3 Struktur dalam Materi Public Speaking

Struktur Materi Presentasi Public Speaking

Struktur Materi Presentasi Public Speaking
Struktur Materi Presentasi Public Speaking

Apakah Anda sedang mempersiapkan presentasi? Inilah panduan yang tepat untuk Anda. Dalam panduan ini Anda akan belajar bagaimana membuat materi presentasi yang efektif dan mudah difahami disertai contoh – contoh sehingga lebih mudah dipraktikan.

Materi presentasi adalah aspek yang paling penting dalam presentasi, mau sepandai apapun kemampuan komunikasi Anda jika tidak ada materi apa yang mau Anda sampaikan? Sejago apapun Anda mendesain slide presentasi tapi kalau belum punya materi lalu slide seperti apa yang mau Anda desiain?

Ini adalah inti dari presentasi tapi sayangnya banyak orang mengabaikan, sebagian lagi menyadari pentingnya materi presentasi sehingga banyak yang mencari referensi di internet tapi saya rasa belum ada panduan selengkap ini. Kalaupun ada Anda itu berbayar.

Rata-rata hanya artikel sepotong-sepotong, itu sangat menyulitkan. Seperti sebuah solusi yang tidak tuntas, itulah yang mendasari saya untuk membuat panduan materi presentasi dalam bentuk artikel yang berseri.

Struktur Presentasi paling tidak terdiri dari tiga bagian, yaitu Pembukaan, Isi dan Penutup. Tiap bagian tersebut mempunyai arti penting masing-masing. Untuk membuat materi presentasi salah satu hal yang harus diperhatikan adalah urut-urutan materi yang akan Anda sampaikan. Anda bisa mengunakan struktur presentasi seperti berikut.

  1. Pembukaan

Pembukaan presentasi berfungsi untuk menarik audien kepada pembicara. Dengan pembukaan yang baik, seorang pembicara bisa menarik minat audien untuk mendengarkan atau mengikuti semua materi presentasi. Ada beberapa teknik membuka presentasi, yaitu dengan humor, data yang akurat, cerita, prediksi dan lain-lain. Dengan pembukaan yang baik, anda sudah bisa menimbulkan kesan pertama yang baik, sehingga audien tertarik untuk mengikuti materi inti presentasi anda, begitu pula sebaliknya.

  • Pembukaan
  • Perkenalan
  • Open Lup
  1. Isi Presentasi

Inti Presentasi merupakan materi yang sesungguhnya yang harus anda sampaikan. Kita harus benar-benar menguasai keseluruhan inti materi presentasi. Sebuah paparan tentang sesuatu harus didukung dengan data yang akurat, apakah itu data kuantitatif atau kualitatif tergantung dari tema presentasi yang anda bawakan. Peran data sekunder untuk mendukung materi presentasi amat diperlukan. Kita bisa mencari data sekunder tersebut dari berbagai media, baik itu buku, surat kabar, internet, data di kantor pemerintah dan lain-lain.

  • Poin 1
  • Poin 2
  • Poin 3
  • Dst
  1. Penutupan

Penutup presentasi berfungsi untuk menguatkan Materi inti presentasi sekaligus menyimpulkannya. Anda harus bisa menutup sebuah presentasi dengan sebuah kalimat kesimpulan dari seluruh inti materi presentasi anda.

  • Reviews / Golden point
  • Concluding Grabber
  • Call to action

Dengan latihan yang terus menerus dan melakukan presentasi yang sesungguhnya, pasti anda bisa melakukan presentasi dengan struktur dan cara yang baik. Jadi teruslah melakukan presentasi dengan struktur presentasi yang baik.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *