4 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental

Yoga Untuk Kesehatan Mental
Yoga Untuk Kesehatan Mental

Yoga memang banyak manfaatnya. Selain untuk kesegaran fisik, termasuk meningkatkan fleksibilitas, berat badan yang lebih sehat dan tulang yang mungkin lebih kuat, menurut RealSimple.com, orang-orang yang suka yoga juga memiliki mental yang lebih

Yoga memegang kekuatan untuk mentransformasi pikiran kita sebagaimana yang dia lakukan terhadap tubuh kita. Sehingga yoga mempunyai manfaat seperti di bawah ini :

  1. Yoga bisa membantu pengidap gangguan bipolar

Sebuah riset baru yang dipublikasikan di The Journal of Psychiatric Practice mengindikasikan yoga bisa membantu orang mengatur gangguan bipolar. Dalam sebuah survei, mereka meminta lebih dari 100 orang yang mengalami gangguan mental untuk meranking bagaimana yoga mempengaruhi hidup mereka. Banyak yang menilai yoga bermanfaat untuk esehatan mental dan satu di antara lima orang menyebut yoga pengubah hidup.

Sementara penting untuk menekankan bahwa itu adalah survei, memang mungkin bahwa yoga bisa melakukan banyak kebaikan bagi para pengidap bipolar.

  1. Yoga merupakan pereda stres

Yoga juga bisa membantu melawan stres dan memperbaiki mood bagi semua orang. Praktik ini juga bisa menawarkan sebuah moment untuk sejenak melupakan hiruk pikuk kehidupan. Riset memperlihatkan, pengurangan stres karena pikiran, seperti inti yoga, bisa menurunkan kecemasan dan stres.

Dalam sebuah kajian di University of California, Los Angeles, peserta yang mempraktikkan yoga hanya selama 12 menit setiap hari selama 8 pekan memperlihatkan penurunan dalam respons peradangan sistem kekebalan mereka. Ketika kita sangat stres, tubuh kehilangan kemampuan mengatur respons pereadangan, yang bisa menyebabkan masalah kesehatan, termasuk risiko depresi yang lebih besar. Dengan menurunkan level stres, kita juga bisa menurunkan risiko depresi.

  1. Yoga meningkatkan daya otak

Pose-pose yoga tidak hanya sekadar pose. Menurut University of Illinois, mereka juga membantu meningkatkan fungsi otak. Sesi singkat yoga Hatha selama 20 menit bisa memperbaiki fokus dan daya ingat.

  1. Yoga meningkatkan kebahagiaan

Pernah merasa betapa kuat, terpusat dan bahagianya Anda usai mengikuti kelas yoga? Sebenarnya tak semuanya berada di kepala. Riset menunjukkan aksi sederhana menikmati moment tersebut bisa meningkatkan mood. Rata-rata, kita menghabiskan hampir separuh waktu kita merencanakan masa depan atau merenungi masa lalu dan tetap berada di masa kini lebih sering mudah diucapkan daripada dilakukan.

Tapi, yoga membantu kita fokus pada saat ini dengan menyediakan latihan fisik dan mental. Itulah mengapa instruktor yoga sering kali mendorong refleksi dan hidup saat ini selama berada di kelas, daripada hanya berpose. Aspek mental yoga membawa seluruh arti baru dalam kata bahagia.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *