Inilah 7 Tips Jitu Berlatih Yoga di Rumah

Inilah 7 Tips Jitu Berlatih Yoga di Rumah
Inilah 7 Tips Jitu Berlatih Yoga di Rumah

Yoga terbukti memiliki banyak manfaat. Mulai dari memperbaiki postur, menjaga kelenturan tubuh, hingga membuat tubuh bugar dan tekanan darah stabil. Sayangnya, tak semua orang bisa berlatih yoga setiap hari. Entah karena alasan kesibukan atau ragu untuk berlatih sendiri di rumah lantaran takut cedera.

Berikut 7 tips berlatih yoga di rumah :

  1. Ciptakan area nyaman untuk berlatih

Jika Anda memiliki sebuah ruangan lebih yang bisa dipakai untuk berlatih yoga tentu sangat baik. Namun jika tidak, Anda hanya perlu mencari area kosong yang cukup lapang serta sepi dan tenang. Anda bisa melengkapinya dengan lilin untuk menciptakan atmosfer yang Anda sukai. Pernik tersebut hanyalah pelengkap, bukan yang utama.

Pada dasarnya Anda bisa berlatih yoga di mana saja. Hanya pastikan areanya cukup lapang sehingga Anda tak perlu membentuk meja, bangku, atau interior lainnya selama berlatih. Carilah spot favorit Anda dan mulai berlatih!

  1. Lengkapi perlengkapan yoga Anda

Yang Anda perlukan hanyalah yoga mat (alas), lebih diutamakan yang antiselip. Ada banyak jenis yoga mat yang dijual bebas. Namun menggunakan alas yang antiselip dan tak licin tentu akan lebih baik.

Anda juga boleh menambahkan kotak (block) untuk berlatih. Tapi itu bisa digantikan oleh buku. Keluarkan kreativitas Anda dan tetaplah berlatih.

  1. Pastikan aman dan terhindar dari cedera

Selalu perhatikan batasan Anda dan sadari area tubuh yang paling rentan, terutama di bagian lutut, pinggul, tulang belakang, dan leher. Jika Anda merasa sensasi nyeri, sesuaikan dan perhalus gerakan, bahkan hentikan pose jika perlu. Jangan memaksa melakukan pose jika nyeri terasa.

Lakukan pemanasan yang cukup sebelum mencoba beberapa pose lanjutan, dan selalu periksa apakah Anda baik-baik saja ketika melakukannya. Selalu dalam keadaan sadar ketika beralih dari satu pose ke pose lainnya. Kondisi ini berpotensi menimbulkan bahaya jika kita tidak benar-benar fokus ketika melakukannya.

  1. Pilih gaya yoga

Ketika berada di atas alas yoga, tanyakan ini pada diri sendiri, “Apa yang diperlukan tubuh dan pikiran saya?”

Gerakan aktif yang membuat keringat mengucur atau gerakan halus yang membantu meredam tubuh dan pikiran? Jika Anda tak tahu harus memilih yang mana, ikuti dorongan hati saja. Semakin sering berlatih, Anda akan semakin belajar tentang efek dari gerakan yang berbeda. Dengan demikian Anda semakin mengenali apa yang diperlukan tubuh dan pikiran pada saat yang berbeda.

  1. Nikmati latihan Anda

Jangan lakukan secara berlebihan. Jika Anda tak menikmati latihan yoga maka Anda tak akan mampu mempertahankannya.

  1. Selalu rileks, lakukan Savasana setelah berlatih

Penting untuk memberi waktu bagi tubuh untuk beristirahat setelah berlatih yoga, karenanya lakukan pose mayat (Savasana). Sistem saraf memerlukan waktu untuk berasimilasi dengan manfaat menenangkan yang didapat selama berlatih. Terkadang Anda akan merasa tak perlu terkoneksi dengan apa pun setelah berlatih yoga, terutama setelah latihan intens.

  1. Berlatih secara rutin

Meski hanya sekali dalam seminggu, latihan yoga yang Anda lakukan secara rutin akan memberi manfaat. Berlatih 3 kali seminggu juga baik, dan jauh lebih baik jika dilakukan setiap hari. Pilih periode latihan yang paling pas untuk Anda. Jika Anda sangat peduli pada proses meraih tujuan, ada baiknya berlatih 3 kali seminggu dan kembangkan rasa bangga terhadap diri Anda ketimbang memaksa berlatih tiap hari namun tak menikmatinya.

Perasaan gagal menjaga pola latihan ketika Anda melewatkan satu sesi biasanya akan membuat Anda semakin sering bolos. Jadi jujurlah pada diri sendiri, tetapkan tujuan yang realistis, dan lakukan semampu Anda. Berlatih yoga 10 menit setiap sesinya juga tetap berharga.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *