Pentingnya Integritas Seseorang dalam Kehidupan Sehari - hari

Kepribadian yang Mempunyai Integritas dalam Kehidupan Sehari – hari

Kepribadian yang Mempunyai Integritas
Kepribadian yang Mempunyai Integritas

Kata integritas berasal dari bahasa Inggris yakni integrity, yang berarti menyeluruh, lengkap atau segalanya. Kamus oxford menghubungkan arti integritas dengan kepribadian seseorang yaitu jujur dan utuh. Ada juga yang mengartikan integritas sebagai keunggulan moral dan menyamakan integritas sebagai jati diri.

Integritas juga diartikan sebagai bertindak konsisten sesuai dengan nilai – nilai dan kode etik, Dengan kata lain integritas diartikan sebagai satunya kata dengan perbuatan dan dalam  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  integritas berarti mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan, kejujuran.

Dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam organisasi, di lingkungan masyarakat, maupun di lingkungan kampus sering disebut-sebut kata integritas.  Saat berbicara tentang integritas tidak pernah lepas dari kepribadian dan karakter seseorang, yaitu sifat-sifat seperti : dapat dipercaya, komitmen, tanggung jawab, kejujuran, kebenaran, dan kesetiaan. Kata integritas adalah moral yang dapat diandalkan dan kejujuran.

Integritas adalah berpikir jujur, apa adanya, tebuka, adil. Seseorang disebut memiliki integritas apabila ia menganut suatu nilai misalnya kejujuran maka ia akan memilih untuk tetap jujur pada waktu ujian ketimbang mencoba untuk bertanya kepada teman. Perbuatan jujur ini akan membawa keuntungan bagi diri sendiri keuntungan pertama adalah merasa puas dengan hasil ujian yang kita kerjakan, dan keuntungan kedua adalah teman-teman yang lain akan percaya kepada kita. Kepercayaan merupakan harga yang sangat mahal dan hal inilah yang membuat seseorang menjadi seorang pemimpin.

Jadi pribadi yang berintegritas adalah pribadi atau suatu seseorang yang utuh, memiliki karakter yang baik, bertanggung jawab, jujur, dapat dipercaya, memegang teguh nilai-nilai luhur, konsisten, memiliki loyalitas atau kesetiaan  dan pribadi yang memiliki kualitas diri yang tinggi.

Pentingnya integritas dalam kehidupan sehari-hari

Terkadang orang – orang menganggap integritas sebagai suatu hal yang hanya harus dimiliki oleh beberapa orang saja. Atau bahkan banyak orang yang tidak menyadari betapa integritas sangat dibutuhkan pada masa ini sehingga tak jarang orang-orang mengacuhkan hal tersebut. Padahal integritas adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam dimensi kehidupan manusia. Tak dapat disangkal untuk menjadi seorang sukses integritas adalah hal yang paling berpengaruh dalam proses mencapai apa yang diharapkan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa integritas itu penting :

  1. Integritas adalah kunci meraih keberhasilan

Seperti yang telah dikemukakan pada pembahasan sebelumnya bahwa integritas adalah bagaimana seseorang dapat memegang teguh nilai-nilai yang ada. Jika dihubungkan dengan kesuksesan atau keberhasilan, maka ketika kita dapat memegang teguh nilai-nilai luhur atau prinsip-prinsip yang ada, maka kesuksesan akan mengikuti kita. Dalam dunia kerja integritas sangat dibutuhkan, sehingga tak jarang orang-orang yang memiliki jabatan dalam dunia pekerjaan adalah orang-orang yang memiliki integritas

  1. Integritas memampukan manusia untuk dapat dipimpin dan memimpin

Dalam hidup kita sehari-hari kita mempunyai 2 posisi yaitu dipimpin dan akhirnya memimpin. Untuk yang pertama yaitu dipimpin, jika dikaitkan dengan integritas yaitu kemampuan kita untuk dapat setia dan loyal terhadap orang yang memimpin kita. Seorang yang memiliki integritas adalah pribadi yang memiliki kualitas yang baik dan orang yang berkualitas adalah pribadi yang dapat belajar dari orang lain atau pribadi yang dapat bekerjasama dengan orang lain.

Kemampuan kita sangatlah terbatas, namun keterbatasan itu bisa diatasi apabila kita mau bekerjasama. Dengan integritas kita dimampukan untuk dapat merendahkan diri untuk dipimpin oranglain, agar dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Tanpa integritas kita tidak dapat merendahkan diri kita, yang berakibat pada rendahnya kualitas hidup.

Kemudian untuk posisi kedua yaitu memimpin. Bila anda ingin memimpin di dalam rumah tangga anda, dalam bisnis anda, atau dalam komunitas anda, anda memerlukan dua hal : Gairah dan Integritas.  Integritas adalah hal yang paling penting untuk menjadi pemimpin. Memimpin dalam hal ini tidak harus memimpin orang lain, tetapi berawal dari memimpin diri kita sendiri karena kita adalah pemimpin bagi diri kita sendiri. Dibutuhkan kejujuran dan kepercayaan kita pada diri sendiri (berintegritas) agar kita dapat memimpin diri kita bahkan memimpin oranglain. Seperti yang telah dikemukakan pada pembahasan sebelumnya bahwa pribadi yang berintegritas adalah pribadi yang dapat menyesuaikan antara perkataan dan perbuatan.

  1. Integritas membuat kita memperoleh kepercayaan

Kepercayaan berhubungan dengan kata-kata yang diwujudnyatakan dengan tindakan yang baik dan erat juga hubungannya dengan kejujuran. Dengan kejujuran kita akan memperoleh kepercayaan dari orang lain.

Dengan perkataan jujur setiap saat kita akan memperoleh kepercayaan dari orang-orang disekitar kita, tidak hanya mempercayai kata-kata kita, tetapi juga mempercayakan suatu tanggungjawab bagi kita.

  1. Integritas menghasilkan bukan hanya sekedar citra tetapi menghasilkan reputasi yang kuat.

Dengan memiliki integritas kita tidak hanya memiliki citra yang baik di antara orang-orang disekitar kita, tetapi juga memiliki reputasi karena dengan memiliki integritas kita menyesuaikan perkataan dan tindakan kita. Perkataan menghasilkan citra dan perkataan yang dilengkapi perbuatan menghasilkan reputasi yang baik.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *