Tips Menjadi Master di Topik yang Anda Bawakan dalam Public Speaking

Cara Menjadi Master di Topik Public Speaking yang Anda Bawakan

Master di Topik Public Speaking
Master di Topik Public Speaking

Untuk menjadi master dalam topik public speaking Anda, topik itu harus selalu diulang –ulangi. Latihan dan latihan adalah salah satu cara untuk menguasai topik yang akan anda bawakan. Berikut ada beberapa tips cara mudah untuk berlatih :

1. Bicara di cermin

Teknik ini sangat saya sukai karena ada manfaat lain saat Anda berbicara didepan cermin yakni Anda dapat melihat ekspresi wajah, posisi tubuh dan gerakan tangan Anda. Amat sering peserta seminar public speaking saya tercengang melihat wajahnya sendiri saat berbicara didepan cermin.

Bisa mengekspresikan mimik wajah sesuai dengan pesan yang akan disampaikan membantu mempertegas dan memperjelas arti serta makna dari pesan yang akan disampaikan. Audients Anda akan tahu yakin tidaknya Anda, sedih gembiranya Anda, serius tidaknya Anda dari Ekspresi yang Anda keluarkan dan bukan dari kata-kata yang Anda ucapkan.

2. Bicara kepada siapapun yang mau dengar

“ Pengulangan adalah ibu dari semua ketrampilan.” Semakin sering kita mengulangi sesuatu maka akan semakin paham dan mahir kita akan hal tersebut. Begitu juga dengan materi seminar yang akan Anda bawakan, saat Anda menceritakan kepada orang yang maka Andapun sendiri juga akan mendengarkannya.

Alangkah baiknya sebelum memulai “pertandingan besar” presentasi,training atau seminar yang akan Anda bawakan, bahan seminar ini sudah Anda ceritakan kepada orang-orang terdekat Anda seperti : istri,suami,anak,staf Anda, rekan kerja dan teman-teman Anda.

3. Bicara sementara berkendaraan

Ini adalah salah satu teknik yang efektif, selain untuk melatih dan mempersiapkan diri menjelang presentasi, seminar atau training yang akan saya lakukan teknik ini juga membantu untuk mengatasi kebosanan saat jalanan lagi macet. Saya biasanya akan menaikan kaca mobil, memasang ac dan memutar lagu dengan volume kecil, kemudian mulai berbicara sendiri.

4. Bicara saat mandi

Banyak orang memiliki kebiasaan bernyanyi sementara mereka mandi, sebaliknya saya justru berlatih membicarakan materi yang akan saya bawakan sementara mandi. Karena setiap hari kita akan mandi minimal dua kali maka dengan mengambil kesempatan untuk berlatih berbicara materi yang akan kita bawakan saat presentasi, training atau seminar dalam satu minggu itu berarti Anda telah melatih sebanyak empat belas kali.

5. Bicara setiap ada kesempatan

Ada begitu banyak orang yang merasa dunia ini seperti akan kiamat saat diminta untuk berbicara didepan umum,walaupun hanya untuk beberapa menit. Ini terjadi karena mereka belum memiliki ilmu dan ketrampilan untuk melakukannya. Oleh karena, jarang ada orang yang berani dan mau untuk mengabil kesempatan-kesempatan untuk berbicara di hadapan umum maka akan tersedia begitu banyak kesempatan, bagi  Anda yang mau mengambilnya sekalian sebagai sarana latihan.  Kesempatan yang sering kita temui seperti  : memeberi kata sambutan disekolah, upacra pernikahan, ulang tahun teman dan saudara, pemandu acara dan lain sebagainya.

 

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *