Tips Atasi Phobia dengan Teknik Hypnoterapi

Cara Mengatasi Phobia dengan Hipnoterapi

Cara Mengatasi Phobia dengan Hipnoterapi
Cara Mengatasi Phobia dengan Hipnoterapi

Phobia adalah kecemasan yang luar biasa, terus menerus dan tidak realistis, sebagai respon terhadap keadaan eksternal tertentu. ketakutan ini bisa dikarenakan oleh benda atau situasi-situasi tertentu yang seringkali tidak beralasan dan tidak berdasar pada kenyataan.

Bagi sebagian orang, perasaan takut akan hal ini memang sulit dimengerti atau sulit diterima oleh akal sehat. Penderita biasanya menghindari keadaan-keadaan yang bisa memicu terjadinya kecemasan atau menjalaninya dengan penuh tekanan.Penderita menyadari bahwa kecemasan yang timbul adalah berlebihan dan karena itu mereka sadar bahwa mereka memiliki masalah.

Beberapa gejala yang muncul pada penderita phobia secara umum hampir sama dengan gejala kecemasan, akan tetapi gejala yang ada terarah pada situasi dan kondisi tertentu saja (tidak menyeluruh). Beberapa gejala tersebut diantaranya adalah :

  1. Sering sakit kepala, migrain.
  2. Ingin tidur lebih lama.
  3. Berkeringat secara berlebihan.
  4. Otot menegang.
  5. Rasa ingin muntah.
  6. Peningkatan rasa cemas
  7. Berpikir secara tidak realistis, takut dan membayangkan sesuatu bakal terjadi.
  8. Sulit berkonsentrasi.
  9. Mudah merasa capai atau letih.
  10. Gemetar.
  11. Kewaspadaan secara berlebihan (overt alertness)
  12. Phobia erat kaitannya dengan pengalaman trauma sebelumnya
  13. Takut terhadap sesuatu kondisi atau situasi tertentu yang menimbulkan kecemasan akan tetapi kecemasan itu berkurang bila situasi atau objek yang ditakuti itu tidak berada disekitar individu

Ketika anda merasa phobia sudah amat mengganggu dan menghambat aktifitas anda hendaknya segera mencari metode tepat agar tak berlarut-larut dan membahayakan kesehatan psikis anda.

Beberapa teknik Pengobatan terbaik untuk Phobia yang bisa anda coba yaitu :

  1. Teknik Pemaparan

Masih senada dengan itu, Jeffrey S. Berman, Ph.D., profesor di University of Memphis, Amerika Serikat mengatakan, kontak langsung dengan sesuatu yang Anda takuti merupakan sesuatu yang penting untuk mengatasi fobia. Dengan ‘terapi paparan’ penderita bisa secara perlahan mengurangi pengaruh fobia dalam pikiran.

Sebagai contoh anda mengalami phobia terhadap ketinggian maka sering-seringlah anda ke tempat-tempat ketinggian seperti bukit dan gunung. Disana lawan rasa takut itu kuasai dan kendalikan diri anda secara bertahap. Rutinlah anda lakukan itu agar bisa berangsur-angsur hilang.

  1. Teknik perilaku kognitif

Cognitive Behavioural Therapy/CBT yaitu suatu konseling yang akan menggali pikiran, perasaan dan perilaku seseorang dalam  rangka mengembangkan cara-cara praktif yang efektif untuk melawan fobia.

“Gangguan ansietas, di mana fobia termasuk salah satu di dalamnya, merespon pendekatan terstruktur dan rasional,” begitu kata Nicky Lidbetter dari National Phobics Society di The Sunday Times. Maka itu terapi perilaku kognitif merupakan satu cara yang efektif. Terapi ini berusaha membangun cara baru dalam berpikir serta merespon masalah. Dimulai dengan mempelajari informasi akurat mengenai objek atau situasi fobia, dilanjutkan dengan berbagai langkah, termasuk menantang kemungkinan terburuk dari hal irasional itu.

  1. Teknik Hipnoterapi

Dengan bantuan seorang ahli hipnoterapi, penderita mencari, mengendalikan dan tetap berhubungan dengan apa yang ditakutinya sampai kecemasannya secara perlahan berkurang karena sudah terbiasa dengan keadaan tersebut (proses ini disebut habituasi).

Hipnoterapi yang merupakan bagian dari Psikoterapi dilakukan agar penderita lebih memahami pertentangan psikis yang tersimpan di pikiran bawah sadarnya melatarbelakangi terjadinya kecemasan dan fobia.

Hipnoterapi dilakukan pada penderita phobia memberi sugesti-sugesti untuk menghilangkan phobia. Anda tak harus mengunjungi langsung pusat-pusat hipnoterapi dan bertatap muka dengan terapist nya. Kini sudah banyak bermunculan Audio berupa CD yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Audio ini biasanya sangat efektif karena anda bisa dengan fokus dan nyaman mencari jadwal yang tepat yaitu pada saat paling rileks dikeseharian anda. Salah satu audio hipnoterapi untuk mengatasi kecemasan berlebih adalah Stop Panic Attack. Dengan audio ini anda akan mampu mengendalikan kecemasan dan kepanikan anda yang berlebih.

Stop panic attack  menggunakan teknik hipnosis ampuh untuk menghilangkan efek kecemasan berlebih, pemrograman ulang pikiran bawah sadar perlu dilakukan agar ketika Anda menghadapi situasi yang menyebabkan fobia anda muncul Anda merasa tidak lagi menganggap sesuatu itu benar-benar berbahaya.

  1. Teknik Obat-Obatan

Selain melalui terapi, fobia juga bisa ditaklukkan dengan beberapa varian obat. The Harvard Mental Health Letter mencontohkan, Selective Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI) serta Serotonin and Norepinefrin Reuptake Inhibitor (SNRI) merupakan pilihan obat terbaik untuk fobia, terutama fobia sosial secara umum. Lebih dari 20 uji coba yang dilakukan secara acak namun terkontrol mendukung penggunaan obat ini.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *