Cara Atasi Vaginismus Dengan Hypnotherapy

Cara Atasi Vaginismus Dengan Hypnotherapy

Hypnotherapi

Disfungsi seksual tak hanya menyerang kaum adam, kaum perempuan pun bisa mengalami kondisi tersebut.

Salah satu gangguan yang sering dikeluhkan perempuan adalah vaginismus. Vaginismus adalah salah satu masalah disfungsi seksual yang dialami perempuan. Mereka yang mengalami masalah ini tentu saja tak akan mampu memenuhi kebutuhan seksualnya.

Vaginismus adalah suatu keadaan di mana lingkaran otot-otot yang mengelilingi vagina menjadi kejang, menjepit lubang vagina dengan erat sehingga penetrasi oleh penis, menjadi sangat menyakitkan atau bahkan mustahil dilakukan. Perempuan yang menderita vaginismus tidak dapat mengendalikan kekejangan yang terjadi. Gangguan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan penyakit kelamin seperti adanya bakteri atau virus di organ intimnya.

Vaginismus dapat menimbulkan efek merugikan pada kualitas kehidupan seorang wanita. Tidak hanya membuat menjadi sulit untuk menikmati hubungan seks, tetapi ketidakmampuan mengalami penetrasi membuat keputusan untuk memulai suatu keluarga menjadi sangat sulit.

Penyebab vaginismus

  • Adanya infeksi yang menimbulkan luka disekitar lubang vagina atau labia.
  • Gangguan selaput dara, termasuk apabila adanya tarikan saat penetrasi berlangsung.
  • Adanya bekas robekan pada saat melahirkan yang tidak sembuh secara sempurna, sehingga menimbulkan reaksi penolakan sebagi bentuk beban fisik dan fsikis.
  • Pernah mengalami traumatik secara seksual, seperti pemerkosaan, dimana jika trauma itu masih dirasakan hingga masa menikah, makan hal itu merupakan vaginismus sekunder.
  • Momen bercinta yang kerap menimbulkan rasa nyeri bisa jadi menyebabkan trauma psikis, sehingga rasa trauma itu bisa menjadivaginismus.
  • Perasaan takut yang berlebihan apabila bercinta menjadikan wanita itu hamil.
  • Serta perasaan takut tertular penyakit kelamin dari pasangannya.

Gangguan ini sebenarnya banyak berkaitan dengan masalah psikis. Pertama-tama, ada masalah fisik yang menyebabkan penetrasi penis, yang seharusnya sangat menyenangkan, menjadi sesuatu yang menyakitkan, hal ini yang terekam di pikiran bawah sadar penderita. Bagi Anda yang mengalami gangguan tersebut jangan lantas berkecil hati.Dengan cara Hipnoterapi bisa Anda coba.

Hipnoterapi adalah suatu bentuk terapi dengan memberdayakan tenaga jiwa bawah sadar, berupa energi sinar elektro magnetik satu oktaf dari Far Infra Red Rays (FIR), yang mempunyai panjang gelombang 6- 14 mikron.

Apa pun gangguan psikologis bisa disembuhkan, termasuk penderita vaginismus,”

Hipnoterapi, bisa diterapkan karena vaginismus terjadi karena faktor penyebabnya berada di pikiran bawah sadar (sub counscious mind) penderita. Terapi yang diberikan tergantung pada penyebab vaginismus yang terekam di pikiran bawah sadar penderita. Jenis terapi pada masing-masing penderita tidak sama. Untuk mengetahuinya, perlu pendekatan yang bersifat individual.

Proses Hipnoterapi adalah suatu proses di mana therapist membimbing penderita atau klien untuk masuk dalam kondisi terhipnotis atau trance. Di mana secara perlahan tapi pasti klien akan fokus dan mencapai konsentrasi yang sangat tinggi.

 

 

Pencegahan

Supaya Anda terhindari dari vaginismus, hindarilah faktor penyebabnya. Dan inilah tips agar terhindar dari vaginismus.

  • Pendidikan seks sangat perlu bagi pasangan suami istri. Maka dari itu, carilah informasi sebanyak-banyak seputar apa-apa saja yang bisa meningkatkan dan menghambat kehidupan seksual Anda dan pasangan.
  • Hindari traumatik pada hubungan seksual pertama kali. Maka dari itu, perlu adanya pemahaman dan pengetahuan seputar aktivitas seks sebelum menikah, baik pada wanita maupun pria.
  • Binalah komunikasi yang baik dengan pasangan.
  • Jagalah kesehatan kelamin dan setialah dengan pasanga, supaya tidak tertular atau terinfeksi penyakit kelamin.
  • Pasca melahirkan, pastikan luka sobekan akibat melahirkan sembuh dengan baik dan sempurna.

 

Mengatasi vaginismus

Cobalah untuk terbuka kepada suami dengan cara membuat komunikasi yang baik dengan suami, apabila Anda telah menyadari bahwa Anda menderita vaginismus. Tidak perlu ragu untuk mengungkapkan hal itu, karena apabila Anda membiarkan suami bertanya-tanya dengan penolakan yang Anda berikan, justru akan semakin memperburuk keadaan, dan menghambat kehidupan rumah tangga, terutama hubungan seksual Anda dan pasangan.

Setelah itu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter ahli. Pada sesi pemeriksaan, salah satu metode pemeriksaan akan mengarah pada dilator. Dilator adalah suatu alat yang terbuat dari bahan semacam plastik yang berbentuk silinder, yang fungsinya untuk merelaksasi otot vagina yang mengalami kekejangan tidak normal.

Sebelum menggunakan dilator, biasanya terlebih dahulu pihak wanita akan diminta untuk melakukan latihan kontraksi dan relaksasi otot panggulnya.

Apabila sudah mampu melakukan relaksasi otot, barulah dilator bisa digunakan. Dimulai dari ukuran terkecil (nomor 1). dilator akan dibiarkan didalam vagina sekitar 10-15 menit, dan dapat diulang 3-4 kali di siang hari dan sekali lagi menjelang malam.

Pada umumnya, wanita dengan vaginismus bisa menggunakan dilator nomor 3 dan empat dalam kurun waktu satu minggu. Apabila dengan penggunaan dilator nomor 3 atau empat, pihak wanita sudah merasakan kenyamanan, maka cobalah untuk bercinta dengan posisi wanita di atas.

 

Beberapa cara mengatasi vaginismus menurut dokter Boyke adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan suami dan istri tahu bahwa hubungan seks itu tidak sakit kalau laki-laki dan perempuan sama-sama siap, dengan perasan cinta dan keterlibatan emosi.
  2. Penggunaan gel bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di awal. Sebelumnya, kenali tubuh pasangan dengan mandi berdua. Belajar anatomi tubuh, agar tak kaget. Saling memegang dan ekplorasi tubuh dan alat kelamin masing-masing. Setelah dekat, baru melakukan hubungan.
  3. Jangan dipaksakan harus dilakukan pada malam pertama. Jika istri menolak, lalukan pendekatan pelan-pelan. Pada malam pertama, bagian bokong wanita diganjal bantal supaya lebih relaks.
  4. Karena tidak ada obatnya, harus mengubah pola pikir. Minta bantuan psikolog atau psikiater dan mulai kenali pasangan lebih dekat lagi. Pemberian krim atau bius hanya dilakukan jika sudah tahap yang berat.
  5. Terapi menyaksikan proses melahirkan bisa juga karena memperlihatkan kepala bayi pun bisa keluar dari vagina yang elastis.

Boyke menampik jika ada yang beranggapan solusi untuk vaginismus adalah dengan menonton video porno. Menurutnya, itu cara yang salah karena seringkali berlebihan menampilkan hubungan seksual. “Yang paling bagus adalah memberikan pendidikan seks sejak dini,” demikian Boyke.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *