Inilah 21 Macam Phobia Terunik di Dunia

Inilah 21 Macam Phobia Terunik di Dunia
Inilah 21 Macam Phobia Terunik di Dunia

Fobia adalah rasa berlebih yang dirasakan seseorang terhadap suatu hal atau suatu fenomena. Biasanya, fobia ada karena dipicu rasa trauma atau hal-hal lainnya. Yang pasti, tak ada satu orang pun di dunia yang bebas dari fobia karena di dunia ini tercatat ada lebih dari 500 jenis fobia. Berikut inilah beberapa fobia yang paling aneh :

  1. Ombrophobia

Kalau buat orang normal hujan itu sesuatu yang menyenangkan, buat para penderita Ombrophobia, hujan adalah sesuatu yang mengerikan. Mereka bahkan bisa menjerit ketakutan saat terkena tetesan hujan, atau cuma bisa meringkuk di rumah saat hujan turun.

  1. Pogonophobia

Ini adalah phobia yang diderita perempuan, yaitu ketakutan berlebihan saat melihat pria berjenggot. Belakangan, hasil penelitian terbaru menyebut kalau jumlah pengidap phobia ini meningkat.

  1. Ergophobia

Ergophobia adalah ketakutan terhadap pekerjaan. Bukan yang benci pekerjaan, tapi ketika kamu merasa takut saat harus bekerja sama dalam kelompok, memimpin kelompok atau berbicara di depan umum. Kesimpulannya, kamu takut terhadap pekerjaan.

  1. Trypophobia

Kamu pernah merinding saat melihat lubang-lubang seperti pada sarang tawon, bunga lotus atau kue donat? Kalau iya, bisa jadi kamu mengidap trypophobia atau tasa takut terhadap sesuatu yang berlubang.

  1. Glophobia

Ini adalah fobia terhadap balon. Kamu bakal ketakutan saat ada di pesta yang didekorasi dengan balon-balon. Kalau ada temanmu yang menggosokkan balon ke rambut, kamu bisa ketakutan banget.

  1. Xanthophobia

Ini adalah ketakutan yang aneh berikutnya. Pengidap Xanthophobia memiliki rasa takut berlebihan dengan warna kuning, bahkan bisa berteriak-teriak cuma karena mendengar warna kuning. Kebanyakan, penderita Xanthophobia memiliki trauma dengan warna kuning pada masa kecil mereka, sehingga warna kuning jadi trauma mengerikan bagi mereka.

  1. Ancraophobia

Penderita Ancraophobia merasakan ketakutan berlebih terhadap angin. Mereka biasanya memilih berlindung dari angin saat merasa angin di luar terlalu kencang.

  1. Anthophobia

Buat kebanyakan orang, bunga adalah sesuatu yang cantik. Tapi tidak bagi para penderita Anthophobia. Meski bagi mereka bunga tidak sampai menimbulkan ancaman, tapi bunga menimbulkan kecemasan dan kegelisahan buat mereka.

  1. Hylophobia

Kebanyakan penderita fobia ini pernah mengalami penyerangan saat berada di hutan, sehingga mereka memiliki rasa takut yang tidak wajar terhadap pohon dan benda-benda yang terbuat dari kayu.

  1. Venustraphobia

Semua cowok pasti suka cewek cantik. Tapi malang bagi cowok penderita Venustraphobia, karena ia justru merasa takut terhadap perempuan cantik. Biasanya, fobia ini muncul karena ia mengalami trauma atau kejadian buruk yang melibatkan perempuan cantik.

  1. Triskaidekaphobia

Ketakutan ini cenderung berbau takhayul, karena para penderitanya memiliki rasa takut dan gelisah terhadap hal-hal yang berbau angka 13 dan takhayul.

  1. Pentheraphobia

Meski kedengarannya lucu, tapi bagi yang mengalaminya sendiri, phobia ini sama sekali tidak lucu lho. Penderita Pentheraphobia mengalami ketakutan berlebihan saat menghadapi ibu mertua mereka. Saat harus menghadapi ibu mertua, biasanya penderita fobia ini akan merasa cemas, takut dan mual karena merasa ia khawatir dirinya akan melakukan hal-hal yang memalukan.

  1. Geliophobia

Bagi kebanyakan orang, tertawa adalah cara menghilangkan beban emosi, bahkan bisa jadi terapi. Sayangnya, bagi penderita Geliophobia, gelak tawa orang di sekitarnya bisa menimbulkan rasa cemas berlebihan.

  1. Heliophobia

Para penderita Heliphobia bakal tak bisa menghindar dari julukan sebagai vampir. Pasalnya, mereka takut terhadap matahari dan sinarnya, sehingga akan memilih berdiam diri di rumah. Bahkan, mereka akan menutup celah-celah rumahnya agar tak ada sinar matahari yang masuk.

  1. Arachibutyrophobia

Para penderita phobia ini tak bisa menikmati enaknya selai kacang. Ia bakal malu kalau makan selai kacang, yang lalu menempel di bagian atas mulutnya. Karenanya, sebisa mungkin ia akan menghindari makan selai kacang seumur hidup.

  1. Bromidrosiphobia

Sangat wajar kalau kamu merasa malu saat badanmu bau karena keringat berlebih. Tapi, penderita Bromidrosiphobia merasa masalah ini merupakan masalah besar. Ia selalu dihantui rasa takut akan dijauhi orang karena bau badannya sangat bau.

  1. Catoptrophobia

Penerita fobia ini takut terhadap cermin dan sebisa mungkin akan menghindari cermin. Ketakutan yang dialaminya biasanya akan dihubungkannya dengan kepercayaan tertentu. Ia merasa takut ketika bercermin karena merasa nasib buruk bisa menimpanya, bahkan ia merasakan ketakutan kalau ia terhisap dan terkurung ke dalam cermin.

  1. Haphephobia

Penderita fobia ini akan merasa cemas, tak nyaman, mual, panik dan berkeringat kalau disentuh orang lain karena merasa ada pelanggaran ruang privasi. Meski cuma sekadar tepukan, ia bisa memberi respon negatif. Bisa jadi, penderita fobia ini pernah mengalami trauma seperti pelecehan atau kekerasan fisik.

  1. Ichthyphobia

Ikan adalah makanan yang kaya vitamin, tapi penderita Ichthyphobia sangat ketakutan pada ikan. Ia takut saat melihat mata ikan yang sangat besar dan tubuh ikan yang berlendir. Sebisa mungkin ia akan menghindari laut ataupun santapan yang terbuat dari ikan.

  1. Decidophobia

Phobia ini membuat seseorang tak berani mengambil keputusan. Penderita Decidophobia biasanya cenderung menyerahkan keputusan dalam hidupnya pada orang tua, pasangan, atau pemimpin keagamaan dan organisasi di sekiarnya. Biasanya, penderita Decidophobia memiliki trauma karena pernah mengalami kejadian yang kelam berhubungan dengan pengambilan keputusan.

  1. Domatophobia

Penderita fobia ini biasanya mengisolasidiri dari lingkungan sekitarnya. Tapi, ia merasa takut jika harus tinggal dalam rumah. Ia harus tinggal di gua atau di kandang alami. Kedengarannya konyol, tapi hal ini sangat fatal.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *