Untitled

7 TIPS MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK

7 TIPS MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK. Memang ketika pertama kali memulai mencoba dan mempraktekan teknik ini ternyata saya menemukan bahwa teknik ini tidak sesederhana teorinya. Saya masih ingat kata Trainer NLP saya waktu itu bahwa untuk mem-PACING seseorang saya perlu me-MATCHING orang tersebut, saat melakukan rasanya aneh sekali. Saya berpikir gerak tubuh orang kok disama-samakan seperti orang kurang kerjaan saja.

Untitled

Dan seiring perjalanan, sayapun semakin fasih menggunakan teknik tersebut. Di kantor, dalam meeting saya menggunakan teknik ini membuat atasan, rekan kerja bahkan ‘kompetitor’ akhirnya dengan suka rela menerima ide – ide saya dan menjalankannya. Anda tentu dapat membayangkan betapa senangnya saya waktu itu.

 

Namun ada hal yang LEBIH menarik dan apakah anda TAHU, seandainya anda TAHU rahasia dari teknik ini dan menggunakannya dalam hidup anda pribadi, maka akan mengeluarkan POWER yang anda miliki. Bukankah saat anda terus membaca tulisan ini, membuat anda semakin menyadari, bahwa teknik ini juga dapat anda terapkan ke DALAM DIRI anda sendiri dan saat anda menerapkan ke DALAM DIRI anda, anda mampu me-LEADING bagian – bagian yang selama ini menghambat anda mencapai sukses.

 

Bayangkan, saat anda MENYADARI dan TAHU ada bagian dari DIRI anda yang mensabotase DIRI anda sendiri untuk mencapai sukses, maka anda TAHU bagaimana anda PERLU mem-PACING bagian yang mensabotase tersebut sehingga bagian dari diri anda tersebut dapat anda LEADING untuk mencapai OUTCOME yang anda butuhkan.

 

Pacing dan Leading sangat penting dalam membangun hubungan baik dan menentukan Anda berhasil atau tidak dalam berkomunikasi dengannya. Untuk itulah para pakar komunikasi menyarankan agar kita memahami gambar orang lain dahulu, bersimpati; baru mereka akan memahami Anda. Guru Stephen Covey, mengatakan, “pahami dan mengertilah maka Anda akan mengerti orang lain.”

 

Jangan menunggu orang lain untuk terlebih dahulu melakukan PACING terhadap Anda. Anda yang harus memulainya. Pacing = MENYESUAIKAN. Leading = MENGARAHKAN.

 

Indikasi dari proses menyesuaikan adalah perasaan nyaman dan munculnya kepercayaan kepada diri Anda dari pasangan komuniksi Anda. Untuk melakukan PENYESUAIAN (pacing) Anda perlu mempergunakan teknik membangun keakraban dan kesamaan model dunia dengannya. Sehingga dia merasa nyaman, merasa sama model dunianya, dan searah peta pikirannya. Frequensi emosi yang sama, gerakan tubuh yang sama, tutur kata dan pemilihan kalimat yang sejenis mampu mendorong perasaan dua orang ke dalam ikatan emosi. Dan itu adalah awal dari penyesuaian, selanjutnya arahkan, arahkan komunikasi sesuai dengan harapan dari tujuan instesi ‘untuk apa Anda berkomunikasi, mencapai hasil – outcome’.

 

Bila Anda menjual ide, maka ide Anda diterima dan disetujui untuk diimplementasikan. Bila Anda menjual barang, dia membeli barang tersebut. Tahap ini disebut UTILISASI. Jadi Pacing dulu lalu Leading dan kemudian Utilize.

 

Inti dari PACING adalah Anda akan meLEADING orang yang Anda ajak berkomunikasi untuk memberikan respond yang Anda inginkan. Pada terapan NLP Practitioner, Anda akan membantunya untuk menjadikan dirinya berdaya atau terapi atau bantuan apapun sehingga orang yang berkomunikasi dengan Anda beroleh manfaat dari diri Anda.

 

7 TIPS MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK:

  1. Tunjukan minat, tulus dan hargai dengan sungguh-sungguh kepentingan orang lain. Mencoba memahami orang lain terlebih dahulu daripada mengharapkan orang lain memahami Anda.
  2. Pilih kata-kata pada kalimat ‘PREDIKAT’ yang sering digunakan dan pergunakan kembali kata dan kalimat ‘predikat’ nya saat berkomunikasi kepada pasangan komunikasi Anda.
  3. Perhatikan cara orang tersebut menerima dan memberikan informasi; apakah dia memberikan informasi secara rinci atau hanya tertarik garis besarnya saja? Sesuaikanlah sesuai dengan minatnya.
  4. Atur napas dan samakan.
  5. Pahami maksud yang tidak tersirat (implisit) dalam makna kata-kata yang dipergunakannya, meskipun tidak terucap tetapi pasti ada hal-hal yang disimpannya. Perhatikan baik-baik hal penting tersebut.
  6. Samakan bahasa tubuh, nada suara pasangan komunikasi Anda.
  7. Hargai waktu dan tenaga dengan menyampaikan penghargaan tulus Anda.

 

Sebagai NLP Practitioner, Anda perlu mengubah PETA MODEL DUNIA Anda kemudian masuk ke dalam PETA MODEL DUNIA orang lain, dan itulah cara Anda membangun hubungan baik sehingga Anda diterima karena orang tersebut merasa nyaman, terhubung, dimengerti dan merasa Anda sebagai pribadi memiliki kesamaan perhatian dan kepentingan.

 

Anda perlu belajar dan mengasah kemampuan untuk mengubah diri Anda dan damai sehingga orang lain merasa nyaman bersama Anda. Seninya adalah masuk ke model dunia orang lain tanpa disadari karena Anda menggunakan pendekatan VAK + Mirroring. Bukan hanya sama subyek dan konten tetapi juga sama dalam bahasa.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *