Cara Menghadapi Orang yg Egois dan Keras Kepala

Cara Menghadapi Orang yg Egois dan Keras Kepala

 

orang egois
orang egois

Dalam kehidupan ini pastinya kita tinggal; dan bersosialisasi dengan bermacam macam orang yang memiliki latar belakang yang berbeda beda. Kadangkala orang orang yang kita kenal dan sering kita jumpai memiliki sifat yang berlainan antara satu dnegan yang lain. Karena di dunia ini tuhan menciptakan manusia yang berbeda satu sama lain meskipun manusia itu kembar sekalipun. Maka dari itu banyak sanak keluarga, kerabat guru,dosen, tekanan bisnis ataupun pacar di hidup kita memiliki sifat dan watak yang beragam. Hendaknya kita perlu memahami sifat dan watak dari mereka masing masing agar tidak terjadi kesalah pahaman dan cekcok diantara kita dengan orang tersebut. Mungkin  sering kita jumpai orang orang yang kita kenal sering dibilang memiliki watak yang keras kepala atau adat yang keras.

Sebenarnya apasih identifikasi orang yang keras kepala itu ?

Banyak dari kalangan kita ataupun diri kita sendiri yang mengalami masalah mungkin karena salah paham atau menahan prinsip yang mana yang paling benar. Sebetulnya orang yang memiliki watak keras kepala adalah orang yang sangat teguh memegang prinsip dalam hidup mereka

Bila kita tidak berhati hati atupun respect terhadap prinsipnya maka bisa dipastikan orang tersebut akan tersingung atau langsung marah terhadap kita.

Begitu pula mengenai pandangannya biasanya orang yang berwatak keras kepala selalu melihat bahwa pandanganya lah yang sempurna atau yang paling perfect. Biasanya orang yang sering berkeras kepala atau berkeras dengan pilihan pilihannya dapat memicu keegoisan dalam diri mereka maka jangan heran jika orang yang berkeras kepala sering kali memikirkannya dirinya sendiri istilah yang sering kita dengar “ Mau Nyubit Tapi Gak Mau Di Cubit ” bila kita tidak mengetahui cara yang tepat dalam mengahdapi orang macam ini maka kemungkinan besar keributan yang lebih besar tidak terjadi bahkan bisa menyangkut nyawa. Karena menurut penelitian orang keras kepala memiliki tingkat emosi yang bisa meledak ledak saat ia marah dan seringkali ia tidak sadar akan apa yang ia ucapkan atau yang diperbuatnya.saat orang macam ini marah mungkin agak sulit untuk menenangkan dirinya benar. Untuk itu kita perlu memahami cara untuk menghadapi orang yang berwatak keras kepala.

Bagaimana cara kita menghadapi orang berwatak keras ?

Orang yang berwatak keras kepala biasanya akan lunak dengan orang yang berkepribadian sabar karena bila disalahkan “API + AIR = PADAM” tapi ia akan semakin keras dengan orang yang memiliki watak yang sama atau wata orang lain yang tidak ia sukai  “API + BENSIN = KEBAKARAN” maka dari itu langkah yang tepat dan cermat diperlakukan untuk menghadapi orang berwatak ini . cara menghadapi orang berwatak keras kepala :

Reflesikan diri sendiri cobalah untuk berkaca dan mereflesikan diri.

Biasanya seringkali banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki sifat dan watak yang sebenarnya tidak jauh berbeda terhadap orang yang ingin kita rubah,coba seringlah tanya ke teman anda “eh A sebetulnya aku ini orangnya kayak gimana sih ? Dan pastikan teman anda menjawab dengan jujur karena orang dilingkungan luarlah yang dapat menilai sifat kita yang sebenarnya. Ada hal yang perlu kitra ketahui bahwa jika kita dapat merubah diri sendiri maka hanya sebuah hal kecil untuk kita dapat merubah dunia.

Kesabaran tuntunan no 1

Sabar adalah hal yang mutlak kita milioki dalam mengahadapi orang orang disekitar kita yang memiliki watak keras. Jika kita tidak sabar tidak perlu memakan waktu lama kita akan mengalami cekcok yang lebih besar terhadap masalah yang ia hadapi sering ditemukan kejadian bila orang yang tidak sabar akan memberikan atau mengambil kesimpulan yang instant.

Hal ini sangat bertentangan terhadap orang berwatak keras karena mereka membutuhkan proses dalam menghadapi masalahnya .

Pintar memilah milah keadaan sebelum memberikan problem solving terhadap kerabat kerabat kita ada baiknya kita mengerti betul kondisi yang dialaminya sekarang. Maka dari itu kita harus bijak dalam mengambil keputusan. Kita tidak bisa sembarang membela atau menyalahkan dia. Dengan penyampaian yang benar dan lembut mungkin orang yang kita bantu akan mengerti maksuda kita.

Kritik dan saran

Kadangkala banyak orang sulit melakukan hal ini karena takut menyingung perasaan orang lain namun remembeer guys tanpa kritik bagaimana seseorang dapat belajar.

Hanya saja kita harus sering menyampaikan kalo diibaratkan kita menjadi reminder terhadap kerabat kita.

Jangan biarkan saran kita menumpuk karena sewaktu waktu akan meledak dan orang lain akan tahu juga namun dapat menyingungnya.

 

To Do Point

Bila segala macam cara sudah kita tempuh namun orang tersebut tidak berubahmaka ucapkanlahsecara tegas kalau kita tidak menyukai apa yang ia perbuat kadangkala dengan cara yang seperti ini maka orang berwatak keras kepala akan sadar dan mencoba untuk merubah dirinya menjadi lebih baik.

 

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *