Untitled

BAGAIMANA MELAKUKAN SELF HEALING

Umumnya orang akan pergi ke pakar penyembuh saat mengalami keluhan sakit. Namun sebenarnya manusia memiliki kemampuan menyembuhkan dirinya sendiri. Inilah keyakinan yang diterapkan dalam teknik penyembuhan holistik dengan self healing. Karena kita adalah penyembuh terbaik bagi diri sendiri.

Untitled

Self healing adalah rangkaian latihan praktis yang dikerjakan secara mandiri sekitar 15 menit, dan dilakukan 2 kali dalam sehari. Dalam latihan self healing, ada beberapa aspek yang dilibatkan yakni napas, gerak, sentuhan/pijatan, dan keheningan. Latihan ini memungkinkan seseorang untuk berhenti sejenak dari segala rutinitasnya, sehingga bisa berinteraksi dengan diri sendiri dan berinteraksi dengan energi alam di sekitar kita. Self healing bersifat universal, tidak mengacu agama manapun, praktis, dan dipelajari secara masuk akal. Filosofinya bertumpu pada manusia sebagai unit yang lengkap antara badan, batin, dan energinya. Dengan berlatih, kita bisa merawat kesehatan lahir batin secara mandiri.

Sebenarnya self healing ini ditujukan sebagai tindakan preventif atau pencegahan sebelum datangnya suatu penyakit. Namun demikian, saat seseorang sakit, teknik self healing tetap bisa dilakukan sembari melakukan pengobatan medis.

seseorang akan sehat secara holistik jika ada keselarasan dan keseimbangan antara badan, pikiran, dan batin. Selain melibatkan empat aspek untuk self healing yakni napas, gerak, sentuhan/pijatan, dan keheningan, Jeffrey juga mengingatkan untuk cukup minum. Karena air bisa menjadi elemen penting dalam self healing.

Terapi self healing ini, dengan pertolongan Tuhan bisa menyingkirkan rasa sakit, cemas, bingung, trauma, sedih, dan bisa mendukung sebuah keinginan, harapan, cita-cita.  Fungsi utamanya adalah membantu ‘menenangkan’ sel-sel tubuh, agar tubuh menghasilkan hormon kebahagiaan.  Sehingga sel-sel tubuh bisa beraktifitas normal,  karena tidak ada yang tertekan. NAMUN TIDAK BERARTI MENGABAIKAN DOA DAN USAHA.

waktu terbaik mengonsumsi air minum adalah saat bangun tidur, 30 menit sebelum makan, 90 menit setelah makan, dan sebelum tidur. Namun hendaknya jangan mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik seperti kopi dan teh untuk menghidrasi tubuh. Karena minuman tersebut ibarat ‘menguras’ air dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urine.

 

Cara melakukan Self Healing

pertama, berikan sugesti yang dapat menguatkan diri kita, ketenangan, kepasrahan, kekuatan tindakan, dan keikhlasan.

Setelah membuat kata-kata sugesti pada diri senri, tahapan selanjutnya yaitu:

Dengan menstimulasi titik meridian (ada 10 titik)

Titik meridian yang dimaksud adalah :  (tiap titik diketuk-ketuk pakai dua atau tiga jari tangan kanan, dengan mengucapkan kalimat sugesti pada butir nomor 3 di atas. Kalimat tersebut diucapkan bisa 1 x atau 3 x atau 7x.). Berikut titik-titik meridiannya:

  1. Titik niat ada di sisi samping telapak kiri – di bawah kelingking. (khusus titik 1 ini tempelkan miring telapak tangan kiri dengan jempol menempel di dada)
  2. Ubun-ubun (kalau ada  darah tinggi atau  diabetes, lewatkan saja  titik ini).
  3. Alis mata kanan bagian dalam (pangkal alis di atas hidung)
  4. Alis mata kanan bagian luar (ujung alis)
  5. Tulang pipi kanan (di bawah mata)
  6. Antara hidung dan bibir
  7. Dagu (persis di bawah bibir)
  8. (Kembali dulu ke titik nomor 3 dan 4 dan 5) untuk bagian kiri
  9. Tulang menonjol di bawah leher sebelah kanan (tempat bukaan kerah)Bagian bawah lengan sebelah kanan (ini susah dijangkau dengan jari, jadi bisa ditepuk-tepuk pakai telapak tangan).
  10. Persis di bawah payudara sebelah kanan
  11. (Kembali ke titik nomor 8 s.d. 9 untuk bagian kiri)

Kira-kira terapi ini membutuhkan waktu sekitar  20 s.d. 25 menit. Oleh karena itu, sebelum melakukan terapi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Melakukan terapi ini sebaiknya dalam kondisi fit (sudah makan, sudah shalat). Sediakan air putih karena pada umumnya haus setelah melakukkan terapi ini.
  • Terapi ini bisa dilakukan untuk orang lain. Misalnya kita menuntun orang lain untuk melaksanakan terapi ini pada dirinya sendiri.  Atau kalau orang lain itu tidak mampu bicara, bisa kita wakili (contoh orang tua yang sudah sangat lanjut usia (hanya bisa berbaring) kan sudah tidak memungkinkan, jadi kita yang mewakili mengucapkan kalimatnya dan membayangkan sesuai dengan persepsi harapan kita)
  • Terapi ini bisa pula dilakukan jarak jauh. Contoh : aku melakukan terapi untuk bapak (sebut orang yang dituju).
  • Pelaksanaan terapi bisa 1 x setiap hari, bahkan ada yang setiap hari sampai dengan dua bulan.

semoga bermanfaat..

terimakasih..♥

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *