Cara Hipnoterapi Diri Sendiri

Cara Hipnoterapi Diri Sendiri
Cara Hipnoterapi Diri Sendiri

Istilah “Self-Hypnosis” atau juga yang disebut menghipnotis diri sendiri belakangan sangat populer di kalangan masyarakat barat, terutama di bidang pengobatan alternatif. Sama seperti hipnoterapi, “self-hypnosis” juga bisa digunakan untuk menanamkan sugesti tertentu untuk meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi stres, atau untuk sekedar relaksasi. Self hypnosis juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan kecanduan, seperti untuk terapi berhenti merokok atau membantu proses mengurangi berat badan.

Self hypnosis dianggap lebih praktis dan mudah dilakukan karena hanya melibatkan diri anda sendiri. Anda tidak perlu datang ke klinik hipnoterapi, tidak perlu berkonsultasi dengan sang hipnoterapis, dan tentunya lebih hemat biaya.

Berikut adalah langkah-langkah “Self Hypnosis” untuk pemula :

  1. Cari tempat yang nyaman

Kebanyakan tempat yang ideal untuk melakukan hipnosis diri adalah di kamar yang tenang, dengan sofa yang nyaman untuk duduk. Meskipun beberapa orang lebih suka untuk berbaring, namun dalam beberapa kasus penelitian menunjukkan bahwa self hypnosis lebih efektif dilakukan sambil duduk. Tentu saja anda boleh memilih tempat nyaman yang anda sukai.

  1. Pastikan anda tidak terganggu pada kebisingan

Buatlah diri anda bebas dari panggilan telepon atau aktivitas apapun yang dapat mengganggu terapi anda sekurang-kurangnya selama setengah jam. Matikan HP, bila perlu kunci kamar dan pasang tulisan “Jangan Diganggu”.

  1. Bersantai Tutup mata anda dan coba untuk menghapus semua pikiran dan emosi negatif anda seperti kesedihan, ketakutan, dan kecemasan. Pastikan anda rileks secara fisik dan emosi.
  1. Lepaskan Ketegangan Semua Otot Dalam Tubuh

 Dengan membayangkan setiap bagian dari tubuh anda dari kepala hingga kaki, buatlah pada tiap-tiap otot di tubuh anda lebih santai. Ini akan membuat diri anda sangat nyaman dan dibebaskan dari rasa sakit.

  1. Kontrol napas anda Ambil napas dalam dan lambat dalam tempo yang stabil. Rasakan setiap partikel udara yang dihirup dan dihembuskan dari dalam tubuh anda dan ke dalam tubuh anda.
  1. Temukan metode untuk menciptakan relaksasi lebih dalam

Menghitung dari satu sampai sepuluh secara perlahan dan mantap, dan membayangkan bahwa setiap kali anda masuk ke nomor yang lebih tinggi, anda akan lebih santai. Relaksasi yang mendalam akan membawa anda ke tahap berikutnya, Semakin rileks dan semakin rileks. Nikmati sensasi mati rasa dalam tubuh anda. Pada hitungan kelima, anda seharusnya sudah harus seolah-olah berada di dalam air yang nyaman dan tenang. Semakin tinggi hitungan, anda akan semakin menyelam ke dalam air.

  1. Rasakan kondisi relaksasi anda, dan ikutilah arusnya

┬áNikmati sensasi relaksasi. Anda akan merasa bahwa Anda adalah partikel terapung di permukaan air. Perlu diingat bahwa Anda sadar dan jangan biarkan konsentrasi Anda memudar. Pada saat ini, Anda harus berbicara pada diri sendiri dengan mengucapkan kata-kata yang Anda ingin sugestikan kepada diri sendiri. Sebagai contoh. “Saya cukup kuat untuk berhenti merokok .”, atau “Saya sangat bahagia dan puas dengan hidup saya.”

  1. Ulangi terus sugesti yang anda tanamkan

 Terus ulangi dan ulangi sampai Anda puas dan merasa cukup mantap mendapatkan sugesti untuk menghilangkan efek buruk dari tubuh Anda, atau untuk mencapai efek tertentu.

  1. Bersiaplah untuk bangun dari keadaan relaks

Setelah Anda puas, bayangkan bahwa Anda berenang ke atas ke permukaan air. Rasakan sensasi sinar matahari menyinari diri anda, dan ketika Anda menghitung dari satu sampai sepuluh, Anda akan mendapatkan kembali kesadaran Anda seiring dengan bertambahnya angka

  1. Buka mata Anda

Pastikan bahwa Anda memiliki beberapa saat jeda sebelum Anda membuka mata Anda. Bayangkan bahwa Anda membuka pintu kesadaran. Seiring dengan semakin terbukanya pintu, kesadaran anda akan kembali secara perlahan-lahan.

Lakukan kegiatan ini setiap hari latihan dapat dilakukan 2 kali setiap hari yaitu saat bangun tidur pagi hari agar tubuh menjadi segar bugar dan menjaga konsentrasi dalam aktivitas kita di hari itu dan sore hari atau malam hari sebelum tidur, itu membuat tidur menjadi pulas dan berkualitas. Dan pastikan anda melakukan setiap langkah dengan baik dan secara urut untuk hasil yang terbaik.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *