Definisi Jati Diri Sendiri

Definisi Jati Diri Sendiri
Definisi Jati Diri Sendiri

Pengertian Jati Diri Sebagian orang berpendapat bahwa arti jati diri adalah suatu manifestasi ideologi hidup seseorang. Jati diri sendiri merupakan bagian dari sifat seseorang yang muncul dengan sendirinya mulai dari kecil, kemudian sifat bawaan kadang juga terpengaruh dengan faktor lingkungan tempat seseorang hidup dan dibesarkan. Kita tentu sudah tidak asing mendengar istilah seorang anak yang sedang mencari jati diri, hal ini sering terungkap karena dalam proses pembentukan karakter yang sebenarnya pada diri seseorang adalah pada masa pancaroba, yaitu masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa.

Cara Menemukan Jati Diri Dari pengertian jati diri yang sudah dipaparkan diatas, bahwasanya jati diri itu sendiri merupakan suatu manifestasi ideologi hidup seseorang, sehingga bagaiaman cara menemukan jati diri sendiri itu juga merupakan hak mutlak bagi seorang individu untuk menentukan jati dirinya sendiri. Ketika seseorang yang telah dapat memahami akan kemampuan dan kekuatan pada dirinya yang didasari dengan iman dan taqwa pada Tuhan, maka saat itulah seseorang sudah dapat dikatakan menemukan jati dirinya sendiri.

Mencari jati diri bisa didefinisikan dalam beberapa arti, tergantung dalam hal apa mencari jati diri yang kita maksud. Jika diartikan secara ilmiah, mencari jati diri berarti belajar mengenal diri kita sendiri beserta sifat-sifat kepribadian kita secara lahir.

Tetapi jika diartikan secara spiritual, mencari jati diri adalah belajar mengenal diri kita sendiri secara batin, siapa diri kita yang sebenarnya. Orang yang mengenal jati diri niscaya akan mengenal tuhannya, karena tuhan sangatlah dekat dengan diri kita sendiri.

Sebenarnya saya sendiri tidak tahu banyak tentang pelajaran mengenal jati diri ini, karena hal ini merupakan pelajaran spiritual yang sangat luas dan hanya bisa dipahami oleh orang-orang tertentu saja, tidak sembarang orang.

ilmu kebatinan, jatidiri, spiritual, mata batin

Namun saya bisa memberikan sedikit gambaran tentang apa sebenarnya yang dimaksud mencari jati diri secara batin, karena hal ini merupakan pelajaran khas orang jawa tempo dulu yang sering diajarkan oleh kakek nenek saya kepada anak cucunya.

Orang yang mencari jati diri bertujuan ingin melihat dirinya sendiri, baik hanya sekedar melihat wajahnya sendiri maupun melihat dirinya sendiri secara utuh dengan menggunakan mata batin. Manusia terdiri dari raga kasar dan raga halus, dan raga halus inilah yang kita cari.

Jika seseorang bisa melihat wajahnya sendiri atau melihat raga halus dirinya sendiri secara berhadap-hadapan di suatu dimensi tertentu, maka ia dikatakan telah mengenal jatidiri meskipun itu hanyalah masih sebagian saja dari pelajaran mencari jati diri.

Mencari jati diri merupakan pelajaran yang sangat luas yang tiada akhir dan manusia tidak akan pernah bisa mencapai puncak ilmu ini kecuali jika ia telah berpulang ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa kelak. Allahu’alam.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *