7 Tips Menghargai Usaha Orang Lain

Cara Jitu Menghargai Usaha Orang Lain dan Menghormatinya

Cara Jitu Menghargai Usaha Orang Lain dan Menghormatinya
Menghargai Usaha Orang Lain

Menunjukkan rasa hormat pada orang lain merupakan bagian penting dari mempertahankan hubungan pribadi. Belajar menghargai usaha, kemampuan, pendapat, dan kebiasaan orang lain bisa membuat Anda tetap bahagia dan sukses dalam kehidupan antarpribadi. Menghargai diri Anda sendiri bisa membantu Anda meneruskan kepercayaan diri untuk biasa menghargai dan membaginya dengan orang di sekitar Anda.

Cara Jitu Menghargai Usaha Orang Lain dan Menghormatinya :

1. Tunjukkan rasa syukur

Nyatakan terima kasih pada orang untuk bantuan dan dukungannya secara teratur. Sangat penting untuk mengingat semua orang yang telah membantu Anda dalam perjalanan Anda. Tunjukkan rasa hormat dengan mengatakan terima kasih. Walaupun tidak ada alasan jelas untuk mengatakan terima kasih, menunjukkan secara teratur akan sangat berarti untuk banyak orang. Kirim surat, telepon, email dan pesan teks pada orang yang sudah kehilangan kontak. Tidak membutuhkan lebih dari beberapa menit untuk mengekspresikan diri Anda. Ingat untuk mengatakan terima kasih kepada :

  • orang tua
  • saudara
  • rekan kerja
  • teman sekelas
  • teman
  • guru
  • tetangga

2. Ingat untuk berbicara sopan kepada semua orang

3. Puji pencapaian orang lain

Saat orang lain sukses, tarik perhatian padanya dan rayakan kemampuan serta pencapaiannya. Belajar mengenali jika orang lain berusaha sangat keras dan mencapai sesuatu lalu puji dengan tulus. Tarik mereka dan lakukan secara pribadi, agar pujian Anda terasa ikhlas.

Dari pada pertama bereaksi “Kenapa itu tidak terjadi kepada saya?” cobalah mengatakan “Itu sangat bagus untuk mereka!” Mempertahankan sikap positif akan memfokuskan perhatian menjauhi Anda dan menyebarkan kebaikan.

Jika Anda mengharghai seseorang yang sepertinya mengalami waktu sulit, atau tidak memiliki banyak yang bisa dipuji dibandingkan orang lain, buat usaha ekstra untuk memuji usaha, sikap, atau atribut positif mereka.

4. Jadilah tulus

Walaupun sangat penting mengatakan terima kasih dan memuji orang lain, kebanyakan orang biasanya tidak menghargai kepalsuan. Jadilah tulus dalam perkataan terima kasih Anda dan menunjukkan rasa hormat Anda terhadap usaha orang lain. Berbicara dari hati.

Bahkan sesuatu sesederhana “Selalu senang untuk melihat Anda” bisa sangat berarti dan menunjukkan banyak rasa hormat. Ini tidak harus rumit.

5. Lakukan apa yang Anda katakan

Jika Anda berkomitmen menghadiri acara atau membuat rencana dengan seseorang, tepati janji Anda. Bisa dipercaya menunjukkan rasa hormat terhadap waktu orang lain, dan menunjukkan Anda membuat usaha khusus untuk ada bagi mereka. Hargai usaha orang lain dengan tepat waktu, siap, dan bersemangat.

Selalu datang ke tempat kerja, sekolah, atau latihan olahraga dengan siap. Persiapkan bahan Anda dan selesaikan semua pekerjaan yang diperlukan di awal. Anda menunjukkan rasa hormat pada orang lain dengan tidak menghabiskan waktu mereka.

Sepertinya mengatakan “Tidak” berarti tidak menghargai, namun Anda juga harus belajar konsisten dan realistis dengan kemampuan Anda. Sangat sulit untuk menghargai orang yang tidak bisa diandalkan.

6. Tawarkan bantuan Anda

Usahakan untuk membantu orang jika sepertinya merka membutuhkannya, terutama jika Anda tidak diharuskan. Bersuka rela untuk membantu teman Anda pindah rumah, atau membantunya bersih-bersih setelah acara sekolah. Lakukan hal lebih. Bahkan membantu adik Anda dengan pekerjaan rumahnya atau membantu ayah Anda membersihkan halaman tanpa diminta menunjukkan rasa hormat yang sangat besar.

Jika sepertinya salah satu teman atau tetangga Anda merasa murung atau melalui waktu sulit, berikan dukungan yang mungkin mereka perlukan. Belajar mengatakan, “Anda bisa melaluinya” bisa membuat perbedaan besar untuk seseorang yang mungkin kesulitan.

7. Hargai kemampuan orang lain

Menawarkan terlalu banyak bantuan terkadang tidak menghargai. Terkadang, pintar juga untuk mundur dan membiarkan orang lain membuktikan kemampuannya dan mengendalikan situasi atau masalah sendiri.

Usahakan untuk mengenali saat seseorang mampu melakukan sesuatu sendiri dan jangan ikut campur untuk menunjukkan pada seseorang rasa hormat yang layak ia dapatkan. Ada perbedaan besar antara menawarkan bantuan secara emosional saat ia melalui putus hubungan yang buruk dan bersikeras membantu seseorang membuat sereal.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *