Inilah 10 Tips Jitu Berbicara di Depan Umum

Inilah 10 Tips Jitu Berbicara di Depan Umum
Inilah 10 Tips Jitu Berbicara di Depan Umum

Cara berbicara di depan umum atau yang dikenal Public Speaking adalah sebuah seni bagaimana seorang Public Speaker dalam berkomunikasi dengan tujuan menyampaikan sebuah pesan kepada publik atau audiens.

Tata cara berbicara di depan umum oleh setiap pribadi memiliki karakteristik yang berbeda dan isi pesan yang diberikan pun beraneka ragam, misalnya memberi pengaruh yang baik, memotivasi, memberi edukasi, menghibur, menyampaikan sebuah informasi penting dan menceritakan sebuah kisah yang memiliki sebuah pembelajaran.

Apakah semua Public Speaker memiliki sebuah bakat alami dalam dirinya?

Dalam hal ini dapat dikategorikan menjadi 2 bagian :

Yang pertama adalah talenta. Contohnya pada beberapa public figur yang memiliki bakat alami untuk berbicara secara luwes dan profesional, namun hal ini juga ditunjang dengan jam terbang mereka.

Yang kedua Anda dapat menjadi seorang Public Speaker melalui sebuah pelatihan atau pendidikan sekolah / kursus / seminar yang di didik secara profesional.

Apa keuntungan seseorang mempelajari Public Speaking?

 Memiliki nilai lebih dalam perjalanan karier

 Meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam bersosialisasi

 Mempengaruhi cara seseorang saat presentasi

 Kemampuan untuk berpidato, membuka kata sambutan

 Menambah kreativitas dalam penyampaian mengajar

 Menambah penghasilan sampingan sebagai MC, Presenter, atau Moderator

Pentingnya menambahkan sebuah skill dan pengertian dalam Public Speaking tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi para audiens. Sebagai seorang Public Speaker, Anda tidak hanya dapat mengandalkan kualitas dari materi yang akan disampaikan.

Materi Public Speaking memang menjadi pesan utama dalam memberi pesan kepada audiens, namun apabila tidak diberi bumbu-bumbu didalam cara penyampainya, maka audiens Anda cenderung akan cepat bosan dan segera memalingkan perhatiannya pada hal lain. Apalagi kalau Anda mendapat kesempatan untuk berbicara didepan umum selama 1 jam. Kreativitas Anda akan menjadi faktor pendukung penting sehingga maksud dan tujuan Anda dapat tercapai dan diserap oleh audiens.

Berbicara di depan umum dianggap sebagai ketakutan terbesar dalam hidup seseorang, bahkan melebihi rasa takut pada kematian.

Bagi Anda yang senang mengembangkan kemampuan dalam Public Speaking akan memiliki nilai tambah positif diantara para rekan-rekan Anda ataupun didalam sebuah forum. Dengan meningkatkan jam terbang Anda, maka akan semakin banyak pengetahuan dan teknik yang dapat Anda kembangkan di dalam setiap perfomance.

Profesi apa saja yang membutuhkan skill Public Speaking?

 Professional

 Pebisnis

 Director / Manager

 Moderator

 Politisi

 Guru / Dosen

 Supervisor

 Marketing

 Presenter / MC

 Public Relation (PR)

 Mahasiswa / Mahasiswi / Pelajar

 dan bagi siapapun yang ingin mengasah skill sebagai seorang Public Speaker

Apabila saat ini Anda yang sedang ingin mengembangkan kepercayaan diri Anda dalam Public Speaking, berikut ini adalah beberapa tips berbicara di depan umum yang dapat Anda persiapkan terlebih dahulu dan dapat Anda aplikasikan dalam keseharian Anda.

  1. Untuk menjadi pembicara yang baik Anda dapat memulainya menjadi pendengar yang baik. Sadar atau tidak sadar, lawan bicara Anda akan merasa lebih nyaman ketika Anda dapat menjadi pendengar yang baik. Semakin Anda banyak mendengar, semakin banyak informasi yang Anda miliki dan dapat Anda pelajari.
  1. Hindari untuk memotong sebuah pembicaraan saat berkomunikasi karena hal ini dapat mengubah atmosfer sebuah percakapan menjadi tegang dan tidak efektif. Point ini akan melatih Anda untuk memiliki sikap respon yang baik saat audiens Anda melemparkan sebuah pertanyaan.
  1. Tips berkomunikasi dengan mengajukan sebuah pertanyaan akan membuat sebuah percakapan menjadi lebih hangat. “Oh ya..saya juga sempat mendengar kabar tersebut. Menurut saya….bagaimana pendapat Anda?”
  1. Berikan jeda 3 detik dalam sebuah percakapan sebelum Anda merespon kepada lawan bicara Anda. Cara ini akan membuat lawan bicara Anda lebih tenang ketika berkomunikasi dengan Anda.
  1. Jangan menghakimi lawan bicara apabila Anda merasa tidak setuju dengan apa yang mereka sampaikan. Lebih baik Anda memberikan sebuah saran atau solusi.
  1. Simpan ponsel Anda saat Anda sedang berbicara dengan seseorang. Sebuah percakapan tidak akan efektif ketika seseorang berbicara sambil melakukan text message atau apapun itu. Anda dapat meminta ijin kepada lawan bicara Anda daripada Anda berbicara sambil mata melirik kepada ponsel.
  1. Berikan sedikit senyuman kecil saat Anda mendengarkan orang lain. Ingat sedikit saja ya. Dan jangan lupa tatapan mata dengan lawan bicara Anda. Hal ini dapat menumbuhkan rasa kepercayaan seseorang kepada diri Anda dan menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka.
  1. Belajar berikan pujian, untuk yang satu ini harus tulus dari hati Anda. Hal ini dapat melatih Anda untuk mudah memberikan energi positif saat Anda menyatu dengan para audiens. Tentunya Anda tidak ingin menjadi pribadi yang berbeda disaat Anda berada dibawah panggung.
  1. Gunakan setiap kesempatan yang ada. Apabila Anda mendapat kesempatan untuk berbicara didepan umum, jangan tolak terlebih dahulu. Ini adalah signal baik bagi Anda, manfaatkan kesempatan yang ada untuk menambah jam terbang Anda.
  1. Rajin membaca sesuai materi atau bidang pekerjaan Anda. Menggali serta memiliki pengetahuan yang luas sesuai bidang yang Anda geluti akan sangat menolong Anda pada saat performance. “Seperti sebuah folder dalam komputer yang kaya akan dokumen” Apabila Anda tidak pernah mengisinya maka tidak ada yang dapat dikeluarkan dalam kata-kata.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *