10 Fakta Menarik dari Hypnoterapi

Fakta Menarik dari Hipnoterapi

Fakta Menarik dari Hipnoterapi
Fakta Menarik dari Hipnoterapi

Hipnoterapi adalah sebuah terapi psikologi dengan metode hipnosis, terapi hipnosis ini memanfaatkan kondisi alami yang dimiliki oleh setiap orang, yaitu hipnosa. Hipnoterapi adalah jenis terapi verbal, memanfaatkan komunikasi dengan alam bawah sadar untuk mencapai tujuan yang di inginkan dan hipnoterapi sangat memerlukan kerja sama dari klien untuk mencapai tujuan tersebut. Hipnoterapi adalah murni sebuah terapi yang mengandalkan komunikasi dengan alam bawah sadar, sehingga tidak ada pijatan, obat-obatan ataupun unsur mistis.

Secara umum mekanisme kerja hipnotherapi sangat terkait dengan aktivitas otak manusia. Aktivitas ini sangat beragam pada setiap kondisi yang diindikasikan melalui gelombang otak yang dapat diukur menggunakan alat bantu EEG (Electroenchepalograph). Berikut diuraikan berbagai gelombang otak disertai dengan aktivitas yang terkait :

  • Beta ( 14 – 25 Hz) (normal) 

Atensi, kewaspadaan, kesigapan, pemahaman, kondisi yang lebih tinggi diasosiasikan dengan kecemasan, ketidaknyamanan, kondisi lawan/lari

  • Alpha (8 – 13 Hz) (meditatif)

Relaksasi, pembelajaran super, fokus relaks, kondisi trance ringan, peningkatan produksi serotonin, kondisi pra-tidur, meditasi, awal mengakses pikiran bawah sadar (unconscious)

  • Theta (4 – 7 Hz) (meditatif)

Tidur bermimpi (tidur REM/Rapid Eye Movement), peningkatan produksi catecholamines (sangat vital untuk pembelajaran dan ingatan), peningkatan kreatifitas, pengalaman emosional, berpotensi terjadinya perubahan sikap, peningkatan pengingatan materi yang dipelajari,hypnogogic imagery, meditasi mendalam, lebih dalam mengakses pikiran bawah sadar (unconscious)

  • Delta (0,5 – 3 Hz)(tidur dalam)

Tidur tanpa mimpi, pelepasan hormon pertumbuhan, kondisi non fisik, hilang kesadaran pada sensasi fisik, akses ke pikiran bawah sadar (unconscious) dan memberikan sensasi yang sangat mendalam ketika diinduksi dengan Holosinc

Seorang Hypnotherapist yang baik, bekerja dilandasi oleh jiwa yang tulus dan dedikasi keilmuan yang tinggi. Selama menangani klien atau pasien, maka etika seorang therapist dijunjung tinggi yaitu : menerima apapun pengalaman pribadi dan tindak-tanduk pasien, tidak mencela atau memihak dan rahasia pribadi seorang klien /pasien disimpan baik-baik. Semua pengakuan pasien hanya digunakan untuk keperluan pasien itu sendiri.

Kesembuhan/ perubahan positif seorang pasien digali dari diri pasien itu sendiri, sehingga seorang hypnotherapist tidak diperkenankan memaksakan pola pikir /kehendaknya kepada klien/pasien, apalagi menguasai pikiran klien / pasien

Pada dasarnya solusi dari setiap masalah klien ada pada diri klien itu sendiri, dan HYPNOTHERAPIST bertugas menemukan dan memprosesnya menjadi sebuah perubahan yang positif dan permanen.

Ada beberapa fakta menarik mengenai hipnoterapi, di antaranya adalah :

  • Anda tetap memegang kontrol sepenuhnya terhadap diri Anda.
  • Sugesti tidak dapat bekerja apabila Anda tidak menginginkannya.
  • Anda tetap dapat menyimpan rahasia Anda bila anda tidak ingin mengatakannya.
  • Anda tetap dapat mendengar sepanjang proses terapi berlangsung.
  • Anda tetap dapat mengingat apa yang terjadi selama berlangsungnya proses hipnoterapi.
  • Hipnosis/hipnoterapi tidak sama dengan tidur.
  • Sehari-hari Anda seringkali berada dalam kondisi hipnosis.
  • Hipnoterapi bukanlah metode terapi untuk masalah psikologis/psikis saja, melainkan bisa sampai ke tingkat sel.
  • Hipnoterapi dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
  • Hipnoterapi dapat merubah produktivitas hidup Anda.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *