Yoga untuk Mengatasi Kecemasan

Yoga untuk Mengatasi Kecemasan
Yoga untuk Mengatasi Kecemasan

Salah satu keuntungan latihan yoga asana dapat menyeimbangkan tubuh dan pikirian. Ada beberapa gerakan yoga yang dapat membantu masalah stress atau rasa cemas. Dengan fokus pada napas dan gerakan yoga asana, 5 gerakan yoga dibawah ini dapat menghilangkan rasa cemas dan stress :

1. Child Pose (Balasana)

Keuntungan : yoga pose ini dapat melonggarkan rasa kaku di bagian leher, punggung atas dan bahu. Posisi ini juga dapat memberikan ketenangan system saraf dengan nafas secara teratur.

Cara : Berlutut di lantai dan duduk pada kedua mata kaki. Biarkan badan condong dan tekuk ke depan dan rileks. Anda dapat rapatkan dada di paha muka atas, atau dapat juga melebarkan lutut ke samping (telapak kaki masih menempel satu dan lainnya). Kedua tangan diregangkan kemuka.

2. Corpse Pose (Savasana)

Keuntungan : Memberikan rasa rileks kepada praktisi dengan menurunkan ritme nafas, sehinga menurunkan tekanan darah.

Cara : Mulailah dengan posisi tidur. Apabila diperlukan, anda dapat menggunakan bolster (ditempatkan dibawah kaki) atau blanket dibawah kepala. Tempatkan lengan dan kaki pada posisi sudut 45 derajat, dengan telapak tangan terbuka. Dengan lembut, goyangkan kepala ke kanan dan kekiri untuk memberikan rasa rileks tulang belakang (spine), kemudian luruskan tulang belakang untuk memberikan alignment yang baik. Rileks dan fokus pada pernafasan.

3. Extended Puppy Pose (Uttana Shishosana)

Keuntungan : Gerakan asana ini menenangkan pikiran dan memanjangkan tulang belakang, serta mengurasi rasa tegang di leher.

Cara : tangan dan kaki pada posisi netral seperti merangkak. Biarkan kaki seperti apa adanya, dan mulailah merangkak ke depan dan jaga posisi dada dekat dengan lantai. Rasakan rasa peregangan pada tulang belakang. Ambil nafas dan rasakan masuk ke tulang belakang serta panjangkan (stretch).

4. Legs Up The Wall (Viparita Karani)

Keuntungan : Posisi asana ini dapat mengurangi rasa tegang di pinggang dan sangat baik untuk sakit pinggang bawah.

Cara : Pakai blanket yang dilipat dan tempatkan dibelakang pinggang. Naikan kaki keatas dan rasakan rasa rileks pada restorative pose ini.

5. Seated Forwad Bend (Paschimottanasana)

Keuntungan : Yoga asana ini memberikan rasa tenang pada pikiran, menghilangkan sakit kepala dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara : Duduk dan luruskan kaki ke muka. Dengan tulang punggung tetap lurus, keluarkan nafas dan turunkan tubuh ke muka. Coba untuk raih telapak kaki dan tetap usahakan kaki lurus (jangan bengkok). Rasakan peregangan ini diantara nafas.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *