5 Perbedaan NLP vs Psikologi

Perbedaan NLP dengan Teknik Psikologi

Perbedaan NLP dengan Teknik Psikologi
Perbedaan NLP dengan Teknik Psikologi

Bukan sebuah kebetulan jika para kalangan psikologi banyak yang bertanya tentang hal ini. Apa sih bedanya Psikologi dengan NLP?”. Barangkali Anda yang bukan kalangan Psikologi pun bertanya – tanya apa yang menjadi pembeda kedua ilmu ini? terlebih lagi ilmu Psikologi sudah lebih dulu dikenal dan sangat melekat di benak masyarakat sebagai ilmu jiwa.

Namun, setidaknya ada 5 hal yang menjadi pembeda antara NLP dan Psikologi :

1. NLP dirumuskan dari proses modelling terhadap orang – orang yang excellent di bidangnya

Sehingga NLP hanya menampilkan konsep yang terbaik sekaligus aplikatif. Menyadari bahwa setiap manusia memiliki keunikan dan diciptakan dalam bentuk tebaik serta memiliki berbagai macam sumberdaya yang mereka butuhkan untuk menjadi efektif, NLP tidak pernah memodel orang yang rata-rata apalagi mereka yang sakit. Ketidakefektifan seseorang bukanlah harga mati, karena mereka hanya menggunakan strategi yang tidak tepat. Ajari mereka strategi yang tepat dan mereka akan efektif pula.

2. NLP selalu menggunakan sudut pandang holistik dalam memahami, menemukan dan merumuskan solusi untuk menyelesaikan masalah

Betapa banyak hal yang kita anggap masalah bukanlah masalah sebenarnya melainkan hanya simtom dari permasalahan sebenarnya. Misal anak nakal, berikan pukulan agar disiplin atau badan gemuk maka kita beri obat pelangsing. Bagaimana dengan hasilnya ? tentu Anda bisa jawab sendiri.

3. NLP memiliki cara yang lebih sistematis untuk membantu perubahan

Bukan hanya berkutat pada level perilaku. Proses modelling yang dilakukan oleh NLP juga bisa masuk pada level kemampuan (capability), keyakinan (belief), nilai-nilai (value), identitas (identity), dan tujuan yang lebih tinggi (purposes) kemudian menjabarkannya dalam langkah-langkah yang terstruktur sehingga lebih mudah untuk diduplkasi.

4. NLP dikenal sebagai sebuah pendekatan yang menawarkan hasil akhir yang cukup cepat.

Teknik Fast Fobia Cure mampu membuat mereka yang telah lama berkecimpung dalam dunia terapi kagum karena sanggup membantu penyembuhan seseorang yang mengalami trauma hanya dalam hitungan menit saja.

5. Dari segi intervensinya NLP berfokus pada strukur dari pengalaman dan bukan pada isinya

Sehingga menjadikan NLP berbeda dengan Psikologi umumnya, Anda tidak akan diajari bagaimana menggali akar masalah dan proses terjadinya masalah atau kenapa seseorang bermasalah. NLP lebih berfokus pada bagaimana menggunakan sumber daya yang telah dimiliki oleh seseorang untuk membantunya menjadi pribadi yang lebih baik atau bagaimana memodel suatu keunggulan (ekselensi) diri sendiri dan orang lain yang dengan demikian dapat langsung dimanfaatkan untuk tujuan tertentu. Tanpa bermaksud membandingkan, namun NLP merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin mampu mengelola diri secara praktis dan aplikatif.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *