5 Tips Buat Presentasi yang Hebat dan Keren

Tips Jitu Membuat Presentasi yang Hebat

Tips Jitu Membuat Presentasi yang Hebat
Tips Jitu Membuat Presentasi yang Hebat

Inilah tips membuat presentasi yang hebat tersebut :

  1. Treat Your Audience As King

Audiens Anda adalah raja. Mereka hadir mendengarkan presentasi Anda karena kebutuhan.

Desain presentasi Anda sesuai kebutuhan audiens, bukan atas dasar keinginan Anda sendiri. Audiens ingin tahu apa yang penting buat mereka. Ciptakan presentasi yang jelas, sederhana dan mudah dimengerti.

  1. Spread Ideas and Move People

Audiens ingin mendapatkan inspirasi dari presentasi yang Anda bawakan. Mereka pun ingin mendapat manfaat dari kualitas pemikiran Anda. Ingat, presentasi bukanlah sebuah meeting yang membosankan melainkan harus menjadi penampilan yang memberi makna.

Anda dapat menggunakan animasi untuk membantu audiens memahami pesan lebih baik sekaligus mengajak mereka bertindak.

  1. Help Them See What You Are Saying

Sebuah gambar bisa memberi makna seribu kata. Ketika Anda merancang presentasi, tanyakan pada diri Anda, apa yang sebenarnya hendak dikomunikasikan? Lakukan brainstorming ide dan ganti kata-kata ke dalam gambar, grafik atau diagram.

Rancang presentasi dengan tampilan yang konsisten sehingga seluruh slide berfokus pada kesatuan ide. Dengan demikian, audiens akan mudah memahami apa yang Anda sampaikan. Jangan sampai mereka terdistraksi oleh slide yang membingungkan.

  1. Practice Design Not Decoration

Desain berbeda dari dekorasi. Desain yang baik menempatkan setiap elemen secara sadar untuk tujuan komunikasi tertentu. Tidak ada elemen apakah gambar, diagram atau tulisan yang diletakkan tanpa maksud tertentu.

Adapun dekorasi menambahkan sesuatu yang tujuannya untuk menghias tapi malah seringkali membuat slide presentasi jadi rumit dan membingungkan.

90% dari proses kreatif adalah dengan cara mengurangi. Jika Anda ingin menampilkan pesan yang kuat, fokuskan pernyataan Anda pada kalimat yang menjadi inti presentasi. Jika Anda ingin menampilkan gambar yang kuat, perbesar gambar tersebut dan tunjukkan kekuatannya.

  1. Cultivate Healthy Relationship

Sebagai presenter, Anda berinteraksi dengan slide dan audiens. Ciptakan hubungan yang baik dengan mereka. Kurangi teks yang tidak perlu dan fokuskan pada inti pembicaraan.

Lakukan latihan dan pengulangan sebelum Anda tampil. Slide Anda berfungsi sebagai komunikasi visual kepada audiens. Jangan lupa untuk senantiasa menciptakan kontak mata dan menampilkan bahasa tubuh yang bersahabat. Dengan demikian, tercipta rasa saling percaya dan hubungan yang sehat antara Anda dengan audiens.

Itulah 5 tips sederhana membuat presentasi yang baik. Lakukan kelima tips tersebut dan yakinlah Anda akan memberikan presentasi hebat yang akan selalu dikenang setiap audiens yang menyaksikan.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *