6 Gerakan Yoga Untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol
Gerakan Yoga

Kolesterol adalah lemak yang ditemukan dalam aliran darah dan dianggap sebagai zat berbahaya bagi tubuh. Berlawanan dengan kepercayaan yang populer ini, kolesterol ternyata sangat penting untuk fungsi penormalan dan pemeliharaan tubuh. Kolesterol diperlukan untuk membangun membran dan cairan membran. Kolesterol juga dikenal berperan penting dalam proses sintesis vitamin D dan hormon seperti progesteron, estrogen maupun testosteron.

Meskipun baik untuk tubuh, kelebihan kolesterol dapat dapat membahayakan tubuh. Terlalu banyak kolesterol dalam aliran darah dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan penyakit komplikasi yang terkait dengan jantung. Untuk tetap menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, penting untuk menjalani gaya hidup sehat yang meliputi kebiasaan makan makanan sehat dan olaharaga secara teratur.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa yoga ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol secara alami tanpa efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Yoga adalah olahraga disiplin kuno yang membentuk tubuh dan menenangkan pikiran melalui yoga asanas, pranayama dan meditasi.

Gerakan yoga untuk menjaga kadar kolesterol dalam tingkat yang terkendali :

  1. Kapal bhati pranayama (Teknik pernapasan)

Gerakan pranayama membantu meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan. Gerakan yoga ini juga merangsang organ-organ perut untuk bekerja lebih tinggi serta meningkatkan fungsi saluran pencernaan.

  1. Gerakan yoga Chakrasana (Wheel pose)

Gerakan yoga Wheel pose mampu memberikan sensasi pijatan pada organ-organ perut dan membantu meringankan sembelit. Gerakan ini juga meningkatkan fungsi hati, dengan demikian tentu saja membantu menyingkirkan kelebihan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

  1. Gerakan Yoga Shalabhasana (Locust pose)
Locust pose
Locust pose

Gerakan yoga Locust bermanfaat untuk mengencangkan perut dan merangsang organ-organ perut. Pose yoga ini juga membantu mengatasi sembelit.

  1. Gerakan Yoga Sarvangasana
Sarvangasana
Sarvangasana

Gerakan Sarvangasana membantu merangsang organ-organ perut dan memperbaiki saluran pencernaan.

  1. Gerakan Yoga Paschimottanasana

Pose yoga ini merangsang hati dan ginjal agar bekerja lebih baik serta mengurangi obesitas dan menghilangkan kelebihan lemak pada daerah perut.Dengan kata lain gerakan yoga ini mampu mengecilkan dan mengencangkan perut buncit.

  1. Gerakan Yoga Ardha Matsyendrasana

Gerakan ini bermanfaat untuk memijat organ-organ perut, merangsang hati dan membantu dalam mengatasi gangguan pencernaan.

Kolesterol dihasilkan oleh tubuh dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyingkirkan kolesterol jahat dari sumber utamanya. Junk food, fast food atau produk daging goreng instan yang menjadi gudangnya lemak. Mengkonsumsi makanan kaya lemak seperti diatas akan menyebabkan kelesuan, perubahan suasana hati dan obesitas.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *