5 Kombinasi Warna Terbaik Untuk Presentasi

Cara Jitu Menggunakan Kombinasi Warna Terbaik dalam Presentasi

Cara Jitu Menggunakan Kombinasi Warna Terbaik dalam Presentasi
Kombinasi Warna Terbaik dalam Presentasi

Membuat tampilan slide presentasi menjadi lebih menarik sering kali menjadi hal yang paling menyita waktu ketika membuat slide presentasi. Waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk mengerjakan hal yang lain, menjadi habis karena harus mengatur tampilan slide presentasi tersebut.

Salah satu yang harus diatur ketika membuat slide presentasi adalah pemilihan warna atau kombinasi warna. Seringkali memilih warna menjadi kesulitan tersendiri untuk sebagian orang. Terutama orang – orang yang kurang paham mengenai teknik desain. Akhirnya slide presentasi tersebut menggunakan warna template standar PowerPoint yang terlalu sering digunakan sehingga orang kurang tertarik untuk melihatnya.

Memilih kombinasi warna yang tepat bisa membuat slide presentasi kita semakin hidup sehingga lebih menarik untuk dilihat audiens. Dengan demikian informasi akan lebih mudah diterima oleh audiens. Begitu pula sebaliknya, kombinasi warna yang kurang bagus atau tidak harmonis akan membuat slide presentasi menjadi kurang nyaman untuk dilihat dan akibatnya audiens menjadi kurang tertarik dengan infomasi yang akan kita sampaikan.

Lalu bagaimana jika kita ingin menggunakan warna yang bagus tetapi hanya memiliki sedikit waktu? Bagaimana jika kita tidak ingin menggunakan warna standar template PowerPoint? Pada artikel kali ini saya akan berbagi mengenai 5 kombinasi warna terbaik untuk presentasi Anda. Satu kombinasi warna terdiri dari 3 warna yang bisa Anda gunakan untuk background, teks utama dan teks pendukung. Anda bisa menggunakan kombinasi warna ini untuk presentasi proyek, tugas sekolah, tugas kuliah, skripsi, atau bisnis di perusahaan Anda.

  1. Merah Memukau

kombinasi-font-6.2

Warna yang digunakan pada kombinasi ini berjenis pastel sehingga lembut untuk dilihat. Warna ini cocok dengan tema presentasi yang bersifat ceria, semangat motivasi, feminim dan yang lainnya. Walaupun warnanya sedikit ke merah mudaan, kombinasi warna ini cocok juga digunakan oleh pria karena adanya kombinasi warna ‘kuning’ dan ‘putih’.

Pada contoh slide judul diatas, warna background menggunakan warna ‘merah’. Sedangkan untuk teks utama menggunakan warna ‘kuning’ dan warna ‘putih’ untuk teks pendukung. Warna ‘merah’ untuk teks utama memberi kesan harmonis dengan background sehingga nyaman untuk dilihat.

Anda bisa menambahkan gambar pendukung dari materi slide tersebut. Berikut ini adalah warna yang digunakan pada kombinasi merah memukau ini. Lengkap dengan RGB yang digunakan.

  1. Biru Inspiratif

5 Kombinasi Warna Terbaik Untuk Presentasi Anda

Kombinasi warna selanjutnya saya namakan Biru Inspiratif. Kombinasi warna ini memiliki kesan elegan dan tenang sehingga sangat cocok untuk presentasi tugas kuliah, presentasi tugas sekolah, presentasi bisnis, presentasi motivasi atau presentasi skripsi Anda. Warna ‘biru tua’lah memberikan kesan elegan yang membuat slide presentasi Anda lebih menarik untuk dilihat. Dengan paduan warna ‘putih’ dan ‘hijau muda’ membuat slide tersebut harmonis.

Warna ‘biru tua’ digunakan sebagai bacakground, warna ‘putih’ saya gunakan untuk teks utama dan warna ‘hijau muda’ digunakan untuk teks pendukung slide presentasi. Anda bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan Anda. Slide berikut merupakan contoh penggunaan kombinasi warna dengan teknik kontras.

  1. Hijau Handal

Hijau Handal adalah nama kombinasi warna yang ketiga. Pada kombinasi warna ini warna yang digunakan lebih bersifat natural sehingga cocok presentasi yang bertema alam, kehidupan, presentasi motivasi tetapi tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk presentasi bisnis.

Sebagai catatan, tidak selalu warna gelap harus menjadi background. Sebagai contoh, saya menggunakan warna terang yaitu ‘hijau muda’ untuk background dan ‘hijau tua’ untuk teks utama.  Walaupun tanpa gambar pendukung, slide tetap menarik karena menggunakan teknik tipografi dan kontras.

  1. Tealicious

Kombinasi warna yang selanjutnya saya namakan Tealicious. Warna yang menarik dari kombinasi ini adalah warna teal atau kombinasi antara warna hijau dan biru. Warna teal ini akan sangat baik jika dikombinasikan dengan background gelap sehingga memberikan kesan elegan. Kombinasi warna ini cocok untuk presentasi sidang, presentasi seminar, presentasi bisnis, presentasi tugas kuliah atau presentasi motivasi.

Dengan template ini, Anda bisa membuat slide dengan cepat dan berkelas dunia. Dengan kombinasi warna ini, slide presentasi Anda akan lebih menarik dan nyaman untuk dilihat. Warna teal sangat cocok digunakan untuk teks utama karena sifatnya yang mencolok. Warna ‘putih’ bisa digunakan sebagai warna teks pendukung yang tidak terlalu mencolok.

  1. Navy Blue

Kombinasi warna yang terakhir saya namakan Navy Blue. Kombinasi antara warna ‘biru tua’, ‘kuning’ dan ‘putih’ membuatnya memiliki kesan gagah, elegan namun tetap nyaman untuk dilihat. Kombinasi warna ini bisa digunakan untuk presentasi apapun . Contohnya adalah presentasi tugas akhir, presentasi sidang seminar, presentasi tugas, presentasi bisnis, presentasi motivasi, presentasi keuangan dan yang lainnya.

Seperti Tealicious, Navy blue memiliki warna yang mencolok yaitu warna ‘kuning’ yang sangat tepat digunakan untuk teks utama presentasi Anda. Namun dengan catatan background yang digunakan haruslah gelap. Jika background yang digunakan terang, maka gunakan warna ‘biru tua’ sebagai teks utama.

Cara Menggunakan Kombinasi Warna Untuk Presentasi :

Demikian 5 kombinasi warna terbaik untuk presentasi Anda. Sekarang mungkin muncul pertanyaan dipikiran Anda. Bagaimana cara menggunakan kombinasi warna ini untuk presentasi Anda? Pada PowerPoint 2013 ke atas terdapat suatu fitur yang bisa mengambil warna dari gambar yang kita miliki. Nama fitur tersebut adalah Eyedropper. Sedangkan untuk PowerPoint 2013 ke bawah, Anda bisa menggunakan angka RGB yang terdapat pada setiap kombinasi warna

Kesimpulan

Dengan kombinasi warna yang tepat, slide presentasi akan jauh terlihat lebih menarik dan nyaman dilihat oleh audiens. Gunakan kombinasi warna sesuai dengan tema yang Anda bawakan. Lalu jangan lupakan teknik kontras. Dengan menerapakan hal tersebut, presentasi Anda akan lebih Memukau dari yang lainnya.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *