Cara Mengendalikan Kemarahan dan Dendam dengan Hypnoterapi

cara mengendalikan kemarahan dan dendam dengan hypnoterai
cara mengendalikan kemarahan dan dendam dengan hypnoterapi

David R. Hawkins, MD., Ph.D., dalam riset disertasinya yang berjudul Qualitative and Quantitative Analysis and Calibration of The Level of Human Consciousness menemukan bahwa perasaan atau emosi mempunyai level vibrasi dan energi yang berbeda.

Ia memetakan level energi dari masing-masing emosi menjadi The Map of Consciousness. Menurut Beliau semakin tinggi level energi suatu emosi maka akan semakin baik bagi kualitas kehidupan seseorang baik pada aspek pencapaian duniawi maupun spiritual.
Level energi ini dinyatakan dalam satuan 10 pangkat X. “X” di sini adalah angka yang dimulai dari 0 (kematian) dan terus naik hingga 1.000 (pencerahan).

Titik tolaknya di 10 pangkat 200 yaitu emosi “berani”. Ini adalah level energi untuk memulai perubahan. Dari level “berani” bila turun, maka ada emosi bangga (175), marah (150), nafsu keinginan (125), takut (100), kesedihan mendalam (75), putus asa / apatis (50), rasa bersalah (30), dan rasa malu (20).

Kemarahan atau dendam bisa merusak pikiran kita.

Pikiran sangat mirip dengan komputer. Anda bisa memasang suatu program pada suatu komputer dan apabila Anda tidak membutuhkan program itu lagi, Anda bisa menghapusnya. Kadang, tanpa di sengaja, komputer Anda bisa juga terkena program negatif yang kita kenal dengan “virus komputer”.

Pikiran Anda juga begitu. Ketika Anda masih bayi, pikiran Anda diibaratkan seperti komputer baru dan belum dipasangi program apapun. Kemudian Anda mulai mendengar, melihat dan merasakan segala sesuatu yang ada disekitar Anda. Saat itulah pikiran Anda mulai terprogram. Pikiran Anda, dengan disengaja atau tidak disengaja, telah diprogram oleh orang-orang di sekitar Anda dan lingkungan Anda. Segala informasi yang masuk ke pikiran Anda dan semua pengalaman hidup yang sudah Anda lalui memprogram Anda hingga menjadi seperti sekarang ini.

Apa yang sering anda katakan pada diri sendiri juga merupakan program yang akan menjadi kenyataan bagi diri Anda sendiri. Apa yang Anda terima dari lingkungan dan apa yang sering Anda katakan pada diri sendiri membentuk sebuah program kebiasaan, perasaan, persepsi atau keyakinan yang menjadi dasar dalam hidup Anda. Dan kita tahu bahwa tidak semua yang kita terima dari lingkungan kita adalah baik. Kadang tanpa dikehendaki kita pun mendapatkan pengalaman buruk sehingga menimbulkan “virus pikiran” yang selalu menggangu kita.

Sekarang, dengan pikiran  yang sudah dewasa, Anda bisa memilih untuk hanya menerima program yang baik dari lingkungan Anda. Namun, dulu ketika Anda masih kecil, Anda belum punya kemampuan untuk menolak pemrograman dari orang-orang di sekitar Anda. Anda menerima begitu saja apa yang Anda lihat atau dengar. Pada masa kanak-kanak itulah biasanya suatu program negatif mulai tertanam di pikiran Anda. Masalah-masalah yang sedang dialami sekarang, bisa jadi merupakan efek dari program negatif yang tertanam sejak kecil dan program itu menjadi semakin kuat seiring bertambahnya usia Anda.

Hipnoterapi berkerja sebagai alat untuk menghapus program-program negatif atau virus dalam pikiran Anda sekaligus memasang program-program positif yang akan membuat Anda lebih baik dari sebelumnya. Dengan hipnoterapi, Anda bisa menghilangkan segala hal buruk yang ingin Anda hilangkan dari pikiran, perasaan dan perilaku Anda. Dengan hipnoterapi, Anda juga bisa menanamkan pikiran, perasaan dan perilaku baru yang baik untuk kemajuan hidup Anda.

Hipnoterapi merupakan metode yang tercepat apabila dibandingkan dengan metode psikoterapi konvensional. Misalnya dalam psikoterapi konvensional membutuhkan paling tidak 12 kali pertemuan untuk menyembuhkan fobia dan trauma, sedangkan dengan hipnoterapi hanya butuh 1 sampai 2 kali pertemuan saja untuk mengatasi fobia dan trauma sampai tuntas.

Agar Anda lebih memahami efektivitas hipnoterapi, ada baiknya jika Anda memahami pikiran Anda. Selama ini mungkin Anda berpikir bahwa Anda hanya punya satu pikiran. Sebenarnya, pikiran Anda terdiri dari tiga bagian, yaitu Pikiran Sadar, Bawah Sadar dan Tidak Sadar.

concious dan subconcious mind
concious dan subconcious mind

Pikiran Tidak Sadar adalah pikiran yang mengoperasikan tubuh Anda secara otomatis. Detak jantung, reproduksi sel, penyembuhan luka, sirkulasi darah dan sistem otomatis lainnya dikerjakan oleh Pikiran Tidak Sadar. Pikiran Tidak Sadar selalu aktif, meskipun Anda tertidur pulas.

Selanjutnya, Pikiran Bawah Sadar yang merupakan bagian pikiran yang sangat dominan dan sering kali mengendalikan diri Anda. Pikiran Bawah Sadar memuat kebiasaan, dorongan perasaan, keyakinan, persepsi, dan memori permanen. Menurut seorang tokoh psikologi, Sigmund Freud, tindakan manusia sebagian besar berdasarkan program-program yang tertanam di Pikiran Bawah Sadarnya, bukan berdasarkan logikanya. Pikiran Bawah Sadar adalah tempat penyimpanan semua memori dan program-program pikiran Anda. Program apapun yang ada di Pikiran Bawah Sadar Anda, akan selalu menjadi dasar bagi tindakan Anda.

Kemudian, Pikiran Sadar adalah bagian pikiran Anda yang selalu bersifat logis dan rasional. Dengan berpikir logis dan rasional, Anda bisa menciptakan kehendak atau keinginan untuk berubah. Namun ternyata kehendak saja tidak cukup untuk mewujudkan perubahan yang permanen, karena kehendak Pikiran Sadar selalu kalah apabila bertentangan dengan program yang tertanam di Pikiran Bawah Sadar.

Contoh mudahnya adalah perokok. Secara rasional dan logis, hampir semua perokok tahu bahwa rokok adalah kegiatan yang merugikan diri sendiri. Para perokok sebenarnya juga punya kehendak untuk berhenti merokok. Namun kehendak itu tidak pernah menang melawan kebiasaan merokok yang sudah menahun. Kebiasaan merokok merupakan sebuah program yang tertanam di Pikiran Bawah Sadar. Inilah bukti nyata bahwa program yang tertanam di Pikiran Bawah Sadar selalu lebih kuat efeknya daripada kehendak Pikiran Sadar.

Tujuan dari hipnoterapi adalah menghapus atau menanamkan program di Pikiran Bawah Sadar supaya perubahan yang Anda alami berlangsung dari dalam diri Anda sendiri. Dengan mengubah program yang ada di Bawah Sadar Anda, maka Anda tidak perlu susah payah memaksa diri Anda untuk berubah. Misalnya Anda ingin menurunkan berat badan. Dengan hipnoterapi, Anda tidak perlu susah payah menahan keinginan untuk makan. Pikiran Bawah Sadar Anda bisa diberi program agar supaya Anda merasa kenyang dengan makanan yang sedikit dan tetap merasa kenyang sampai tiba waktu makan. Dengan begitu, Anda tidak merasa tersiksa meskipun makan cuma sedikit.

Kesimpulannya, hipnoterapi merupakan sebuah metode yang bisa mengubah program di pusat.

kendali dalam diri Anda. Hipnoterapi merupakan terapi yang langsung berurusan dengan sumber segala masalah pribadi, yaitu Pikiran Bawah Sadar. Karena hipnoterapi langsung mengatasi akar masalahnya, maka perubahan yang terjadi melalui hipnoterapi adalah permanen. Misalnya Anda punya sakit maag karena asam lambung Anda tinggi. Tingginya asam lambung disebabkan oleh rasa kecemasan. Jika Anda hanya minum obat, maka obat hanya akan menyembuhkan sementara. Dengan hipnoterapi, kecemasan Anda dihilangkan sehingga sakit maag tidak akan muncul lagi.

Namun apakah semua orang bisa menikmati manfaat hipnoterapi? Dengan kata lain, apakah semua orang bisa memasuki kondisi hipnosis?

Jika Anda percaya hanya orang tertentu saja yang bisa memasuki kondisi hipnosis, maka Anda telah mempercayai konsep yang keliru. Sebenarnya semua orang normal, termasuk Anda, bisa memasuki kondisi hipnosis dengan mudah asalkan Anda bersedia mengikuti instruksi kami dengan senang hati dan tidak takut terhadap proses hipnosis. Satu-satunya penghambat dalam proses hipnosis adalah rasa takut yang disebabkan oleh kesalahpahaman terhadap hipnosis.

Banyak orang menganggap bahwa orang yang bisa dihipnotis adalah orang yang bodoh atau lemah pikirannya. Ini adalah anggapan yang salah. Kenyataannya, hipnoterapi hanya cocok diterapkan kepada orang yang memenuhi kriteria berikut ini :

  1. Sudah memahami bahasa dan bisa diajak komunikasi dengan lancar
  2. Bersedia mengikuti hipnoterapi atas keinginan sendiri, bukan paksaan.
  3. Bisa mengikuti instruksi atau arahan dari hypnotherapist.

Tahap-tahap apa saja yang akan Anda lalui dalam hipnoterapi?

1. Pastinya hipnoterapis akan meminta Anda menceritakan apa masalah Anda. Biasanya proses ini membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit.

2. Hipnoterapis membimbing Anda untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Kondisi hipnosis tidak lain adalah ketika pikiran Anda sangat-sangat rileks dan tenang, sehingga pikiran Anda lebih jernih dan siap menerima sugesti. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit.

3. Tahap Psikoterapi. Dalam kondisi hipnosis, hipnoterapisi akan melakukan prosedur terapi sesuai dengan masalah Anda. Proses terapi ini berlangsung sekitar 30 menit. Setelah prosedur terapi selesai, maka Anda diminta untuk membuka mata sebagai tanda bahwa sesi hipnoterapi telah selesai.

4.Ttahap observasi, artinya Anda mengamati dan melaporkan kepada hipnoterapis Anda perubahan apa saja yang sudah terjadi pada diri Anda. Masa observasi ini berlangsung antara 1 sampai 10 hari.

Mungkin, dalam benak Anda sekarang muncul pertanyaan “Butuh berapa kali hipnoterapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan permanen?” – Semua tergantung kepada masalah Anda, karena masalah setiap orang berbeda. Gambaran secara umum, sebagian besar masalah bisa diselesaikan dalam sekali terapi. Namun kadang ada juga masalah yang perlu 2 atau 4 kali terapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *