4 Langkah Mudah Untuk Membangun Personal Branding

personal branding
personal branding

Branding untuk diri sendiri tidak ada hubungannya dengan usia, posisi di kantor, atau bisnis yang kita jalankan. Sebab, diri kita mencerminkan sebuah brand, demikian Tom Peters, ahli personal branding, menjelaskan. Siapa pun yang sadar akan pentingnya nama dan citra adalah ‘CEO’ bagi perusahaannya sendiri atau disebut ‘Me Inc’.

Yuni Lasti Faulinda, Junior Partner dari Experd Consultant menjelaskan, personal branding adalah cara dan proses kita memasarkan diri kepada orang lain atau komunitas yang menjadi target kita.

Berikut ini 4 langkah menciptakan personal branding yang bisa Anda lakukan :

  1. Buatlah Tagline

Deskripsikan tentang diri Anda dalam satu kalimat yang ‘menjual’ seperti halnya iklan promosi suatu produk di pasaran. Tagline ini akan menjadi acuan brand seperti apa yang ingin Anda bentuk. Seperti Michelle Obama adalah ibu negara yang menjalankan gaya hidup sehat dan cinta karya desainer lokal.

  1. Perbanyak ‘Soulmate’

Ubahlah fungsi sahabat Anda menjadi soulmate yang diibaratkan konsumen yang setia pada satu brand. Mereka tidak mudah berpaling dan selalu memberi koreksi saat Anda melakukan tindakan yang salah atau sebaliknya siap menjadi pembela saat ada ‘kompetitor’ yang menyerang. Soulmate akan membantu saat Anda jatuh, dan menjadi pengingat (reminder) yang membantu mengevaluasi diri Anda agar tetap berada pada jalur yang benar.

  1. Optimalkan akun media sosial

Menurut Yuni, twitter, facebook, LinkedIn, instagram, atau apa pun akun media sosial yang Anda miliki akan merefleksikan diri Anda dan menjadi bagian dari promosi diri yang efektif. Deskripsi pribadi pada akun media sosial Anda juga dilihat orang sebagai citra diri Anda. Yuni juga menambahkan, resume yang bagus di media sosial (seperti LinkedIn) juga dapat menambah nilai plus brand Anda. Rajinlah mengubah status pribadi Anda yang mmeperkuat brand Anda, misalnya dengan inspiring quotes, mengunggah foto kegiatan positif yang sudah Anda lakukan, seperti ketika menjadi pembicara di sebuah media atau saat emndapat penghargaan atas prestasi Anda.

  1. Buatlah website pribadi atau video profile

Menurut Yuni, dunia digital memberi kesempatan pada kita untuk bisa lebih luas dilihat dunia. Menuangkan pemikiran Anda dalam website atau video profile dapat memperkuat citra diri Anda sebagai brand yang ramah digital, terbuka, dan selalu update dengan gaya hidup terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *