6 Prinsip Penting dalam Induksi Hypnoterapi

Prinsip – prinsip penting dalam Induksi Hipnoterapi

Prinsip - prinsip penting dalam Induksi Hipnoterapi
Prinsip – prinsip penting dalam Induksi Hipnoterapi

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi berbagai teknik induksi yang mudah dan cepat namun sangat elegan untuk diterapkan dalam terapi. Jika untuk stage hypnosis, saya hanya menyarankan teknik shock induction karena efek wow yang dihasilkannya. Namun untuk terapi, kita perlu sedikit lebih kreatif, lembut, persuasif dan elegan dalam menangani klien. Setuju kan?

Kenapa saya bagikan teknik-teknik ini disini? Saya berharap sahabat pembelajar menemukan benang merah dalam menggiring klien anda menuju kondisi trance. Nah teknik-teknik yang saya bagikan disini memenuhi prinsip – prinsip penting dalam induksi. Apa saja prinsip induksi tersebut? Ada 6 yaitu :

  1. Shock to nervous system, yaitu memberikan unsur menakjubkan, mengejutkan, atau mencengangkan
  2. Fatigue, or relaxation to nervous system, yaitu dengan cara menjemukan, membosankan pikiran sadar, atau melenakan
  3. Mind misdirection, yaitu menyesatkan pikiran dengan mengasosiasikan sesuatu yang sesungguhnya tidak ada hubungannya, misal teknik mata lengket, melsen 2 in one, dll
  4. Mental confusion, membingungkan, gamang, transderrivative seearch, membuat klien terpelongo atau keheranan
  5. Missed Equilibrium, yaitu membuai, melenakan, menghilangkan keseimbangan
  6. Eye Fixation, membuat mata menjadi lelah atau defocus

Teknik induksi yang baik bisa menggabungkan beberapa prinsip sekaligus dan bagaimana kepiawaian anda membawakan teknik tersebut itu yang lebih penting. Alangkah baiknya jika sebagai hipnoterapis telah benar – benar memahami tentang trance dengan baik. Esensi penting dari sebuah tindakan induksi ataupun elisitasi trance adalah untuk menaikkan otoritas anda, terjalin rapport/ connectedness antara bawah sadar terapis dengan klien (mind to mind connectedness/ transference) dan meraih keyakinan klien. Sehingga dengan demikian induksi bukan sekedar dipahami sebagai teknik “menidurkan” belaka, melainkan lebih daripada itu. Senantiasa pula perhatikan :

  • Empati anda
  • Bahasa tubuh anda
  • Penampilan (pakaian, potongan rambut, bulu hidung, dll yang mungkin berpengaruh pada brand image anda)
  • Bau badan dan apapun yang mungkin membuat klien tidak nyaman
  • Cara bertutur kata

Prinsip-prinsip Sugesti / Menggiring Menuju Trance

Pertama, Prinsip Pemusatan Perhatian. Prinsip ini menyatakan bahwa ketika perhatian secara spontan dipusatkan pada satu ide, maka ide tersebut akan mewujudkan dirinya sendiri.

Kedua, Prinsip tentang Hasil yang Berlawanan Prinsip ini berasal dari Emile Coue, bunyinya, “Ketika keinginan dan imajinasi saling bertentangan, maka imajinasilah yang selalu menang.”

Ketiga, Prinsip tentang Kekuatan Emosi Di sinilah bahasa hipnotik menemukan kekuatan sugestinya. Di sini juga rahasia kekuatan bujukan. Emosi yang lebih kuat akan cenderung mengalahkan emosi yang lebih lemah.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *