga tidak perlu khawatir akan perkembangan anaknya selama belajar di kelas, Anda bisa memantau kegiatan anak Anda secara langsung melalui smart phone maupun tablet.

Anda tipe happy go lucky? Tenang saja, Anda juga akan merasa tenang karena anak mereka belajar dengan cara menyenangkan melalui berbagai kegiatan di kelas dan di luar kelas bersama guru yang menyenangkan.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *