Cara Jitu Mengatasi Phobia Trypophobia

Cara Jitu Mengatasi Phobia Trypophobia
Cara Jitu Mengatasi Phobia Trypophobia


Mengatasi Phobia Lubang (Trypophobia)

Mengatasi Phobia Lubang (Trypophobia) Bagi kebanyakan orang,phobia lubang lubang atau ketakutan saat melihat  objek yang berbentuk lubang lubang kecil masih jarang ada yang tahu,malah trypophobia ini jarang didengar oleh sebahagian orang,karena biasanya phobia darah,phobia ular,phobia ketinggian,phobia cicak,phobia jarum suntik adalah jenis jenis phobia umum sering orang tahu dan tidak sedikit  yang mengalaminya,sama seperti macam macam phobia yang sudah disebutkan tadi, phobia lubang juga sebenarnya banyak  yang mengalami,dan seperti tipikal atau gejala phobia lainnya,phobia akan lubang reaksi yang terjadi mirip seperti phobia phobia lainnya,tentunya sudah banyak yang sudah tahu, Phobia adalah sebuah rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal. Rasa ketakutan yang berlebihan tersebut tentu dapat menimbulkan efek atau respon yang berbeda-beda pada setiap orang.

Dan uniknya tentang tryphobia ini,sebagian dari mereka yang mengidap tryphobia tidak menyadari atau malah tidak tahu kalau mereka telah terkena phobia lubang sampai mereka merasakan sangat tidak nyaman saat lubang lubang ini terlihat langsung oleh mereka.

Lalu Sebenarnya lubang seperti apa sih yang bisa membuat orang bisa menjadi ketakutan tak terkendali ? Lubang yang dimaksud disini adalah lubang-lubang kecil yang terdapat pada tanaman, seperti kepala bunga teratai atau gelembung dalam adonan, lubang seperti sarang lebah,yang kesemua itu menghadirkan trypophobics berupa kegelisahan secara ekstrim, sehingga mampu memicu reaksi secara  fisik seperti kulit gatal, mual dan perasaan ketidaknyamanan dan reaksi mental dengan tiba tiba merasa panik tidak terkendali,lemas biasanya juga akan menyertai.

Sampai detik ini para ahli belum menemukan penyebab sebenarnya dari kondisi aneh ini. Banyak yang meyakini bahwa kondisi ini terjadi sejak si penderita berusia anak-anak, sampai mereka remaja.

Dikutip dari berbagai sumber,kondisi ini muncul sebagai akibat dari kecendrungan tertentu, atau kemungkinan besar mengalami traumatis yang terjadi pada tahap awal kehidupannya, seperti jenis fobia lainnya.

Tidak banyak yang mengetahui asal usul serta penyebab kondisi ini. Itulah mengapa, tidak ada tes atau diagnosa lanjutan untuk memeriksakan fobia menggelikan tersebut. Intinya, jika kita melihat sebuah gambar dan merasa tidak nyaman, bisa dikatakan kita pun mengalami trypophobia juga.

Bagi mereka yang belum menyadari atau anda ingin memastikan apakah anda juga mengalami namun belum bisa memastikan apakah seperti apakah gejala tryphobia,sebaiknya anda baca uraian singkat dibawah ini

Phobia lubang dan gejalanya

Bila Anda dengan sengaja melihat lubang,atau bisa juga tidak sengaja melihatnya tapi setiap kali melihat objek tersebut,maka respon anda saat melihat lubang, merasa mual,pusing, gatal, merinding,detak jantung tidak beraturan  dan sebagainya sudah bisa dipastikan anda mengalami phobia lubang (trypophobia).

Umumnya, Individu yang menderita tryhpophobia merasakan perasaan gelisah serta gatal di sekujur tubuh setelah melihat benda yang memiliki banyak lubang kecil di permukaannya, seperti sumsum tulang, biji bunga teratai, sarang tawon, spons dan lain-lain.

Penderita kondisi ini memiliki dua kemungkinan yang berbeda saat diperlihatkan apa yang menjadi ketakutannya. Ada yang berani untuk melihatnya lalu berpikir keras untuk melupakannya, tapi tidak sedikit yang justru merasa pusing dan eneg saat melihat lubang ini.

Perlu diketahui bahwa apa pun jenis fobia yang dialami seseorang, kemungkinan besar akan mengalami reaksi seperti di bawah ini :

  1. Perasaan panik tak terkendali, dan mengalami rasa takut cukup besar ketika berhadapan langsung dengan sumber dari rasa takutnya itu.
  2. Karena mengalami rasa cemas, maka secara mendadak organ untuk berpikirnya tidak mampu berfungsi secara optimal
  3. Untuk reaksi yang ditimbulkan biasanya akan mengeluarkan keringat, denyut jantung yang derdegub kencang, sulit untuk bernapas, merasa panik, dan cemas.
  4. Kerap tidak berdaya untuk menghindarinya.
  5. Pada anak-anak, kemungkinan akan tantrum, menempel, dan terus menangis.

Phobia akan lubang (Trypophobia) bukanlah fobia resmi yang diakui dalam literatur ilmiah. Bagi sebagian orang yang memilikinya, itu mungkin bukan salah satu bentuk phobia nyata,tapi jika anda merasa tidak nyaman dan merasa terganggu dengan objek lubang lubang yang baru saja dijelaskan tadi,maka sudah tentu anda harus mengatasi atau bahkan menghilangkannya.

Cara mengatasi Trypophobia (phobia akan lubang)

Untuk cara termudah,cepat dan sederhana  mengatasi phobia  lubang ini  adalah anda bisa coba cari warna yang hijau atau segar seperti pepohonan, rumput dll, hal ini dapat membantu mempercepat hilangnya efek dari Phobia Trypophobia.(phobia akan lubang) lakukan setiap kali anda merasa panik atau saat dihadapkan dengan ketakutan tersebut.

Walaupun tidak semua fobia membutuhkan pengobatan. Akan tetapi, jika fobia memengaruhi kehidupan sehari-hari, ada beberapa terapi yang tersedia yang dapat membantu si penderita mengatasi ketakutannya.

Tapi, karena tyrpophobia belum diketahui penyebab pastinya, maka pengobatan yang akan diterima pasien adalah terapi perilaku kognitif, konsultasi neurolinguistik, untuk membantu pasien mengobati fobianya itu.

Selain itu, karena kebanyakan fobia didasari pada masalah emosional yang mendalam, terapi perilaku, hipnoterapi, dan konseling terbukti efektif dalam mengobati pasien dengan kondisi ini.

Dan dalam mengatasi phobia,selain tips sederhana yang telah disebutkan tadi,apapun jenis jenis nama phobianya,khususnya tentang Mengatasi Phobia Lubang (Trypophobia) metode untuk menghilangkannya hampir bisa dikatakan atau pendekatan terapi yang dilakukan tetap sama dengan berbagai macam macam phobia lainnya

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *