Yoga Untuk Menyelaraskan Jiwa

Yoga Untuk Menyelaraskan Tubuh, Jiwa dan Pikiran

Yoga Untuk Menyelaraskan Tubuh, Jiwa dan Pikiran
Yoga Untuk Menyelaraskan Tubuh, Jiwa dan Pikiran

Secara singkat yoga berarti aktifitas yang menghubungkan atau menyelaraskan fisik dengan jiwa. Para yogi zaman dahulu beranggapan bahwa agar tubuh bisa menyatu dengan alam, ia harus menyelaraskan tubuh, jiwa dan pikiran. Untuk menyatukan ke 3 bagian tersebut, ada 3 elemen yang harus dikontrol agar seimbang yaitu emosi, akal pikiran dan aktifitas tubuh. Oleh karenanya yoga pada zaman dulu membuat rumusan atau tehnik bagaimana agar keseimbangan ini dapat terjaga, yaitu melalui olah tubuh, pernafasan dan meditasi. Ke 3 hal ini adalah pilar utama dari yoga.

Ini salah satu kunci kesehatan menuju tubuh dan pikiran yang sehat :

  1. Yoga adalah aktivitas fisik yang menyelaraskan tubuh, pikiran, dan sisi spiritual manusia. Bila dikuasai dan dilakukan secara rutin, memiliki pengaruh yang signifikan.
  2. Asana atau postur yoga adalah sesi mengaktifkan sisi anatomi, namun memiliki jangkauan jauh hingga ke sisi fisiologis dan psikologis.
  3. Asana yoga berbentuk forward bending (menekuk ke depan), memiliki fungsi fisiologis menurunkan kecepatan kerja tubuh. Bisa diaplikasikan secara benar, amat membantu mengurangi rasa tak nyaman saat demam menyerang.
  4. Masalah pernapasan umumnya bukan muncul akibat kurangnya oksigen yang dihirup, tapi sisa karbondioksida yang tidak dikeluarkan secara maksimal. Yoga mengajarkan bernapas secara benar lewat rangkaian latihan asana yoga.
  5. Bernapaslah dengan sabar. Maksimalkan gerak otot perut diafragma: membuncit saat menarik napas, mengempis saat mengembuskan napas. Jangan angkat bahu atau menarik otot dada saat menarik napas. Teknik napas yang baik juga dapat mengendalikan depresi, mood swing, hingga nyeri lambung.
  6. Saat stres, panik, atau tidak mood, cobalah bersikap tenang. Jangan membungkuk, duduk tegak, sandarkan punggung pada tembok.
  7. Asana semi back bend (menekuk tubuh ke belakang), meregangkan tulang punggung, melebarkan organ perut secara vertikal dan horizontal, serta mengaktifkan kerja otot diafragma. Bila terakumulasi secara benar, dapat mengatasi masalah pencernaan.
  8. Jangan perlakukan yoga seperti obat, hanya dilakukan saat sakit menyerang. Semua manfaat yoga bisa diraih bila kita mampu melakukan pola hidup sehat dan rutin berlatih.
  9. Yoga bukan sekadar mampu melakukan gerakan ‘ajaib’ seperti akrobat. Pilih guru yoga yang dapat dipertanggungjawabkan.
  10. Perhatikan postur tubuh, karena postur yang salah lama-kelamaan bisa mengakibatkan gangguan dan rasa tak nyaman.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *