Cara Menumbuhkan Sikap Optimis

Cara Menumbuhkan Sikap Optimis
Cara Menumbuhkan Sikap Optimis

Sikap optimistis melahirkan banyak manfaat. Orang yang optimistis diketahui memiliki kemampuan mengendalikan stres lebih baik sehingga lebih rendah terserang stroke dibanding rekan-rekan mereka yang kurang optimistis.

Memiliki sikap optimistis memang mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Inilah 10 tip untuk hidup lebih optimistis. Berikut adalah paparannya :

  1. Bersyukur

Bersyukurlah atas apapun yang Anda dapatkan. Tidak hanya bersyukur pada rezeki, kebahagiaan, dan kenyamanan hidup, tetapi juga bersyukur saat diberi hambatan dan kegagalan. Hal itulah yang akan mengasah kebijaksanaan manusia. Itu pulalah yang mengajarkan manusia cara bertahan dan berusaha.

  1. Berbagi

Berbagi cerita kepada orang lain, baik cerita keberhasilan maupun cerita kegagalan. Berbagi cerita akan membuat kita menyadari bahwa kita tidak sendiri dalam perahu kehidupan ini. Itu pula yang akan menjadi ajang saling menguatkan dan memberi harapan.

  1. Memaafkan

Memaafkan memang tidak mudah, namun akan menghalangi ganjalan pada langkah Anda meraih masa depan. Lupakan kesalahan masa lalu dan buka kehidupan yang lebih positif dan bahagia.

  1. Jadi pendengar yang (lebih) baik

Mendengar yang tak hanya sekadar mendengar, tapi uga menyimak dan menelaah untuk mengambil lebih banyak pengetahuan. Pengetahuan dan keyakinan adalah bukti bahwa Anda aman dan positif dengan diri sendiri, sehingga memancarkan energi positif juga.

  1. Ubah rasa iri menjadi energi

Iri atas prestasi orang lain hanya akan menyakiti diri sendiri. Jadikan rasa iri sebagai cambukan bagi Anda. Yakinkan diri bahwa Anda juga bisa melakukan yang orang lain bisa lakukan.

  1. Perbanyak senyum, kurangi masam

Tersenyum tidak hanya merangsang orang di sekitar kita untuk ikut tersenyum. Tersenyum juga akan merangsang hormom serotonin (hormon bahagia) yang akan menemani Anda melewati hari terberat sekalipun.

  1. Olahraga, diet sehat, dan konsumsi Vitamin D

Ini mungkin saran umum, tapi kita semua membutuhkan beberapa bentuk olahrahga ringan dan paparan sinar matahari setiap hari. Jika Anda kurang mendapat sinar matahari, konsultasikan ke dokter Anda, barangkali Anda membutuhkan terapi sinar atau suplemen vitamin D. Jangan lupa, imbangi dengan asupan makanan sehat setiap hari. Energi yang kita dapatkan dari olahraga, diet sehat, dan paparan cahaya akan memberikan kita sikap alami yang positif. “

  1. Berpikir maju

Memiliki visi ke depan akan memberikan Anda bayangan untuk menemukan cahaya di setiap awan kesulitan. Yakinlah bahwa hari esok akan selalu lebih baik dari hari ini.

  1. Berhenti menyalahkan orang lain

Seringkali kita menyalahkan orang lain jika kita mendapatkan posisi yang tidak menguntungkan. Kita menggerutu soal ekonomi, politik, atasan kita, dan pihak lain dalam masalah kita. Pada kenyataannya, Andalah yang mengontrol diri Anda sendiri. Jika Anda sudah meyakini hal itu maka keoptimisan dalam meraih kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

  1. Pahami, masa lalu bukanlah catatan hitam untuk meraih masa depan

Kegagalan saat ini bukan berarti kegagalan masa depan. Jangan jadikan kegagalan masa lalu sebagai sandungan untuk Anda melangkah ke depan. Justru, kegagalan masa lalu adalah pembelajaran untuk meraih kesukesan di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *