6 Teknik Induksi Dasar dalam Dunia Hipnosis Modern

Teknik Induksi Dasar dalam Hipnosis

Teknik Induksi Dasar dalam Hipnosis
Teknik Induksi Dasar dalam Hipnosis

Saat berbicara tentang hypnosis, orang biasanya langsung membayangkan seorang ahli hipnotis (hypnotist) yang sedang menghipnotis orang di televisi. Hypnotist mengajak orang tersebut berbicara, menyuruhnya melakukan beberapa hal dan tiba-tiba…bum…entah bagaimana orang tersebut langsung jatuh tertidur.

Proses “menidurkan orang” inilah yang dalam dunia hypnosis disebut sebagai induksi hipnotis, suatu proses yang dilakukan oleh hypnotist / hypnotherapist untuk membawa subyek hypnosis memasuki kondisi hypnosis.

Proses ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun tujuannya hanya satu : membypass critical factor sehingga hypnotist bisa berkomunikasi secara langsung dengan pikiran bawah sadar subyek.

Walau kebanyakan orang menganggap proses ini sebagai proses yang sulit, sebenarnya induksi hipnotis adalah proses termudah dalam hypnosis, dan dapat dipelajari oleh siapa saja kurang dari 1 jam.

Sugesti dalam Induksi Hipnotis

Induksi hipnotis menggunakan sugesti untuk membawa subyek memasuki kondisi hypnosis. Umumnya, sugesti induksi merupakan gabungan dari sugesti verbal dan sugesti non-verbal (misalnya dengan berkata “Tidur semakin dalam” sambil menekan bahu subyek ke bawah). Namun sugesti induksi dapat juga murni hanya berupa kata-kata seperti dalam Conversational/ Covert Hypnosis Induction, atau tanpa menggunakan kata-kata sama sekali (Non-verbal Hypnosis Induction).

Kecepatan Induksi Hipnotis

Berdasarkan kecepatannya, hypnosis induction dapat dikategorikan menjadi :

  1. “Normal” hypnosis induction

Induksi hipnotis ini membutuhkan waktu antara 10-15 menit untuk membawa subyek memasuki kondisi hypnosis. Induksi ini umumnya digunakan dalam hypnotherapy, di mana kecepatan bukan faktor yang utama. Contoh dari induksi ini adalah Progressive Muscle Relaxation.

  1. Rapid hypnosis induction

Induksi hipnotis ini membutuhkan waktu yang jauh lebih cepat dibanding induksi hipnotis normal, hanya sekitar 1-5 menit dari awal proses induksi hingga subyek terhipnotis. Induksi ini dapat digunakan baik dalam stage hypnosis (hipnotis panggung) maupun dalam terapi hipnotis. Bandler Handshake Induction termasuk dalam kategori ini.

  1. Instant hypnosis induction

Induksi hipnotis tercepat dalam dunia hypnosis yang mampu membawa subyek memasuki kondisi hypnosis hanya dalam hitungan detik. Contoh dari induksi instan adalah Head Snap (aka Faith Healer) Induction. Sedikit catatan, demi kenyamanan klien, induksi ini sebaiknya tidak digunakan dalam terapi hipnotis.

Teknik atau Metode Induksi Dasar

Dalam dunia hypnosis moderen dikenal 6 metode atau tehnik induksi dasar sebagai berikut :

  1. Eye Fixation aka Eye Gaze (Fiksasi tatapan mata)

Dalam induksi ini subyek diminta untuk memusatkan pandangan ke satu titik. Tujuannya adalah untuk membuat mata subyek lelah sehingga mengalami perubahan fokus atau tertutup. Hypnotist kemudian menghubungkan kelelahan mata ini dengan sugesti yang membawa subyek memasuki kondisi hypnosis, seperti sugesti “mengantuk”, “tidur”, “mata terasa berat” atau sugesti lain yang sejenis.

  1. Relaxation (Relaksasi)

Induksi ini memanfaatkan kondisi hypnosis alami manusia yang akan muncul secara otomatis saat berada dalam kondisi tenang dan rileks. Hypnotist kemudian akan mengarahkan dan memperdalam kondisi hypnosis alami ini hingga mencapai kondisi hypnosis yang diharapkan.

  1. Confusion (Kebingungan)

Teori di balik metode induksi ini adalah membuat pikiran sadar subyek “kebingungan”, sehingga secara otomatis melakukan transderivational search (TDS). TDS adalah kondisi alami dari proses berpikir, di mana manusia akan secara otomatis melakukan pencarian ke bank data dalam pikiran bawah sadar untuk menemukan makna dari sesuatu.

Saat TDS terjadi, sesaat tercipta “celah” yang dapat dimanfaatkan oleh hipnotist untuk membypass critical factor subyek dan membawanya memasuki kondisi hypnosis. Kebingungan dapat diciptakan dengan banyak cara, seperti dengan membanjiri pikiran subyek dengan banyak informasi (overloading), memberikan pernyataan yang tidak jelas atau bermakna ganda (vague), atau dengan memotong pola gerak otomatis subyek (pattern interrupt, misalnya dengan memotong pola jabat tangan subyek).

  1. Misdirection (Pengalihan perhatian)

Inti dari induksi ini adalah mengalihkan perhatian subyek sehingga dia tidak sadar bahwa dirinya sedang dihipnotis. Metode ini efektif digunakan untuk subyek atau klien yang mau dihipnotis namun terlalu tegang atau takut untuk dihipnotis. Pengalihan perhatian bisa dilakukan dengan “mengemas” proses induksi sebagai “latihan relaksasi” atau “uji imajinasi”.

  1. Loss of Equilibrium (Kehilangan keseimbangan)

Saat kehilangan keseimbangan, manusia akan langsung berada dalam kondisi hypnosis alami. Ini adalah respon primitif yang terjadi secara otomatis. Dalam proses hypnosis, kondisi ini dapat diciptakan dengan gerakan mengayun yang pelan dan ritmis, misalnya dengan mengayun badan subyek ke depan dan belakang. Metode ini sebenarnya bukan barang baru. Para ibu sudah menggunakan metode ini untuk menidurkan bayi mereka selama ribuan tahun.

  1. Shock Induction (Kejutan)

Metode ini dilakukan dengan cara mengejutkan subyek sehingga pikirannya “membeku” selama beberapa detik (1 – 2 detik) karena tidak mampu memahami apa yang sedang terjadi. Semua sugesti yang diberikan dalam jeda waktu yang sangat singkat ini akan langsung diterima dan dipatuhi oleh pikiran bawah sadar karena dianggap sebagai “jawaban” atau “solusi tertepat” untuk mengatasi apa yang sedang terjadi. Perlu diingat bahwa hypnotist harus terus berbicara setelah induksi dilakukan, karena bila tidak subyek akan segera tersadar dan keluar dari kondisi hypnosis.

Saat ini dalam dunia hypnosis terdapat puluhan bahkan mungkin ratusan tehnik induksi. Semua tehnik induksi ini sebenarnya berasal dari salah satu atau gabungan dari metode-metode induksi dasar di atas, atau merupakan variasi dari tehnik induksi yang sudah ada. Tiap hypnotist/ hypnotherapist biasanya memiliki 2 – 4 teknik induksi favorit, tergantung pada style dan selera yang bersangkutan.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *