Hypnoparenting Untuk Anak Kecanduan Game Online

Hypnoparenting Untuk Anak Kecanduan Game Online
Hypnoparenting Untuk Anak Kecanduan Game Online

Perkembangan dunia teknologi belakangan ini memang cukup pesat. Dalam banyak hal memang memberikan dampak yang positif dan manfaat yang besar bagi sebagian besar manusia. Namun demikian, disisi lain juga tidak terelakkan bahwa ada juga dampak negatif yang muncul seiring berkembangnya teknologi ini.

Salah satu dampak teknologi yang berpotensi memberikan dampak negatif adalah game, seperti game online dan sebagainya. Para orang tua, mungkin khawatir dengan anak-anaknya, terutama yang masih kecil. Oleh karena itu, orang tua hendaknya mengarahkan dan mengontrol anaknya sebaik mungkin. Ada baiknya pula jika mengetahui cara mengatasi kecanduan game online.

Hingga saat ini memang sudah banyak cerita mengenai orang-orang yang kecanduan dengan permainan hasil karya teknologi ini, dan salah satu yang paling banyak adalah kecanduan pada game online. Hal ini ternyata tidak hanya terjadi pada anak-anak, dalam sebagian kasus bahkan orang yang sudah dewasa pun bisa mengalami hal ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan terapi sederhana yang dapat dilakukan untuk Mengatasi kecanduan game online khususnya pada anak-anak. Sebab, bisa dibayangkan apa jadinya anak-anak nantinya jika pada usia keemasannya justru malah kecanduan pada permainan yang berpotensi besar membuatnya kurang produktif ini.

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Game online hanyalah satu dari sekian contoh permainan yang membuat anak-anak kecanduan, atau seolah tidak bisa lepas darinya. Terapi sederhana yang kami bagikan ini juga dapat diaplikasikan untuk kasus-kasus atau hal yang lain yang sejenis. Hal ini penting untuk kita ketahui bersama untuk menjaga anak-anak dan orang-orang disekitar kita dari dampak negatif salah satu aplikasi teknologi ini

Ada beberapa dampak negatif ketika seseorang sudah kecanduan dengan game online ataupun dengan permainan-permainan jenis lainnya, seperti game HP, atau game komputer dan sebagainya. Salah satu yang paling kentara adalah produktifitas anak menjadi menurun. Disamping itu, kemampuan anak untuk berkonsentrasi pada hal-hal diluar game itu sendiri juga terganggu. Jika hal ini terjadi pada anak-anak, jelas akan mengakibatkan penurunan prestasi pada anak yang bersangkutan. Oleh karena itu, disinilah salah satu pentingnya bagi kita mengetahui cara untuk mengatasi kecanduan game online pada anak-anak.

Berikut terapi sederhana untuk membantu anak-anak agar terbebas dari kecanduan game :

Langkah pertama yang harus dipahami oleh orang tua adalah dengan mencermati bagaimana pola perilaku sang anak sehari-hari.

Bagaimana sang anak menggunakan waktunya sehari-hari. Satu kemungkinan yang logis saat anak sibuk bermain game online adalah terlalu banyaknya waktu luang yang dimiliki. Ketika terjadi demikian, berarti orang tua perlu menambah aktivitas anak sehari-hari dengan kegiatan yang produktif dan bermanfaat baginya. Tentu tetap dengan memberikan alokasi waktu bermain untuk anak.

Langkah kedua adalah dengan membuat kesepakatan baru dengan sang anak. Kesepakatan baru ini harus mengandung sistem ‘reward and punishment’.

Reward and punishment ini tidak harus diberikan secara rutin, bisa secara berkala. Tujuannya hanya untuk membentuk sebuah pola baru bagi sang anak. Misalnya “Ayah/ ibu tidak melarang kamu untuk bermain game, walaupun mulai sekarang, mama hanya memberikan batasan waktu dalam sehari maksimal 2 jam saja untuk kamu bermain game. Kalau selama 1 bulan kamu berhasil mengatur waktu kamu hanya bermain game selama 2 jam saja, Ayah/ ibu akan berikan kamu hadiah berupa…………. . Akan tetapi, kalau kamu selama 1 bulan tidak bisa membatasi waktu kamu, maka seluruh alat game kamu akan ayah/ ibu ambil.

Langkah ketiga adalah jadilah orang tua sebagai role model atau contoh yang baik bagi anaknya.

Usahakan dalam sehari-hari pun orang tua menggunakan waktunya dengan baik, dan apa aktivitas baik orang tua tersebut bisa dilihat atau dilakukan langsung oleh anak-anak (melibatkan mereka). Misalnya, orang tua membaca, mengaji, berkebun, menyapu, dan lain sebagainya.

Cara paling sederhana adalah dengan memasuki dunia anak. Banyak dari kita yang hanya melarang saja tanpa maumengenal terlebih dahulu dunia yang digemari mereka. Padahal dengan memasuki dunia yang mereka sukai kita bisa mendapatkan banyak cara untuk mendekati anak.  Mungkin awalnya kita akan bingung dan tidak mengerti dengan dunia mereka, agar mudah minta tolonglah pada buah hati kita untuk mengajari tentang permainan yang sangat dia sukai itu.

Anak pasti akan dengan senang hati melakukannya karena mereka akan mendapatkan teman bermain.  Apalagi jika itu orang terdekatnya anak akan merasa diperhatikan dan disayangi.  Jika kita sudah bisa masuk dalam dunia mereka akan terdapat keterikatan dengan sang anak, dan kita bisa dengan mudah mempengaruhi dia saat bermain bersama.

Demikian cara sederhana untuk membantu anak-anak agar terbebas dari kecanduan pada salah satu game, seperti game online misalnya.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *