5 Cara atasi Gugup dan Grogi Saat Bicara di Depan Umum

5 Cara atasi Gugup dan Grogi Saat Bicara di Depan Umum

 

gerogi
grogi

 

Berbicara didepan orang banyak bagi sebagian orang merupakan sebuah masalah, sebab memunculkan rasa takut yang berlebihan, akibatnya badan menjadi gemetar, mulut menjadi susah berbicara, pikiranpun blank dan efeknya maka pesan yang ingin disampaikan dibanyak orang itu gagal.

Menjadi gagal, karena yang mau berbicara menjadi takut saat memulai berbicara. Gugup, mungkin ini kata yang pas untuk menggambarkan kondisi psikologis yang dialami oleh seseorang yang mengalami ketakutan saat berbicara didepan banyak orang.

Gugup memang sering dialami oleh setiap orang,Bagaimana dengan anda? apakah memiliki masalah gugup juga, anda bias berbahagia sekarang sebab ternyata anda ada temannya.

Saya akan bagikan lima langkah sederhana untuk mengatasi gugup saat bicara didepan banyak orang :

Pertama,

coba anda pikirkan apa manfaatnya jika anda berbicara didepan banyak orang itu. Anda coba cari apa saja keuntungan yang anda bias dapatkan kalau anda bisa berbicara dengan lancar didepan banyak orang itu. Kenapa saya memaksa anda mencari manfaat atau keuntungan?

sebab itulah alasan yang mampu menguatkan pikiran anda untuk mengurangi rasa gugup dan menggantinga dengan keberanian. Orang itu mau melakukan apapun asal ada keuntungannya, benar bukan?

Kedua,

rapikan pakaian anda, rapikan rambut anda, cuci bersih wajah anda. Persiapkan fisik anda, secara tampilan menjadi menarik. Perhatikan tampilan anda, apakah baju yang anda gunakan sudah bersih. Kalau menurut anda pakaian yang anda gunakan itu kurang cocok maka segera ganti dengan pakaian lain, kalau menurut anda menggunakan dasi dan jas itu membuat anda terlihat lebih rapi, maka pakailah dasi dan jas. Ketika secara tampilan anda sudah baik maka hal ini memicu pikiran bawah sadar anda untuk berbicara jauh lebih baik dari penampilan anda.

Ketiga,

pastikan anda menguasi dan memahami apa yang mau anda sampaikan. Memahami materi, itu adalah cara tercepat menghilangkan gugup. Coba deh, anda gugup itu karena merasa kurang memahami materi, atau karena khawatir salah dalam menyampaikan materi, ya kan? maka anda perlu paham, ingat ya, memahami berbeda dengan menghafal.

Keempat,

posisikan bahwa diri anda ingin memberi tahu “sesuatu” kepada mereka. Anda harus mengambil sikap bahwa anda memiliki sesuatu yang dibutuhkan oleh orang banyak itu, sehingga mereka pasti mendengarkan anda. Gugup terjadi, karena anda merasa bahwa anda tidak memberikan apa2,bahkan anda merasa bahwa mereka sudah tahu. Itu salah, mereka siap mendengarkan materi yang mau anda berikan, jadi berbicaralah dengan tenang.

Kelima,

berjanjilah untuk menghargai usaha anda. Berjanjilah kepada diri sendiri, bahwa kalau mampu berbicara dengan tenang maka pasti memberikan hadiah kepada diri sendiri. Hadiah bisa berupa makanan atau minuman, misalnya “kalau aku nanti bicara depan orang tenang, aku mau makan mie ayam diujung jalan”. Sebuah penghargaan kepada diri sendiri itu adalah hal yang sepele tetapi sering dilupakan oleh orang.

Anda harus mencobanya, dan anda bisa rasakan gugup itu menjadi hilang dan membuat anda menjadi “ketagihan” untuk bicara didepan banyak orang.

 

SEMOGA BERMANFAAT

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *