Cara Menjadi autoCAD Otodidak

Cara Menjadi AutoCAD Otodidak
Cara Menjadi AutoCAD Otodidak

Belajar autoCAD itu sebenarnya tidak sulit aslakan kita tekun saat belajarnya. ada pepatah mengatakan “dimana ada niat pasti¬† disitu ada jalan” jadi kita harus punya niat terlebih dahulu seperti layak nya mau sholat ada niat, mau makan ada niat tapi didalam belajar autoCAD gak ada hafalan tertentu untuk niatnya cukup didalam hati saja saya mau belajar autoCAD gitu aja mudah kan?.Sahabat sipil berdiri dengan niat yang baik ya semoga kedepannya bisa menjadi sumber solusi bagi kawan-kawan untuk belajar autoCAD. terus bagaimana kalau udah niat harus ngpain lagi?. ya belajar lah masak bilang wow sih :). belajar bisa kita mulai bisa dari buku ,kawan, guru, bisa juga browsing diinternet dan banyak lagi. Saya punya beberapa tips buat anda :

  1. Optimalkan penggunaan help file (f1)

anda belajar dengan kawan tapi kawannya gak ada, belajar dengan guru tapi gurunya tidak hadir, belajar lewat internet tapi internetnya tidak tersambung. jadi macam mana kalau gitu atau kita matikan komputer langsung tidur saja. pastinya  jangankan , anda masih punya referensi terbaik yang diberikan langsung oleh autoCAD, sebuah fitur help kita bisa menggunakannya dengan cara menekan f1. Disitu banyak sekali fitur yang diberikan dari basic sampai penyetakan nya pun ada.

  1. Pahami kinerja autoCAD

Memahami sesuatu hal jauh lebih baik dari menghafal. Jadi sangat penting untuk memahami kinerja autoCAD itu sendiri. Pada umumnya tools rectangel digunakan untuk membuat bentuk persegi jika itu kita sudah paham. Tapi jika kita belum paham maka kita pasti menggunakan line untuk membuat persegi tersebut sungguh repot kan. Itu lah manfaat kita memahami kinerja autoCAD itu. Jika kita sudah paham kinerja-kinerja autoCAD insaallah kita lancar untuk menyelesaikan gambar sesuai deadline.

  1. Terapkan manejemen pada autoCAD

Zaman sudah modern sekarang menggambar tidak lagi menggunakan meja gambar, menggambar manual menggunakan rapido, menarik garis menggunakan double ruler dulu memang itu masanya. Disaat gambar sudah hampir selesai ada kesalahan yang kita tidak sengaja mau tidak mau kita harus memulai dari awal sungguh menyakitkan. Tapi tenang itu dulu bukan sekarang kalu sekarang tinggal undo sudah beres. Kita harus menerapkan menejemen pada gambar kita. Misalkan dulu disaat membuat tampak depan terdiri dari 2 buah jendela kita harus membuat satu jendela terlebih dahulu baru kita membuat jendela satu nya lagi.

Tapi diautoCAD kita tidak melakukan itu lagi kita hanya perlu membuat satu jendela langsung kita save menjadi block jadi kita biasa load kapan pun mau 100 buah jendela pun bukan perkara sulit bukan?. Bayangkan kalau kita tidak menerapkan menejemen tersebutkita harus membuat satu persatu misalkan saja rumah jendelanya 15 berarti kita membuat 15 kali, sangat sayangkan jika kita tidak menggunakan menejemen dalam menggambar.

  1. Selalu berinovasi disaat menggambar

Banyak cara menggambar sebuah objek jangan selalu terpaku dengan buku, teman ataupun guru. Menggambar lah dengan cara ternyaman anda, bagaimana cara yang sangat nyaman bagi anda? Gunakan lah cara ternyaman itu. Berinovasilah jangan terlalu terpaku dengan satu hal, banyak jalan menuju roma. Kembangkan semua yang ada dipikiran anda karena inovasi andalah yang menunjukan kualitas anda.

  1. Search on internet

Banyak sekali diinternet penyedia konten-konten termasuk juga autoCAD. Blog-blog buah tangan dari putra-putri Indonesia juga banyak tersebar dengan kualitas yang tidak kalah dengan kualitas dengan web master luar negeri. Bisa kiata ambil contoh kita ketikan saja pada kotak search google dengan kata kunci tutorial autocad dengan hitungan detik sudah keluar ratusan blog web yang menyediakannya dan yang terpenting yaitu free alias gratis. Semoga bermanfaat untuk kita semua baik anda yang membaca ataupun saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *