Untitled

CARA MENGATASI RASA TAKUT PADA KUCING

CARA MENGATASI RASA TAKUT PADA KUCING. Phobia kucing? ini 6 langkah cara menghilangkannya-Kucing bagi kebanyakan orang adalah hewan kecil yang menggemaskan,tapi tidak bagi mereka yang phobia terhadap hewan yang satu ini,seperti yang kita tahu,kucing bukanlah hewan langka,keberadaan hewan ini hampir disetiap rumah selalu ada,situasi seperti ini adalah keadaan yang tidak menguntungkan dan sulit bagi mereka yang phobia terhadap kucing.

Untitled

Sebagian yang merasakan takut terhadap kebanyakan hewan,seperti kucing,ular,anjing,kecoa,burung dan berbagai jenis hewan lainnya,tentunya bukan suatu keadaan direncanakan sebelumnya,sangat sangat mengganggu,karena rasa takut hanya membatasi seseorang dalam beraktifitas dan dalam kasus yang ekstrim,para pengidap phobia,memilih menjadi tahanan rumah dari pada harus menghadapi objek yang mereka takutkan,sebegitu mengerikannya kah hewan yang satu ini?

Jantung berdebar,panik,kekakuan,gemetar,saat rasa takut ini terpicu juga merupakan contoh kecil dari gejala umum bagi yang mengalami phobia kucing.

 

Penyebab mengapa phobia kucing bisa terjadi

Lalu mengapa orang bisa mengalami Phobia kucing (Ailurophobia) ? Banyak alasan seseorang bisa menjadi phobia dan kehilangan kendali saat bertemu kucing,faktor trauma semasa kecil,kejadian kucing pernah mencakar,menggigit,atau seseorang tersebut menonton film yang menakutkan yang menceritakan tentang kucing adalah hewan yang sangat berbahaya.

Keadaan rasa takut akan kucing begitu membekas,beberapa orang mengingat dan mebawanya dalam waktu yang lama,sehingga ketakutan yang sudah terlalu lama ini menumpuk dan menjadi phobia,dalam banyak kasus,phobia lebih sering terbentuk atau terjadi dalam waktu yang singkat,walau hanya sekali mengalami kejadian menakutkan akan kucing,maka seseorang itu selamanya mengingat kejadian traumatis dan phobia menjadi label buat yang kehilangan kendali akan rasa takut.

 

Sama seperti jenis phobia lainnya,Untuk phobia kucing,cara menghilangkan rasa takut terhadap hewan satu ini bukanlah hal yang sulit.

 

CATATAN: Kucing sering memilih orang yang tidak menyukai mereka,sekilas hewan satu ini entah sengaja atau tidak,biasanya suka mendekat,kucing suka mendekati orang yang duduk diam,atau dengan orang yang tidak menyukai kehadirannya.

 

Orang yang mengalami phobia kucing,cenderung merasa kaku jika kucing ada di depan mereka dan begitu fokus memperhatikan setiap  gerakan yang dilakukan oleh hewan ini, meskipun kucing tersebut hanya berjalan,duduk santai dan diam,namun bagi mereka yang takut akan kucing,perasaan tidak aman,secepatnya menghindar,dan keadaan ini  bukanlah situasi yang santai,kepanikan akan segera datang menyerang pikiran mereka.

 

Cara menghilangkan takut (Phobia) terhadap kucing (Ailurophobia)

Buat anda yang mengalami Phobia kucing (Ailurophobia).Berikut adalah  langkah-langkah self-exposure untuk yang mengalami ketakutan serius terhadap kucing :

 

  • Langkah 1: Ambil selembar kertas,dan cobalah menggambarkan seekor kucing ,setelah selesai  perhatikan perasaan anda sendiri,apakah anda sudah merasakan penurunan intensitas rasa takut? Terlepas perasaan takut anda mulai berkurang atau belum,sekarang anda beralih ke langkah yang kedua

 

  • Langkah 2: Melihat foto dalam bentuk hitam putih,foto disini dimaksudkan adalah foto kucing ,anda bisa searching di google untuk contoh foto foto kucing,apakah anda merasakan nyaman nyaman saja ketika melihat foto hitam putih tersebut? jika nyaman dan merasakan tidak takut yang berlebih lagi,anda bisa melewati langkah yang ke tiga dan langsung menuju langkah yang ke empat,tapi bila belum ataupun anda tidak merasakan perubahan,selanjutnya anda beralih ke langkah berikutnya

 

  • Langkah 3: Melihat foto kucing dalam tampilan foto berwarna,setelah selesai mengamati foto tersebut,apa yang anda rasakan sekarang? Apakah anda nyaman bila melihat foto dalam bentuk foto warna? jika anda merasakan perasaan yang baik saat melihat foto kucing dalam tampilan berwarna,selanjutnya anda beralih melakukan langkah berikutnya,yaitu

 

  • Langkah 4: melihat video tentang kucing,coba anda cari youtube video yang menampilkan perilaku kucing,tonton video tersebut dalam durasi maksimal 5 menit.sekarang rasakan perasaan anda setelah melihat video itu,apakah anda merasakan intensitas rasa takut yang menurun?

sambil anda melihat video tersebut,yakinkan diri anda,jika yang anda lakukan sekarang,kucing dalam hal ini,tidak menimbulkan efek apapun atau membahayakan,karena kucing tersebut hanya dilihat,ditonton dalam bentuk rekaman video,karena  tidak berhadapan dengan objek yang anda takuti,dan itu hanya sebuah video rekaman,maka dipastikan itu Aman.

Anda bisa memilih bentuk tampilan video tersebut,apakah anda ingin menontonnya dalam bentuk film berwarna,atau tampilan  film hitam putih.

 

  • Langkah 5: Melihat kucing dari luar jendela kaca,coba amati saja dari dalam kaca jendela, cara ini memastikan pikiran anda untuk tetap aman di balik jendela kaca,karena sangat mustahil jika kucing tersebut mendekat,dan anda aman selama dalam proses mengamati ini.

 

  • Lakukan langkah 1 sampai dengan langkah ke 5 beberapa kali,sampai anda merasakan phobia ini perlahan memudar secara mental,lalu setelah anda melakukan langkah langkah di atas beberapa kali,maka selanjutnya dalam langkah yang terakhir yang dilakukan adalah,

 

  • Langkah 6: Saatnya menguji perasaan takut tersebut apakah sudah netral (Hilang).Sekarang anda bisa melihat kucing secara langsung,namun dalam pengujian ini,sebaiknya diawal anda melihat kucing itu dalam jarak  beberapa meter atau dengan jarak yang sedikit jauh,jika anda nyaman dalam jarak yang memang sudah anda anggap aman,kemudian perlahan,anda bisa mendekat,terus mendekat ,sampai anda merasakan nyaman dalam jarak yang semakin dekat dengan kucing yang ada dihadapan anda.

 

Lakukan langkah  diatas bisa beberapa kali pengulangan,sampai anda merasakan perubahan dan sepenuhnya terbebas dari phobia kucing.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *